Penyakit Herpes

Taukah anda bahwa penyakit herpes merupakan penyakit yang disebabkan virus hepertoviridae. Pada umumnya penyakit herpes dapat di ketahui dengan adanya benjolan–benjolan kecil pada tubuh anda. Keberadaannya umumnya berderet pada bagian tubuh yang terserang. penderita akan merasakan gatal dan rasa panas, umumnya bagian tubuh yang terserang yakni punggung, tangan, leher dan pada bagian belakang telinga. virus ini umumnya menyerang pada kulit manusia namun juga tidak sedikit pula yang menyerang pada organ vital manusia, sehingga dalam penanganan penyakit herpes harus dilakukan dengan tepat dan cepat untuk mencegah menjalaran pada anggota tubuh yang lain.

Penderita akan merasakan gatal dan rasa panas, umumnya bagian tubuh yang terserang yakni punggung, tangan, leher dan pada bagian belakang telinga. Virus ini umumnya menyerang pada kulit manusia namun juga tidak sedikit pula yang menyerang pada organ vital manusia, sehingga dalam penanganan penyakit herpes harus dilakukan dengan tepat dan cepat untuk mencegah menjalaran pada anggota tubuh yang lain.

Penyakit Herpes

Gejala Herpes

Herpes Genital, merupakan infeksi pada alat kelamin. Penyakit yang di derita pada wanita maupun laki-laki. Kebanyakan untuk herpes genital tidak memiliki gejala akan tetapi penyakit ini dapat menular. penularan penyakit ini dapat terjadi pada saat berhubungan seksual, infeksi yang terjadi di sebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). ketika aktif virus ini akan berkembang dan bergerak pada sel – sel saraf. HSV dapat menular dan masuk kedalam tubuh melalui membran mukosa, membran mukosa murupakan jaringan lunak basah yang melapisi bagian terluba tubuh yang berada di beberapa bagian tubuh dan bersinggungan langsung dengan kulit, yakni pada dinding mulut, bagian dalam kelopak mata, didalam telinga, dalam saluran urin, dinding vagina dan anus, Herpes genital juga bisa mengenai daerah mulut dan tempat lain jika Anda melakukan seks oral dan anal.

Penularan penyakit ini dapat terjadi pada saat berhubungan seksual, infeksi yang terjadi di sebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Ketika aktif virus ini akan berkembang dan bergerak pada sel-sel saraf. HSV dapat menular dan masuk kedalam tubuh melalui membran mukosa, membran mukosa murupakan jaringan lunak basah yang melapisi bagian terluba tubuh yang berada di beberapa bagian tubuh dan bersinggungan langsung dengan kulit, yakni pada dinding mulut, bagian dalam kelopak mata, didalam telinga, dalam saluran urin, dinding vagina dan anus, Herpes genital juga bisa mengenai daerah mulut dan tempat lain jika Anda melakukan seks oral dan anal.

HSV dapat menular dan masuk kedalam tubuh melalui membran mukosa. Membran mukosa murupakan jaringan lunak basah yang melapisi bagian terluba tubuh yang berada di beberapa bagian tubuh dan bersinggungan langsung dengan kulit, yakni pada dinding mulut, bagian dalam kelopak mata, didalam telinga, dalam saluran urin, dinding vagina dan anus. Herpes genital juga bisa mengenai daerah mulut dan tempat lain jika Anda melakukan seks oral dan anal.

Penyebab Herpes Genital

Penyabab utama dari herpes genital adalah virus herpes simpleks yang terbagi menjadi dua macam. Tipe 1 (HSV-1) dan Tipe 2 (HSV-2). Pada virus tersebut sangat mudah dalam penularannya yang terjadi akibat kontak langsung dari orang yang terinfeksi. Umumnya seseorang yang terinfeksi herpes tidak menyadari bahwa ia terinfeksi yang di sebabkan gejala yang cukup ringan. akan tetapi orang yang sudah terinfeksi tetap bisa menularkan virus tersebut.

Umumnya seseorang yang terinfeksi herpes tidak menyadari bahwa ia terinfeksi yang di sebabkan gejala yang cukup ringan. akan tetapi orang yang sudah terinfeksi tetap bisa menularkan virus tersebut.

Pengobatan Herpes Genital

Untuk mengobati herpes genital pada wanita dapat menggunakan asiklovir yang berfungsi untuk membantu mengurangi jumlah virus yang ada di dalam luka anda sehingga resiko terjadinya penularan berkurang. Selain itu asiklovir juga berfungsi untuk membantu meringankan gejala penyakit herpes genital pada awal kemunculan penyakit tersebut. Namun, pengobatan yang dilakukan secara dini pada serangan yang terjadi pertama tidak bisa mencegah dari penyakit herpes genital ini.

Pencegahan dan mengurangi  kekambuhan yang mungkin anda alami :

  • Menjaga kebersihan dan kehigienisan diri anda pada saat berhubungan seksual, jika anda merasa ragu ada baiknya anda menggunakan kondom untuk mencegah penularan
  • apabila anda sudah mendapatkan obat dari dokter sebaiknya anda konsumsi obat tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan minum secara rutin.
  • Hindari pengunaan pakaian ataupun alat mandi secara bergantian pada penderita herpes.
  • Beristirahat cukup dan makan gizi seimbang bisa membantu meningkatkan imun tubuh sehingga gejala virus akan menjadi jarang kambuh.

Herpes Genital

Herpes Zooster

Herpes zooster merupakan penyakit virus yang disebabkan oleh varicella zooster virus. Biasanya menyerang seseorang yang telah mengalami infeksi varicella / cacar air sebelumnya dan kemudian virus dorman dan saat kambuh kembali bisa menyebabkan gejala herpes zooster.

Lenting herpes zooster bisa timbul dimana saja tergantung dari saraf mana yang diserang virus ini. Namun biasanya virus ini menyerang hanya 1 sisi tubuh saja dan jarang menimbulkan gejala di daerah genital.

Pengobatan dilakukan dengan pemberian obat antivirus oral dan topikal, serta penghilang nyeri. Beberapa obat yang dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh terdapat di pasaran dalam bentuk suplemen vitamin dan antioksidan seperti meniran, zinc, extract echinacea, natural astaxanthin dll. Umumnya untuk pencegahan dapat dilakukan dengan tidak melakukan kontak langsung dengan virus.

Herpes zoster dapat kambuh lagi dan merasakan rasa gatal

Biasanya herpes zoster hanya menyerang satu kali, namun ada juga beberapa kasus dimana seseorang bisa terkena herpes lebih dari satu kali. Umumnya seseorang yang dapat terserang kembali akibat daya tahan tubuh menurun, sering begadang, kurang istirahat, stres dan gangguan imun.

Pada umumnya penderita yang kambuh terhadap herpes zoster menimbulkan ritasi pada serabut saraf yang dilaluinya (terserang lenting herpes). Rasa gatal yang ditimbulkan di sebabkan oleh rasa nyeri yang di timbulkan akibat iritasi ringan

Penderita yang merasakan hal tersebut dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pemberian obat – obatan kostikosteroid dan antivirus pada awal lenting timbul untuk mencegah komplikasi
  2. Pemberian obat penghilang rasa gatal
  3. Makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

No Responses

Write a response