Obat Tradisional Amandel

Pada kesempatan yang baik ini saya ingin melanjutkan sharing saya mengenai obat tradisional amandel yang bisa anda dapatkan dengan mudah untuk pengobatan herbal. Beberapa tahun ini saya amati bahwa peminat penggunaan obat tradisional untuk mengatasi penyakit cukup besar. Tentu saja ini mendorong saya untuk berbagi informasi mengenai beberapa ramuan tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit amandel anda tanpa harus memikirkan efek samping dari bahan kimia dan tanpa berada dibangku operasi.

Penyakit amandel atau tonsilitis merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh serangan virus dan bakteri. Ada beberapa jenis virus dan bakteri yang menjadi penyebab amandel. Anda bisa membaca daftar virus dan bakteri penyebab amandel pada artikel lain melalui tautan tersebut. Biasanya penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri akan diberikan antibiotik agar segera pulih pada kondisi normal, namun ada beberapa kalangan yang lebih memilih obat tradisional untuk amandel mereka dengan beberapa pertimbangan tertentu.

Obat Tradisional Untuk Amandel

Ada banyak tipe obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit amandel. Beberapa dari obat yang akan saya bahas memang tak selamanya berasal dari Indonesia, namun obat tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah di Indonesia karena sudah banyak yag melakukan budidaya jenis obat / tanaman tersebut.

1. Echinacea

obat tradisional amandel
Anda bisa melihat foto yang saya sertakan untuk menggambarkan seperti apa Echinacea itu. Bagi yang memang belum pernah menjumpai bunga tersebut, saya akan memberi sedikit informasi yang mungkin bisa membantu anda mengenali asal-usul dan bentuk fisik bunga tersebut. Echinacea merupakan tipe tanaman berbunga yang berasal dari Amerika Utara dan Eropa. Echinacea merupakan tanaman herbal yang telah digunakan pada abad 18 dan 19 sebelum masyarakat mengenal antibiotik.

Echinacea merupakan tanaman bunga yang memiliki kandungan seperti polisakarida, glikoprotein, alkamides, minyak atsiri, dan flavonoid. Kandungan tersebut merupakan salah satu obat tradisional amandel yang sangat ampuh karena membangun sistem kekebalan tubuh pada pasien. Echinacea juga membantu membangun sistem limfatik yang dapat mengurasi peradangan dan rasa sakit pada amandel. Tanaman berbunga ini juga merangsang pembentukan sel-sel darah putih untuk kekebalan tubuh. Selain untuk amandel tanaman ini juga baik untuk beberapa kasus seperti sakit tenggorokan / faringitis, batuk dan flu.

2. Slippery Elm

obat tradisional amandel dari pohon slippery elm
Slippery Elm adalah tumbuhan yang berasal dari Kanada dan Amerika Serikat. Pohon ini memiliki nama ilmiah Ulmus Rubra. Bagian pohon yang dimanfaatkan adalah bagian dalam kulit pohon yang memiliki getah. Kulit tersebut mengandung getah yang dapat melapisi selanput lendir tenggorokan dan saluran pencernaan sehingga mengurangi peradangan maupun iritasi akibat serangan virus pada amandel. Slippery Elm dapat anda dapatkan dalam bentuk ekstrak, kapsul ataupun tablet sebagai obat tradisional amandel di apotek / toko obat herbal disekitar anda.

Selalu baca cara penggunaan / dosis penggunaan obat tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Bila anda mengalami iritasi akibat penggunakan obat tradisional untuk amandel tersebut, hentikan pemakaian.

3. Bawang Putih

bawang putih obat tradisional amandel
Bawang putih merupakan salah satu obat tradisional amandel yang cukup ampuh dan mudah untuk didapatkan bila dibanding dengan bunga Echinacea maupun ekstrak pohon Slippery Elm. Bawang putih telah dikenal sebagai bahan herbal yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih mengandung antioksidan, antibakteri dan antivirus yang menjadi gabungan senyawa efektif untuk menghadapi virus dan bakteri penyebab penyakit amandel, pilek dan flu. Biasanya bawang putih digunakan sebagai obat herbal saat pada masa awal terlihat gejala penyakit amandel pada seseorang. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan merebus dua siung bawang putih dalam secangkir air selama kurang lebih lima menit ataug unakan api yang kecil untuk mendidihkan campuran tadi selama 10 menit lebih. Setelah mendidih kemudian angkat dari kompor dan saring bawang agar tinggal tersisa air rebusannya saja. Anda dapat menggunakan tambahan madu untuk pemanis obat tradisional amandel anda yang terbuat dari bawang putih.

4. Campuran Lemon, Madu dan Serbuk Cabe Rawit

obat tradisional amandel dari lemon dan madu
Mungkin ini terlihat aneh bagi anda, namun campuran lemon, madu dan serbuk cabe merupakan obat tradisional amandel yan banyak digunakan oleh orang Amerika Serikat untuk mengatasi rasa sakit dan radang pada amandel. Serbuk cabe rawit dikenal sebagai bahan yang mengurangi resiko pembengkakan pada kasus amandel dan berfungsi sebagai antiseptik. Gunakan serbuk cabe rawit dalam jumlah yang sedikit saja, karena campuran lemon dan madu akan membantu anda untuk mengurangi rasa sakit akibat iritasi pada amandel. Cara penggunaan bahan ini cukup mudah, anda tinggal mencampurkan dua sendok makan madu kemudian ditambah satu sendok makan jus lemon. Gunakan secangkir air untuk keduanya dan tambahkan sedikit saja serbuk cabe. Diamkan larutan tersebut setidaknya 10 menit kemudian obat tradisional untuk amandel anda siap dikonsumsi.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi pengunjung blog ini. Anda juga bisa menambahkan beberapa wawasan lain mengenai penyakit amandel pada beberapa artikel yang telah saya tulis sebelumnya. Arteikel tersebut diantaranya Pengertian Penyakit amandel, gejala penyakit amandel , virus dan bakteri penyebab amandel dan cara mengobati amandel yang tepat. Sekian informasi mengenai obat tradisional amandel ini, semoga bermanfaat.

No Responses

Write a response