Pengobatan Asam Urat Yang Dapat Anda Lakukan

Pengobatan asam urat dapat di kategorikan menjadi dua yakni meredakan gejalanya dan mencegah kembali serangan gout dengan cara menurunkan kadar asam urat. Dalam menangani masalah penyakit asam urat anda dapat melakukan tahapan-tahapan baik untuk meredakan ataupun mencegahnya.

Pengobatan asam urat perlu dilakukan agar penyakit asam urat dapat segera di sembuhkan sehingga tidak setelah akut baru disembuhkan, penyakit yang semakin dini diketahui dan di tangani akan lebih mudah untuk penyembuhannya dibandingkan dengan penyakit yang sudah akut. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit asam urat :

Sendi yang terserang asam urat

Meredakan gejala asam urat

Bagi anda yang mengalami gejala-gejala penyakit asam urat yang ditimbulkan baik itu rasa sakit saat beraktifitas, bengkak pada sendi yang mengalami peradangan dan kulit terasa gatal dan mengelupas pada sendi yang mengalami pembekakan, maka anda perlu melakukan beberapa hal yang dapat meredakan gejala asam urat

Atur pola tidur anda supaya tidur anda cukup, hindari benturan pada sendi yang sedang mengalami asam urat. Anda dapat melakukan pengompresan pada daerah yang mengalami asam urat untuk meredakan nyeri. Untuk mengompres anda dapat melakukan dengan es yang di bungkus dengan handuk. Waktu untuk pengompresan dapat dilakukan selama 20 menit, jangan sampai lebih dari waktu tersebut sebab dapat merusak permukaan kulit yang di kompres.

Meredakan gejala asam urat dengan obat – obatan

Bagi anda yang sedang mengalami asam urat ada baiknya untuk pemeriksakan kondisi anda sehingga dapat mengambil tindakan untuk proses penyembuhan. Para dokter sering kali memberikan obat anti inflamasi non steroid yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan peradangan.

OAINS umumnya diresepkan dokter dan dengan obat penghambat pompa proton yang mampu meredakan efek samping dari OAINS yang memiliki efek samping seperti pendarahan dilambung, sakit maag dan gangguan pencernaan.

Penggunaan OAINS dihindari bagi mereka yang memiliki gangguan perut dan fungsi ginjal. Hindari pengunaan OAINS dan obat – obatan penurun tekanan darah dan pengencer darah dalam waktu yang bersamaan. Sebaiknya anda yang menggunakan obat dengan resep dokter agar dosis dan komposisi obat yang dikomsumsi sesuai dengan penyakit yang diderita.

Mencegah terserang kembali penyakit asam urat

Bagi anda yang sudah pernah atau baru saja sembuh dari penyakit asam urat. Ada beberapa metode ataupun cara untuk mencegah serangan asam urat atau gout dikemudian hari. Hal yang perlu anda lakukan untuk mencegahnya yakni dengan menurunkan kadar asam urat dengan obat-obatan dan yang selanjutnya dengan menurunkan kadar asam urat melalui perubahan gaya hidup seperti : menjaga makanan yang anda konsumsi, hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat seperti daging merah, jeroan, hindari untuk meminum – minuman beralkohol, berhenti merokok, olahraga teratur untuk menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko asam urat, minum air yang cukup agar supaya asam urat dapat larut pada urin dan tidak terjadi penimbunan di dalam tubuh.

Baca juga Penyebab asam urat yang perlu diwaspadai

Bahaya rokok

Menurunkan kadar asam urat dengan obat – obatan

Penanganan terhadap asam urat dengan obat-obatan dalam jangka panjang direkomendasikan terutama bagi penderita yang mengalami

  1. Sering mengalami serangan gout dan memiliki benjolan kecil yang di sebut tofi
  2. Memiliki riwayat batu ginjal
  3. Penurunan fungsi ginjal
  4. Terdiagnosis mengalami kerusakan pada sendi baik yang disebabkan oleh kerusakan ataupun gejala yang ditimbulkan.

Dengan anda rutin dalam penyembuhan asam urat dengan mengkonsumsi obat-obatan maka anda akan terjaga dari terserang kembali asam urat, sehingga anda dapat mengindari dengan gejala-gejala yang di timbulkan. Baca juga Gejala dan diagnosis penyakit asam urat yang perlu anda ketahui

Allopurinol dapat menghambat enzim pengubah purin

Pengobatan asam urat dapat dengan mengkonsumsi obat Allopurinol yang dapat membantu dalam menurunkan kadar asam urat. Obat tersebut berfungsi untuk mengubah purin menjadi asam urat dan pengilang rasa sakit yang efek penggunaannya langsung terasa saat asam urat menyerang.

Allopurinol merupakan tablet yang diminum sekali dalam sehari, dosis allopurinol akan semakin meningkat tiap tiga hingga empat minggu dilihat dari hasil pemeriksaan darah apabila belum berangsur membaik dosis yang diberikan akan semakin tinggi. Apabila mulai berangsur membaik maka kristal Рkristal dalam tubuh biasanya akan hilang.  Ada baiknya anda rutin untuk mengkonsumsi allopurinol untuk mencegah datangnya serangan gout.

No Responses

Write a response