Obat Untuk Radang Tenggorokan (Anak dan Dewasa)

Radang tenggorokan sering membuat tenggorokan terasa tidak nyaman, padahal ada beberapa obat untuk radang tenggorokan yang bisa kita temui di rumah. Ketidaktahuan kita terhadap bahan-bahan/obat herbal yang dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan bisa membuat peradangan menjadi semakin parah.

Radang tenggorokan sebenarnya merupakan pertanda bahwa tubuh kita sedang berjuang menghadapi inveksi virus dan bakteri. Tubuh memberikan respon alami terhadap masuknya virus dan bakteri tersebut sehingga ada pembengkakan selaput lendir pada bagian tenggorokan. Pembengkakan yang disertai dengan radang tenggorokan merupakan gejala utama dari sakit tenggorokan.

Penyebab Radang Tenggorokan

Sebelum membahas mengenai obat untuk radang tenggorokan, kita sebaiknya mengetahui apa sih yang menyebabkan radang tenggorokan. Hal ini diperlukan agar kita tidak salah dalam menangani akar permasalahan dari peradangan tersebut. Contohnya kita tahu bahwa radang tenggorokan itu disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun ternyata infeksi bakteri merupakan penyebab yang pengaruhnya sangat kecil pada penderita peradangan.

Alergi, flu, cacar, campak, mononukleosis, sesak napas, pilek udara kering dan polusi udara merupakan penyebab sakit tenggorokan. Beberapa penyakit tersebut merupakan penyakit infeksi virus yang kebal terhadap antibiotik sehingga kita perlu berhati-hati dengan gejala awal radang tenggorokan. Sangat disarankan untuk segera menemui dokter untuk berkonsultasi terhadap apa yang harus dilakukan agar radang tenggorokan tidak semakin parah.

14 Obat Untuk Radang Tenggorokan Alami

Radang tenggorokan bisa diketahui dengan beberapaa gejala ringan yang muncul. Gejala radang tenggorokan melupti rasa gatal dan terjadi rasa sakit. Biasanya orang yang mengalami peradangan pada tenggorokan juga akan merasakan sakit saat menelan makanan. Apabila Anda menemui gejala radang tenggorokan diatas, temukan beberapa bahan ini di rumah sebagai pertolongan pertama pada radang tenggorokan:

Minum Banyak Cairan

banyak minum cairan

Pertolongan pertama yang bisa diberikan saat mengalami radang tenggorokan adalah dengan minum banyak cairan. Cairan akan membantu manjaga selaput lendir agar tidak terdehidrasi.

Cairan juga membantu menenangkan tenggorokan jika selama ini tenggorokan terasa perih saat Anda menelan makanan. Anda bisa minum teh, infus herbal, air putih ataupun minuman lainnya yang membuat suhu tenggorokan menjadi lebih nyaman.

Akar Manis

Licorice untuk mengurangi radang tenggorokan

Akar manis atau Licorice merupakan obat alami radang tenggorokan yang telah diuji dalam beberapa penelitian. Penelitian menyebutkan bahwa berkumur dengan menggunakan larutan akar manis dapat mengurangi resiko sakit radang tenggorokan setidaknya 50% lebif efektif dibandingkan menggunakan air gula sebagai pengobatan.

Akar manis adalah tanaman asli ke Eropa dan Asia Selatan yang saat ini bisa dibeli di supermarket atau tempat lainnya. Akar manis memiliki sifat yang hampir sama dengan aspirin yang mampu mengurangi sakit akibat radang tenggorokan. Ada bisa membuat larutan akar manis sendiri di rumah. Caranya yaitu dengan menggunakan akar manis yang dicampur dengan air panas, kemudian biarkan curam selama lima menit. Setelah itu baru disaring kemudian diminum.

Akar Marshmallow

Marshmallow untuk radang tenggorokan

Akar marshmallow telah digunakan sebagai bahan obat untuk obar radang tenggorokan sejak abad pertengahan. Akar marhsmallow ini memiliki zat gelatin yang berwujud sebagai lendir yang akan melapisi tenggorokan saat Anda menelan makanan.

Penelitian telah membuktikan bahwa lapisan dari akar marshmallow telah diuji dalam waktu yang lama dan membuktikan aman untuk pengobatan karena tidak beracun walaupun menggunakan dosis yang tinggi. Akar marshmallow juga dikenal sebagai obat yang sangat efektif mengatasi peradangan tenggorokan.

Sage dan Echinacea

sage

Sage berasal dari Mediterania yang saat ini bisa tumbuh di seluruh dunia. Sage yang dikeringkan dalam satu mangkuk dapat mengobati peradangan dan banyak penelitian yang menyarankan penggunakan sage untuk meringankan sakit tenggorokan.

Selain sage, echinacea juga efektif dalam mengobati radang tenggorokan. Ramuan dari Echinacea telah menjadi obat tradisional sejak lama. Pengobatan menggunakan ramuan ini bahkan lebih efektif dibandingkan menggunakan semprotan chlorhexidine lidokain yang terkadang menimbulkan efek samping.

Cuka Sari Apel

manfaat cuka sari apel untuk tenggorokan

Cuka sari apel adalah obat untuk radang tenggorokan yang mengandung asam asetat, yang sangat aktif dalam melawan bakteri. Cuka sari apel juga telah dikenal sebagai tonik kesehatan alami yang telah digunakan sebagai obat alami setelah berabad-abad lamanya.

Hippocrates, Dokter Yunani kuno yang dikenal sebagai bapak kedokteran bahkan merespkan kombinasi cuka sari apel dengan madu yang kemudian dikenal dengan istilah oxymel yang sangat efektik dalam mengobati gejala batuk dan sakit tenggorokan.

Berkumur Air Garam

air garam untuk radang tenggorokan

Berkumur menggunakan air garam merupakan obat alami yang sudah dikenal banyak masyarakat. Air garam sangat efektif dalam mengobati radang tenggorokan. Larutan garam akan membantu Anda mengurangi pembengkakan dengan menarik air dari jaringan tenggorokan.

Larutan garam juga membantu membunuh mikroba berbahaya yang berada di tenggorokan. Untuk membuat larutan garam, Anda cukup mencampurkan 1 cangkir air hangat dengan 1 sendok teh garam yang kemudian diaduk hingga membentuk larutan. Larutan tersebut kemudian digunakan untuk berkumur selama 20 detik sekali per jam.

Madu

madu untuk mengobati radang tenggorokan

Sering tidak menyangkan bahwa madu merupakan obat untuk radang tenggorokan, soalnya manis sih. Madu merupakan pemanis alamu yang bisa digunakan sebagai kombinasi dengan bahan-bahan alami lainnya yang bisa menenangkan sakit tenggorokan.

Madu efektid melawan infeksi dan meringankan rasa nyeri yang diakibatkan oleh peradangan pada tenggorokan. Penting untuk diingat bahwa madu tidak diperbolehkan untuk diberikan pada anak dibawah 1 tahun karena akan menghambat pertumbuhan karena tidak memiliki bakteri sehat. Madu juga tidak disarankan untuk diberikan pada orang yang menjalani diet rendah karbohidrat dan orang-orang yang menghindari gula. Hal ini karena madu mengandung 17 gram karbohidrat per sendok makan (15ml).

Air Lemon

lemon sebagai obat radang tenggorokan

Air lemon adalah minuman menyegarkan berkhasiat mengurangi rasa sakit tenggorokan yang terjadi akibat pilek atau flu. Air lemon mengandung banyak vitamin C dan antioksidan sehingga meningkatkan jumlah produksi air liur yang membantu menjaga kelembaban selaput lendir.

Anda bisa menggunakan campuran air hangat dengan lemon dengan ditambah sedikit madu atau air garam untuk memaksimalkan air lemon sebagai obat untuk radang tenggorokan.

Teh Akar Jahe

jahe untuk radang tenggorokan

Jeh adalah rempah-rempah yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan adanya peradangan. Kita dapat menggunakan ekstrak jahe yang dicairkan kedalam air panas untuk membunuh bakteri dan melegakan tenggorokan.

Kita bisa membuat sendiri teh jahe menggunakan ekstrak jahe segar. Bila ingin lebih praktis Anda bisa membeli teh jahe yang dijual secara umum di pasar maupun supermarket terdekat.

Minyak Kelapa

minyak kelapa untuk peradangan tenggorokan

Minyak kelapa telah dikenal sebagai makanan serbaguna yang kaya akan manfaat kesehatan. Minyak kelapa juga dapat difungsikan sebagai obat untuk radang tenggorokan karena cepat melawan infeksi dan mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

Minyak kelapa juga bisa berfungsi untuk melumasi membran mukosa tenggorokan, sehingga cukup dengan 2 sendok makan (30 ml) per hari bisa bermanfaat untuk menenangkan tenggorokan. Penting untuk diingat untuk membatasi konsumsi minyak kelapa karena bisa memiliki efek pencahar pada dosis yang tinggi.

Kayu Manis

gambar kayu manis

Kayu manis adalah rempah-rempah yang harum dan memiliki banyak manfaat. Kayu manis telah menjadi pengobatan tradisional Cina untuk mengobati radang tenggorokan karena memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang tinggi.

Apabila tidak bisa membuat ektrak kayu manis sendiri, Anda bisa menggunakan teh kayu manis yang tersedia di pasar ataupun supermarket terdekat.

Sup Ayam

sup ayam untuk radang tenggorokan

Tidak usah bingung-bingung mencari obat untuk radang tenggorokan. Sup ayam merupakan makanan yang memberikan efek nyaman pada tenggorokan karena menyuplai banyak cairan pada saat terjadi radang tenggorokan.

Sup ayam yang menggunakan bawang putih juga akan menambah khasiat karena bawang putif mengandung senyawa bioaktif yang dapat mengurangi sakit pada tenggorokan.

Teh Peppermint

teh peppermint

Selain bebas kafein, teh peppermint juga banyak mengandung senyawa anti-inflamasi yang bersifat menenangkan. Mint dalam teh akan mengurangi rasa sakit tenggorokan yang mungkin akan terasa ketika menelan makanan.

Selain itu, teh peppermint juga memiliki rasa manis alami sehingga kita tidak perlu menggunakan pemanis buatan dalam menghidangkan teh peppermint.

Teh Chamomile

teh Chamomile

Mungkin sering menemui teh chamomile di rak supermarket, namun belum menyadari bahwa teh ini sangat berkhasiat sebagai obat untuk radang tenggorokan. Teh ini sangat bagus untuk melawan infeksi dan mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Aroma dan rasa teh chamomile sungguh nikmat, terlebih teh ini juga tidak mengandung kafein sehingga aman untuk dikonsumsi. Sayangnya teh ini bisa memberikan efek samping yang berupa mengantuk sehingga Anda perlu mempertimbangkan waktu saat akan mengkonsumsi teh ini.

15

No Responses

Write a response