Pantangan Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Anda Ketahui

Pantangan untuk ibu hamil harus di ketahui secara dini, tujuannya tentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari pertumbuhan si kecil pada saat di dalam kandungan dan juga mengindari hal-hal yang dirasa kurang tepat untuk pertumbuhan janin. Dalam menyambut buah hati, seharusnya ibu hamil mempersiapkan berbagai macam hal termasuk dalam menghindari pantangan-pantangan yang dapat membehayakan pertumbuhan janin.

gambar ibu hamil

Adapun hal yang sepatutnya di ketahui oleh ibu hamil saat mengandung, yang sepatutnya di ketahui baik itu dari segi saran ataupun larangan yang menjadi pantangan yang harus di hindari pada masa kehamilan dan menjadi pertimbangan. Berikut yang menjadi pantangan untuk ibu hamil yakni :

  • Berendam air panas

Anda harus meghindari berendam air panas pada saat anda sedang hamil ataupun menghindari lingkungan yang bersuhu panas untuk menghindari resiko keguguran. Resikonya menjadi dua kali lipat jika anda lakukan pada usia kehamilan tiga bulan pertama pada masa kehamilan anda. Oleh karenanya untuk menjaga kondisi kandungan anda, sebaiknya anda menghindari berendam dengan air panas.

  • Kelebihan berat badan 

Pada saat hamil memang seorang wanita berbadan dua namun bukan berarti porsi makan juga di tambah dua kali lipat. Kelebihan berat badan saat hamil dapat meningkatkan resiko terhadap kenaikan berat badan yang membuat terjadinya penimbunan lemak. Resiko dari kelebihan berat badan yakni kenaikan tekanan darah, menderita diabetes pada saat kehamilan dan meningkatnya resiko obesitas pada anak. Untuk patokannya pada trimester kedua ibu hamil perlu menambahkan 340 kalori per hari, dibandingkan porsi makan sebelum hamil. Sedangkan trimester ketiga, ibu hamil menambahkan 450 kalori. Baca Juga Yuk Cari Tau Pengobatan Obesitas

  • Aroma Bahan Kimia 

Bahan kimia mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya untuk tidak menghirup aroma kimia tersebut. Pada umumnya bahan-bahan kimia yang ada memiliki bau yang menyengat sehingga di khawatirkan berdampak buruk bagi perkembangan janin.

Penelitian menunjukkan bahwa seorang ibu hamil memiliki resiko ganggunan perkembangan otak janin apabila sering menghirup bahan-bahan kimia berbahaya. Apabila anda dekat dengan bahan-bahan kimia sebaiknya menggunakan masker untuk mengurangi baunya. Disarankan untuk ibu hamil untuk menghindari produk perawatan rambut yang memiliki aroma yang menyengat, yang umumnya terdapat pada perawatan rambut seperti obat pengkriting rambut dan pewarna rambut yang dapat membuat ibu hamil mual ataupun muntah.

  •  Berlebihan dalam mengkonsumsi kafein 

Berhati-hatilah bagi anda yang terlalu sering mengkonsumsi kafein terutama bagi ibu hamil di sarankan untuk mengkonsumsi kafein dengan batas aman adalah 200 mg atau setara dengan dua gelas kopi instant. Terlau berlebihan mengkonsumsi kafein dapat meningkatkan resiko keguguran ataupun bayi lahir dengan berat badan di bawah rata-rata. Ada baiknya Anda lebih sering untuk mengkonsumsi air putih yang jauh lebih baik dibandingkan dengan terlalu banyak meminum kafein. Baca Juga Jangan terbuai dengan kenikmatan kopi, wajib anda tau resikonya

  • Membersihkan kotoran kucing 

Taukah anda bahwa kucing sangat tidak baik untuk kesehatan ibu hamil, terutama pada kotorannya yang merupakan habitat untuk parasit yang sangat berbahaya bagi ibu hamil. Gejala yang di timbulkan memang tidak di rasakan secara langsung dan tidak di sadari. Tetapi ibu hamil kemungkinan dapat mengalami keguguran atau bayi lahir dalam keadaan mati, apabila bayi lahir dengan selamat, infeksi parasit dapat membuat bayi mengalami kejang – kejang atau menderita penyakit kejiwaan.

  • Kebiasaan Merokok 

Kebiasaan merokok saat hamil juga berdampak buruk bagi perkembangan janin dan membaut bayi anda lahir dengan berat badan yang rendah. Kondisi tersebut juga sangat tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang mana ibu hamil yang sering mengkonsumsi rokok akan mudah terjangkit berbagai jenis penyakit, dan juga anak nantinya dapat menjadi kecanduan nikotin sehingga cenderung untuk mengkonsumsi rokok di usia dini akan semakin tinggi, banyak kandungan berbahaya yang terdapat pada rokok, lebih dari 4000 bahan kimia yang terdapat didalam satu batang rokok. adanya zat racun dan sekitar 70 bahan didalamnya bersifat kanker, bahan berbahaya yang terdapat pada sebatang rokok yakni Karbonmonoksida, Tar, Gas Oksigen dan Benzene. Oleh kerenanya untuk mencegah kecanduan terhadap nikotin pada rokok perlu adanya bimbingan dari keluarga untuk menjauhi rokok sebab resiko yang dapat menimpa pengkonsumsi rokok sangat tinggi. Baca Juga

Oleh kerenanya untuk mencegah kecanduan terhadap nikotin pada rokok perlu adanya bimbingan dari keluarga untuk menjauhi rokok sebab resiko yang dapat menimpa pengkonsumsi rokok sangat tinggi. Baca Juga Bahaya Rokok Untuk Tubuh 

  • Mengkonsumsi Minuman Keras

Minuman beralkohol juga sangat berbahaya bagi janin sebab bagi anda yang megkonsumsi minuman keras pada saat hamil dapat membuat bayi lahir dengan sindrom alkohol bayi. Tanda-tanda yang dapat dilihat yakni pada saat lahir bayi yang dilahirkan memiliki berat badan yang sangat rendah. Pada masa pertumbuhan bayi tersebut perkembangannya akan lebih lambat dibandingkan dengan bayi yang normal lainnya dan mengalami gangguan perilaku.

Disarankan bagi anda yang memiliki kecanduan terhadap minuman keras untuk berhenti mengkonsumsi minuman keras sebab banyak kerugian yang di dapat dari minuman keras, seperti kerusakan hati, gangguan pada jantung dan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kebutaan dan kematian.

  • Makanan yang tidak matang 

Berhati-hatilah bagi anda yang suka terhadap makanan yang setengah matang seperti telur setengah matang. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang sudah matang pada makanan anda sebab makanan yang tidak matang terdapat bekteri listeria dan toksoplasma serta dapat menyebabkan keracunan pada makanan yang kurang matang. Selain itu resiko terhadap pertumbuhan bayi juga menjadi terhambat dan resiko fatal yang mungkin terjadi yakni keguguran. Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, pastikan anda memakan makanan yang benar-benar sudah matang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

No Responses

Write a response