Virus dan Bakteri Penyebab Amandel

Amandel merupakan bagian dari anatomi tubuh yang menjadi benteng pertahanan terhadap beberapa jenis virus dan bakteri penyebab amandel. Fungsi amandel adalah memproduksi sel darah putih yang berguna untuk mengatasi serangan virus dan bakteri yang masuk ke dalam mulut manusia. Ambiguitas mengenai amandel telah saya bahas pada artikel pengertian penyakit amandel, anda bisa membacanya untuk mengetahui bahwa sebenarnya amandel bukanlan peyakit.

Fungsi amandel yang menjadi benteng pertahanan terhadap serangan virus membuatnya mudah untuk terinfeksi dan mengalami peradangan. Banyak cara untuk mendiagnosis bahwa seseorang mengalami radang amandel atau tidak. Cara tersebut sangat membantu anda karena gejala amandel memang mirip dengan penyakit lain terutama sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan biasanya digunakan oleh dokter untuk mengetahui apakah penyakit amandel tersebut terjadi pada pasien yang mengeluh karena sulit saat menelan makanan.

Virus Penyebab Amandel

Virus adalah salah satu penyebab amandel yang paling umum terjadi, virus ini lazimnya juga merupakan virus flu biasa yang terjadi karena perubahan cuaca atau kondisi lain. Pada beberapa kasus, penyakit amandel yang disebabkan oleh virus tidak memerlukan pengobatan khusus. Penyakit amandel akan sembuh dengan sendirinya bila yang menyebabkan virus tidak berbahaya, namun kadangkalanya anda perlu melakukan pengobatan dirumah untuk memulihkan amandel secara cepat dan alami.

Penyakit amandel yang diakibatkan oleh virus biasanya sering terjadi pada anak-anak, hal ini karena penyakit amandel merupakan penyakit yang menular sehingga anak dapat memperoleh radang amandel dari temannya saat bermain bersama dilapangan. Berikut ini daftar virus yang dapat menyebabkan amandel pada anak dan orang dewasa :

  1. Virus Rhinovirus

Virus rhinovirus merupakan virus yang menyebabkan anak atau orang dewasa mengalami pilek. Virus ini sebenarnya merupakan penyebab pilek, namun bisa juga memicu terjadinya peradangan pada amandel karena tergolong sebagai virus yang aktif menyerang pertahanan yang dilakukan oleh amandel.

  1. Virus Influenza

Virus influenza adalah salah satu jenis virus yang tidak asing di masyarakat. Virus influenza juga bisa menyebabkan radang amandel pada anak-anak. Apabila sistem kekebalan anak anda kurang baik, waspadai jenis virus ini karena selain bisa menimbulkan flu selama beberapa hari, virus ini juga dapat menjadi penyebab amandel pada anak.

  1. Virus Parainfluenza

Virus ini juga merupakan salah satu dari beberapa virus aktif yang menjadi penyebab amandel pada masyakarat. Selama ini virus parainfluenza dikenal sebagai virus yang mengakibatkan radang tenggorokan dan sesak nafas. Jika tidak segera mengatasi virus ini, tentu saja lama kelamaan virus ini menyebabkan amandel semakin parah.

  1. Enterovirus

Virus yang dikenal menyebabkan penyakit tangan, kaki dan mulut ini juga dinyatakan oleh tim medis sebagai salah satu virus yang bisa memicu radang amandel.

  1. Adenovirus

Adenovirus merupakan virus yang dikenal sebagai penyebab umum penyakit diare. Bila tidak hati-hati dalam hal memilih makanan virus ini bisa aktif menyerang amandel ketika dimasukkan kedalam tubuh bersamaan dengan makanan yang anda konsumsi.

  1. Virus Rubeola

Mungkin beberapa orang telah mengenal virus rubeola sebagai penyebab penyakit campak. Dalam beberapa bacaan yang saya baca ternyata virus rubeola juga bisa memicu radang amandel.

  1. Virus Epstein-Barr

Salah satu jenis virus yang jarang menyebabkan radang tenggorokan, namun aktivitas virus ini benar-benar dapat memicu anda untuk memperoleh radang amandel, jadi waspadai jenis virus ini.

virus penyebab amandel

Bakteri Penyebab Amandel

Selain virus, bakteri juga berperan aktif untuk memicu radang amandel pada manusia. Radang amandel yang disebabkan oleh bakteri justru harus mendapatkan penanganan yang lebih serius dibandingkan dengan virus. Jenis bakteri yang paling sering mengakibatkan penyakit amandel adalah bakteri Streptokokus kelompok A. Bakteri tersebut merupakan bakteri yang memicu sakit tenggorokan dan radang amandel.

Selain Bakteri Streptokokus ada beberapa jenis bakteri lain yang aktif menyebabkan randang amandel. Bakteri tersebut diantaranya Streptococcus pneumoniae, Mycoplasma pneumoniae, Staphylococcus aureus, Chlamydia pneumoniae, pertusis, difteri, Fusobacterium, sifilis, dan gonore. Radang amandel akut biasanya disebabkan oleh beberapa bakteri seperti Stafilococcus Sp., Hemofilus influenzae, dan Pneumococcus. Perlu diketahui juga bahwa bakteri dengan codename Hemofilus influenzae merupakan salah satu penyebab radang amandel / tonsilitis akut supuratif.

Penyebab Amandel Bengkak

Infeksi pada amandel anda dapat menyebabkan pembengkakan pada amandel yang terletak di bagian sisi belakang tenggorokan anda. Beberapa kasus menyebutkan bahwa basil fusifomis dan basil spirila yang menjadi penyebab amandel bengkak. Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang juga menyebabkan pembengkakan tersebut, diantaranya:

  1. Tidak memiliki asupan vitamin C yang cukup untuk sehari-hari
  2. Teralu sering mengkonsumsi es yang memicu amandel kaget terhadap perubahan suhu
  3. Terlau sering menghirup asap rokok yang menyebabkan flek di tenggorokan yang bisa memicu iritasi.

Setelah Memahami apa saya yang menjadi penyebab amandel, anda bisa menambah wawasan anda bagaimana cara mengobati amandel yang baik dan benar. Itu akan sangat membantu anda agar amandel tidak semakin parah dan tidak hasur melakukan pengangkatan amandel / tonsilektomi.

No Responses

Write a response