Penyebab dan Pencegahan Terhadap Penyakit Stroke

Taukah anda bahwa penyakit stroke dapat di cegah dengan mengubah gaya hidup sehat. Anda yang memiliki pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur maka potensi untuk terserang penyakit stroke akan lebih besar. Bagi anda yang memiliki anggota keluarga yang pernah mengalami stroke untuk lebih manjaga gaya hidup anda yang lebih sehat, untuk mengurangi potensi terserangnya penyakit stroke.

Seseorang yang memiliki potensi terserangnya penyakit stroke yakni akan mengalami serangan iskemik sesaat atau serangan jantung. Umumnya seseorang yang terserang stroke pada usia lanjut, tapi ada juga seseorang yang terkena stroke pada usia muda tergantung dari pola hidup yang di jalani dan riwat kesehatan.

Selain itu seseorang yang dapat terkena stroke apabila memiliki penyakit diabetes, tekanan darah tinggi atau mempunyai kolesterol tinggi.

Gejala stroke

Diagnosis Penyakit Stroke

Umumnya diagnosis terhadap penyakit stroke dengan melakukan tes fisik, serta melalui foto atau pencitraan otak. Pengambilan foto otak berguna untuk menentukan apakah stroke disebabkan oleh arteri yang tersumbat atau pembuluh darah yang pecah.

Untuk memastikan penyebab stroke juga dilakukan dengan pemeriksaan detak jantung, mengukur tekanan darah, dan melakukan tes darah untuk mengetahui tingkat kolesteroll dan glukosa penderita.

Gejala dan Tanda-Tanda Stroke

Setiap bagian tubuh dikendalikan oleh otak, karena itu gejala stroke tergantung pada bagian otak yang diserang ataupun kerusakannya akibat penyakit stroke. Anda dapat mengenali gejala stroke seperti :

  • Seseorang yang terserang penyakit stroke cara bicaranya tidak jelas, bahkan ada juga penderitanya yang tidak bisa bicara sama sekali
  • Mata dan mulut pada salah satu sisi wajah penderita terlihat turun
  • Penderita mengalami kelumpuhan saat terserang stroke, oleh karena itu penderita tidak bisa mengerakkan tubuh yang terserang stroke

Selain itu tanda – tanda stroke yang dapat anda kenali untuk penderita stroke yakni

  • Kesulitan menelan
  • Bermasalah dengan keseimbangan
  • Bermasalah dengan komunikasi baik itu untuk berbicara ataupun memahami ucapan orang lain
  • Merasakan pusing
  • Hilangnya Penglihatan secara tiba – tiba
  • Sakit kepala hebat yang datang secara tiba – tiba
  • Kelumpuhan pada salah satu anggota tubuh yang terserang stroke.

Stroke Iskemik

Stroke iskemik terjadi akibat aliran darah ke otak terhenti akibat gumpalan darah. Darah dapat dengan mudah menggumpal di pembuluh darah akibat timbunan kolesterol atau terjadi kerusakan pada dindingnya. Berikut hal-hal yang berdampak buruk pada pembuluh darah yang memiliki potensi terserangnya penyakit stroke iskemik :

  • Detak jantung yang tidak teratur, seseorang yang memiliki detak jantung yang tidak teratur aliran darah pada si penderita fribrilasi atrium terganggu, hal tersebut yang membuat darah mudah menggumpal sehingga menyebabkan stroke
  • Tingginya kadar kolesterol dalam darah.
  • Kadar gula darah yang tinggi berdampak buruk pada kesehatan dinding pembuluh darah.

Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah dan menyebakan pendarahan. Penyabab utama stroke hemoragik yakni memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat melemahkan arteri dalam otak sehingga sangat rentan pecah.

Pemicu terhadap naiknya tekanan darah disebabkan oleh beberapa hal diantaranya merokok, kurangnya berolahraga / menjaga kesehatan pada tubuh, mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Stroke hemoragik juga dapat terjadi bila pembuluh darah yang mengelembung pecah atau bengkak yang biasa disebut dengan aneurisma. Anda yang sering mengkonsumsi obat-obatan pencegah pembekuan darah atau antikoagulan juga harus berhati-hati dengan efek yang dapat anda alami sebab obat antikoagulan membuat darah anda menjadi lebih susah untuk mengumpal. Itu artinya bila terjadi pendarahan, maka pendarahan tersebut akan lebih sulit terhenti.

Pencegahan Terhadap Penyakit Stroke

Penyakit stroke dapat anda cegah sedini mungkin, bagi anda yang ingin mencegahnya secara dini dapat melakukan dengan berolahraga secara teratur, makan makanan bergizi dan sehat, jangan mengkonsumsi minuman beralkohol dan tidak merokok. Dengan menjalankan pola hidup sehat tersebut maka terserangnya terhadap penyakit stroke dapat dicegah.

  • Pencegahan stroke dengan pola makan yang sehat

Makan makanan yang kurang sehat adalah penyebab seseorang dapat terserang penyakit stroke. Anda harus memperhatikan makanan yang mengandung lemak jenuh dan garam tinggi harus dihindari, sebab makanan tersebut dapat menimbun kolesterol di dalam arteri, obesitas, diabetes dan darah tinggi dimana dari semuanya merupakan pemicu dari penyakit stroke. Baca juga Gejala kolesterol dapat diketahui secara dini

Makanan yang disarankan bagi anda untuk mencegah panyakit stroke yakni dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak tidak jenuh, protein, vitamin dan serat. Seluruh makanan tersebut dapat anda peroleh dari sayur, buah, gandum, dan daging rendah lemak seperti dada ayam. Sedangkan makanan yang perlu anda waspadai akibat banyak mengandung lemak jenuh tinggi yakni potongan daging yang berlemak, makanan atau minuman yang mengandung santan, krim, kue dan biskuit, makanan yang mengandung kelapa sawit, keju, metega.

  • Pencegahan stroke dengan rutin berolahraga

Olahraga dapat membantu anda untuk mencegah berbagai penyakit seperti stroke. Dengan berolahraga maka jantung dan sistem peredaran darah akan bekerja lebih efisien dan dapat menurunkan kadar kolesterol, menjaga berat badan serta tekanan darah pada tingkat yang sehat.

jogging

jogging

  • Dampak buruk terhadap rokok

Tidak dipungkiri bahwa rokok berdampak buruk terhadap kesehatan terutama stroke. Anda yang merokok beresiko dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, sebab merokok dapat mempersempit arteri sehingga membuat darah cenderung menggumpal. Dengan anda tidak merokok, maka kesehatan anda dapat meningkat serta terhindar dari masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit paru-paru dan jantung.

Bahaya Rokok

  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol banyak mengandung kalori tinggi, meminum alkohol secara berlebihan berdampak buruk pada kesehatan anda terutama pemicu stroke seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyumbatan arteri. Selain itu apabila mengkonsumsi alkohol secara berlebihan berdampak pada detak jantung yang tidak teratur dan beresiko serangan jantung.

Minuman Beralkohol

 

No Responses

Write a response