Penyebab Asam Urat Yang Perlu Diwaspadai

Seseorang yang terserang penyakit asam urat umumnya memiliki efek pada masalah persendian yang dapat menyerang pada jempol kaki, pergelangan tangan dan biasanya rasa sakit yang ditimbulkan secara tiba – tiba. namun taukah anda asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang terdapat pada sel – sel tubuh. dan sebagian besar asam urat di buang melalui ginjal dalam bentuk urin dan sebagian kecil lainnya dibuang pada saat BAB.

Namun apabila asam urat yang dibuang lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi, maka menyebabkan penumpukan dan membentuk kristal – kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang bermuara di dalam sendi atau pada sekeliling jaringan sendi. namun apabila kristal – kristal tajam tersebut masuk pada ruang sendi dan menggangu lapisan lunak sendi, maka akan menyebabkan peradangan yang umumnya yang dirasakan oleh penderitanya sangat menyakitkan.

Persendian yang memiliki potensi terserangnya asam urat.

Umumnya yang sering terjadi di pada penderita asam urat sendi yang paling sering mengalami asam urat yakni sendi pada kaki dan tangan. tingginya pembentukan kristal – kristal pada kedua sendi tersebut kemungkinan di pengaruhi oleh faktor suhu bagian tubuh tersebut yang relatif lebih rendah di bandingkan pada sendi yang lain yang ada pada tubuh manusia.

selain itu sendi yang rentan terhadap asam urat selain sendi pada kaki dan tangan yakni sendi lutut dan siku kedua sendi yang berpotensi terhadap asam urat tersebut merupakan sendi yang paling sering bergerak dalam aktifitas sehari – hari sehingga sangat menggangu apabila pada bagian lutut dan siku terserang asam urat. adapun sendi yang paling jarang terkena serangan adalah yang berdekatan dengan badan seperti sendi leher, punggung, pinggul dan bahu, walaupun asam urat lebih jarang menyerang pada bagian leher, punggung dan pinggul namun tetap harus diwaspadai sehingga perlu adanya pencegahan diantaranya tidak mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan asam urat, rutin berolahraga agar supaya persendian anda normal dalam bergerak, istirahat yang cukup, menerapkan pola hidup sehat dan jangan mengkonsumsi minuman beralkohol. Baca juga gejala dan diagnosis penyakit asam urat yang perlu anda ketahui 

Makanan dan minuman yang dapat menyebabkan penyakit asam urat

Makanan yang anda konsumsi harus diperhatikan terutama bagi anda yang sangat rentan oleh penyakit asam urat, bagi anda yang memiliki riwayat keluarga yang terkena asam urat harus lebih berhati – hati namun bagi anda yang tidak memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit asam urat juga harus memperhatikan makanan penyebab asam urat diantaranya

  1. Jeroan, banyak kandungan buruk yang terkandung dalam jeroan yang anda konsumsi ada baiknya anda menghindari makanan jeroan seperti jantung, ginjal, otak dan hati untuk mencegah asam urat.
  2. Makanan laut, bagi anda yang rentan terhadap asam urat hindari makanan laut seperti  kerang – kerangan dan ikan yang banyak mengandung minyak anda dapat mengantinya dengan lain seperti ikan tawar ataupun dengan telur ayam.
  3. Daging merah juga memiliki potensi terhadap penyakit asam urat, sehingga anda harus memperhatikan daging yang anda konsumsi.

Ikan berminyak

Minaman Beralkohol

Minuman beralkohol memiliki dampak buruk terhadap kesehatan yang merupakan penyabab dari penyakit asam urat, bagi anda yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol memiliki potensi yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak sama sekali mengkonsumsi alkohol, sebab unsur alkohol dapat mengurangi jumlah asam urat yang dibuang melalui urin. apabila produksi asam urat lebih tinggi dibandingkan yang di buang maka akan menyebabkan penimbunan dan membentuk kristal – kristal tajam natrium urat berukuran mikro.

Jenis minuman yang harus anda waspadai terhadap penyakit asam urat yakni bir dan spirit, untuk bir tersebut banyak mengandung purin yang tinggi, sedangkan untuk wine, minuman ini tidak meningkatkan resiko terhadap penyakit asam urat asalkan tidak terlalu sering.

Minuman Beralkohol

Bermasalah dengan kesehatan atau kondisi medis yang sebelumnya di derita oleh si penderita

Beberapa kondisi medis yang dapat meningkatkan resiko terhadap penyakit asam urat, bagi anda yang memiliki riwayat keluarga yang pernah mengidap penyakit asam urat dan sedang atau memiliki penyakit kadar kelesterol yang tinggi, penyakit ginjal, osteoartritis pada tangan, lutut, dan kaki, diabetes, tekanan darah tinggi, memiliki potensi tinggi terserang penyakit asam urat sehingga anda perlu memperhatikan kesehatan anda dan rutin untuk memeriksakan diri anda. Baca juga Gejala kolesterol  dapat diketahui secara dini

Kaitan jenis kelamin terhadap penyakit asam urat

Resiko wanita terhadap penyakit asam urat lebih rendah dibandingkan dengan pria, yang di sebabkan oleh hormon estrogen pada wanita yang mampu menurunkan kadar asam urat dan memperlancar pembuangan melalui ginjal.

Sedangkan untuk pria, kadar asam urat pada tubuh pria akan meningkat pada masa pubertas, dan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. namun ketika wanita memasuki usia tua, maka kemungkinan untuk terserang masih ada meskipun peningkatan kadar asam urat tidak setinggi dengan laki – laki, yang disebabkan oleh gejala serangan gout pada seorang wanita lebih rendah dibandingkan dengan pria.

 

No Responses

Write a response