Menilik Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Bagi anda yang belum tau banyak tentang manfaat tomat untuk kesehatan, ada baiknya anda membaca artikel ini. Kita tau bahwa tomat memiliki kandungan air yang banyak, dan tomat dapat di manfaatkan baik itu untuk memasak ataupun dengan di buat jus tomat. Sehingga anda dapat menikmatinya sesuai dengan keinginan anda.

Kandungan kalori pada tomat sangat rendah yakni berkisar 10 kilokalori per buahnya, sehingga anda tidak perlu cemas saat menikmati tomat, bahkan setiap harinya pun anda konsumsi juga masalah, tanpa takut akan kelebihan jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh. Kelebihan kalori yang masuk kedalam tubuh tentunya juga tidak baik untuk kesehatan, yang tentunya akan mengundang berbagai jenis penyakit, oleh karenanya anda wajib untuk mengontrol jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh anda.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Tomat memiliki manfaat untuk kesehatan untuk memerangi kanker, sebab tomat memiliki zat yang biasa di sebut dengan likopen yang mana zat tersebut merupakan salah satu jenis antioksidan yang sangat kuat sehingga dapat membantu dalam melawan kanker. Seseorang yang sering mengkonsumsi tomat secara teratur memiliki resiko kanker prostat lebih rendah, di bandingan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Perlu di ketahui bahwa mengkonsumsi tomat yang sudah diolah lebih baik daripada mengkonsumsi secara mentah. sebab likopen dari tomat yang sudah di olah baik itu di masak ataupun di buat jus lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh di bandingkan dengan likopen yang berasal dari tomat mentah. Dengan mengolah tomat sebelum di konsumsi membantu melepaskan likopen dari sel – sel dalam tomat, likopen sendiri merupakan jenis lemak yang larut.

Manfaat yang di peroleh dari jus tomat untuk kesehatan tubuh 

Semua orang dapat memanfaatkan jus tomat sebab tomat kaya akan antioksidan yang sangat di perlukan oleh tubuh, dan menjaga kesehatan tubuh, mencegah berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh, berikut manfaat yang di peroleh dengan mengkonsumsi tomat untuk menjaga kesehtan tubuh di antaranya :

  • Baik untuk diet pada penderita diabetes 

Pada dasarnya tomat merupakan jenis sayuran yang memiliki karbohidrat yang rendah yakni sekotar 5 – 10 gram karbohidrat dalam setengah cangkir tomat. selain itu juga tomat juga tidak meningkatkan kadar gula pada tubuh sehingga aman untuk penderita diabetes. Baca Juga Penyakit Gula Basah dan Cara Mengobatinya 

  • Menurunkan kolesterol 

Jus tomat dapat mengurangi kolesterol jahat sebanyak 10 persen. sehingga baik di konsumsi oleh penderita kolesterol, anda cukup dengan mengkonsumsi 25 miligram per hari, selain dengan rutin mengkonsumsi jus tomat, anda juga harus mengimbangi dengan mengkonsumsi sayur dan buah, Baca juga Makanan penurun kolesterol yang mudah anda dapat di sekitar anda

  • Menurunkan tekanan darah 

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, ada baiknya untuk mengkonsumsi tomat secara rutin, maka dengan rutinnya anda mengkonsumsi tomat maka tekanan darah anda akan turun, selain itu juga perhatikan makanan yang anda konsumsi, hindari mengkonsumsi yang membuat tekanan darah anda semakin meningkat seperti daging merah seperti, daging sapi, kambing, seafood dan sarden. Bila anda menderita hipertensi, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi tomat, dan jangan sampai menggantikan obat anti-hipertensi dengan tomat. Ada baiknya untuk menjaga tekanan darah pada tubuh anda, sebaiknya mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan dan rutin berolahraga.

  • Mengurangi resiko terhadap kanker prostat 

Bila anda mampu mengkonsumsi tomat 10 porsi dalam seminggu dan di lakukan dengan rutin, maka resiko terhadap kanker prostat dapat diminimalisir, sebab likopen pada kandungan tomat, mengandung antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan. sehingga manfaat tomat sangat besar bagi kesehatan, selain itu juga yang perlu anda lakukan untuk mencegah kanker prostat dengan tidak tidak menghisap rokok dan menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. Baca juga Bahaya Rokok Untuk Tubuh 

  • Mengurangi resiko stroke 

Studi yang dilakukan di Firlandia menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi banyak likopen yang terdapat pada tomat segar dapat menurunkan terhadap penyakit stroke hingga mencapai 65 persen. oleh karenanya begitu banyaknya manfaat yang diperoleh dari tomat, bila anda tidak dapat memanfaatkan dengan baik, maka tentunya kesehatan anda akan terganggu dan resiko – resiko penyakit yang dapat menyerang anda. oleh karenanya perhatikan makanan yang masuk kedalam tubuh anda. hindari mengkonsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan anda, untuk mencegah berbagai jenis penyakit.

No Responses

Write a response