Waspada Terhadap Penyakit Demam Berdarah

Banyak orang yang pernah mengalami penyakit demam berdarah, umumnya di Indonesia menyebutnya dengan DBD, penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang ditularkan dari gigitan nyamuk. Pada musim penghujan maka seseorang akan lebih mudah terserang penyakit ini yang di sebabkan dengan lingkungan yang tidak bersih, daya tahan tubuh yang mulai menurun, sehingga dengan mudah penyakit tersebut menjalar keseluruh tubuh.

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit demam berdarah yakni pada tiga hingga empat belas hari setelah masa inkubasi biasanya diawali dengan demam tinggi yang suhu tubuh mencapai 41 derajat celsius. Masa inkubasi adalah jarak waktu antara virus pertama masuk ke dalam tubuh sampai gejala pertama muncul.

Penyebab Dari Penyakit Demam Berdarah

Penyebab dari penyakit tersebut yakni akibat dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit tersebut tidak dapat menular kepada orang lain dan hanya bisa terserang akibat dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk Aedes aegypti akan lebih mudah berkembangbiak pada daerah-daerah yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi dan memiliki iklim yang lembab dan hangat.

Pada musim penghujan merupakan musim yang paling tinggi terhadap terserangnya penyakit demam berdarah, karena nyamuk akan lebih mudah berkembang biak dan banyak genangan-genangan air yang dapat untuk berkembang biak bagi nyamuk.

Anda perlu mengetahui gejala yang ditimbulkan dari penyakit demam berdarah yang dapat anda tangani secara dini, adapun gejala yang biasanya terjadi pada seseorang yang terjangkit penyakit demam berdarah yakni flu dan demam selama lebih dari satu minggu sebaiknya untuk segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Adapun ciri spesifik dari gejala DBD yakni demam tinggi sehingga suhu tubuh meningkat mencapai 41 derajat celsius, sakit kepala, nyeri sendi, otot dan tulang, hingga rasa sakit di belakang mata.

Dalam mengatasi demam berdarah anda dapat memanfaatkan atau menggunakan obat-obatan tertentu yang tujuannya untuk menyembuhkan penyakit anda. Anda dapat meminum banyak cairan, istirahat dan mengkonsumsi parasetamol. Apabila cara pengobatan tersebut anda terapkan maka demam berdarah yang anda alami dalam waktu satu sampai dua minggu demam berdarah akan sembuh.

Komplikasi yang muncul 

Penyakit demam berdarah dapat terjadi komplikasi namun dalam kejadian tersebut hanya beberapa saja yang mengalami namun tidak menutup kemungkinan terjadinya komplikasi terhadap penyakit tersebut. Apabila penanganan penyakit demam berdarah terlambat dalam mengatasinya, Demam berdarah yang berat dapat menyebabkan penderita mengalami penurunan tekanan darah atau syok, kerusakan organ, serta pendarahan.

Oleh karenanya apabila anda sudah mengetahui gejala-gejala awal yang di timbulkan dari penyakit demam berdarah, maka sebaiknya untuk segera di periksakan ke dokter untuk segera mendapatkan pertolongan dan tindakan medis. Dikhawatirkan bila terlambat dalam pengobatan dapat berujung pada kematian. Baca Juga Mengatasi Anemia Dengan Makanan Penambah Darah 

Pencegahan Terhadap Penyakit Demam Berdarah 

Adapun beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk pencegahan terhadap penyakit demam berdarah yakni :

  1. Mensterilkan rumah anda atau lingkungan sekitar rumah anda, yakni dengan menyemprotkan pembasmi nyamuk.
  2. Rutin untuk membersihkan bak mandi minimal 3 kali dalam seminggu dan menaburkan serbuk abate tujuannya untuk mencegah pertumbuhan jentik – jentik nyamuk.
  3. Menutup, membalik atau mengubur benda-benda yang sekiranya dapat menjadi pertumbuhan nyamuk, yang dapat menjadi penampung air.
  4. Memasang kawat anti nyamuk diseluruh ventilasi rumah anda.
  5. Memasang kelambu di ranjang tidur anda.
  6. Memakai anti nyamuk, terutama yang mengandung N-diethylmetatoluamide (DEET) yang terbukti efektif. Namun jangan gunakan produk ini pada bayi yang masih berusia di bawah dua tahun.
  7. Menggunakan pakaian yang sekiranya dapat menutupi tubuh anda dari gigitan nyamuk.
2

No Responses

Write a response