Pengobatan Penyakit Stroke

Penyakit stroke apabila ditangani secara baik dan efektif dapat mencegah berbagai hal buruk yang menimpa penderita diantaranya cacat jangka panjang dapat di cegah sehingga tidak memperburuk kondisi fisik penderita, dan juga menurunkan jumlah angka kematian akibat penyakit stroke. Perlu di ketahui bahwa para ahli dan dokter spesialis telah menetapkan standar dalam penanganan stroke yakni :

Perlu di ketahui bahwa para ahli dan dokter spesialis telah menetapkan standar dalam penanganan stroke yakni :

  • Dalam penanganan pertama, segera hubungi rumah sakit untuk meminta ambulans
  • Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit apabila gejala stroke mulai dirasakan Baca juga Penyebab dan Pencegahan terhadap Penyakit Stroke
  • Lakukan Pemindaian misalnya CT scan atau MRI scan
  • Pemeriksaan dampak dari penyakit stroke dengan mengetes dengan menelan bisa dengan menggunakan air putih, untuk mengetes cukup dengan satu sendok makan apabila dapat menelan air tersebut maka dapat di lakukan dengan mengetes dengan meneles setengah gelas air putih, apabila keselitan menenggak air putih maka kemungkinan penderita terserang penyakit stroke
  • Lakukan rehabilitasi bagi pasien penderita stroke.

Pengobatan Stroke Iskemik

Untuk pengobatan stroke iskemik dapat diberikan obat penghancur gumpalan darah seperti alteplase yang berfungsi untuk mengobati penyakit stroke iskemik. Akan tetapi pemberian obat alteplase tidak banyak memberikan banyak manfaat apabila lebih dari empat setengah jam pertama setelah serangan stroke dimulai.

Pada intinya bahwa peluang untuk sembuh semakin besar apabila alteplase semakin cepat diberikan. Selain itu penderita stroke iskemik dapat diberikan obat anti trombosit yang berfungsi untuk mengurangi kadar kelengketan dalam sel – sel darah.

Stoke iskemik

Antikoagulan

Obat tersebut berfungsi untuk mencegah pembekuan darah sehingga sangat tepat untuk pengobatan penyakit stroke. Dimana antikoagulan mencegah pembekuan darah dengan mengubah komposisi kimia darah. Obat antikogulan dapat diberikan bagi anda yang memiliki detak jantung yang tidak beraturan yang dapat mengurangi resiko pengumpalan darah.

Obat Penurun Tekanan Darah

Pencegahan penyakit stroke salah satunya dengan menurunkan tekanan darah. Apabila tekanan darah pada pasien tinggi maka untuk menurunkannya dapat dengan pemberian obat anti-hipertensi.Makanan yang banyak mengandung sodium juga dapat meningkatkan tekanan darah. Semakin sedikit sodium yang anda konsumsi maka tekanan darah pada tubuh anda dapat dikendalikan dengan baik.

Selain mengurangi garam batasi juga kecap asin yang anda gunakan untuk memasak didapur contohnya makanan yang mengandung garam yang tinggi yakni roti, saus tomat, saus sambal camilan krupuk.

Obat Penurun Kolesterol

Untuk menurunkan kolesterol tinggi pada penderita dapat diberikan obat statin yang berfungsi untuk menghambat enzim penghasil kolesterol di dalam hati. Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi ada baiknya memperhatikan makanan yang anda konsumsi untuk menjaga kolesterol anda tetap aman misalnya dengan mengkonsumsi kedelai, kacang, salmon, alpukal, teh, gandum, sterol dan stanol, minya zaitun. Baca juga Makanan penurun kolesterol yang mudah anda dapat di sekitar anda. 

Penyempitan Pembuluh Darah Karotis

Yakni arteri atau pembuluh darah pada leher yang berfungsi untuk menyalurkan darah pada otak. Beberapa kasus penyakit stroke iskemik terjadi akibat penumpukan lemak yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah karotis.

Penyempitan pembuluh darah karotis

Pengobatan stroke hemoragik

Pada pengobatan stroke hemoragik umumnya pengobatannya dilakukan dengan proses operasi dimana operasi dilakukan untuk memperbaiki pembuluh darah yang pecah, atau yang biasa di sebut dengan kraniotomi yakni bagian kecil tengkorak kepala akan dibuka kemudian akan diperbaiki pembuluh darah yang rusak dan memastikan tidak ada pembekuan darah. Setelah dilakukan pemeriksaan dan penanganan oleh dokter maka tulang tengkorak yang dibuka tadi akan ditutup kembali setelah pendarahan berhenti.

 

 

 

 

No Responses

Write a response