Menilik Manfaat Rutin Berolahraga

Apakah anda sering merasakan lemas dan tidak bergairah dalam melakukan aktifitas sehari – hari? jika benar mungkin anda setiap hari terlalu banyak duduk dan sedikit bergerak sehingga tubuh anda menjadi lemas dan mudah lelah, jangan khawatir anda dapat mengatasinya dengan berolahraga, sebab manfaat rutin berolahraga dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga mengatasi tubuh yang lemas, mudah capek dan tidak bergairah.

Olahraga bisa disebut sebagai obat yang mujarap yang dapat dilakukan setiap waktu dan tentunya di lakukan dengan mudah tanpa biaya yang mahal, namun kebanyakan orang terlupa untuk melakukan olahraga dan apabila tidak berolahraga secara teratur berdampak pada kesehatan tubuh anda yang menurun, tidak ada kata terlambat untuk memulai dari sekarang untuk menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga, berapun usia anda, bukti ilmiah membuktikan bahwa aktifitas fisik dapat membuat anda memiliki tubuh yang lebih sehat dan bahagia.

Menilik Manfaat Rutin Berolahraga

Manfaat Rutin Berolahraga Yang Dapat Anda Peroleh :

  1. Menghalau Penyakit

Aktifitas fisik atau olahraga tidak lagi banyak mendapatkan perhatian, padahal olahraga dapat mengurangi berbagai macam penyakit berbahaya diantaranya :

  1. Mencegah penyakit jantung dan stroke 

Bagi anda yang rutin berolahraga anda minimal dapat mencegah penyakit sebab berolahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik High density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat low density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengendalikan darah, Baca Juga Makanan Sehat Untuk Penyakit Jantung 

  1. Mengendalikan diabetes 

Dengan anda rutin berolahraga dapat membantu mengurangi lemak tubuh sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes yang tidak memerlukan asupan insulin, Baca Juga Penyakit Gula Basah dan Cara Mengobatinya

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Melakukan olahraga rutin dapat membantu anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dimana seseorang yang melakukan olahraga rutin dapat mengurangi beban tubuh, sehingga akan menurunkan tekanan darah tinggi pada seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

  1. Mencegah nyeri pada punggung

Tidak banyak yang tau bahwa dengan rutin berolahraga dapat mencegah nyeri pada punggung, sebab dengan anda rutin berolahraga akan terjadi peningkatan kekuatan dan ketahanan otot pada tubuh anda, serta fleksibilitas tubuh berkat olahraga dapat mencegah nyeri di punggung.

  1. Menangkal Obesitas 

Aktifitas yang teratur dan sering melakukan gerakan – gerakan tubuh dapat membantu tubuh untuk melakukan pembakaran lemak, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak, dan dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan masa otot yang lebih kuat dan meningkatkan metabolisme tubuh, jika dilengkapi dengan nutrisi yang cukup, olahraga dapat membantu mengendalikan berat badan dan mencegah obesitas yang dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit. Baca Juga Cari Tau Pengobatan Obesitas 

  1. Menekan Resiko Osteoporosis 

Tak banyak yang tau bahwa Manfaat rutin berolahraga banyak memiliki manfaat terutama dalam mencegah osteoporosis yang tentunya akan dirasakan dampaknya ketika di hari tua, dengan anda rutin berolahraga dapat membantu pembentukan tulang, yang sekaligus mencegah berbagai macam jenis penyakit pada tulang sering bertambahnya usia anda.

Manfaat rutin berolahraga tidak hanya bermanfaat dari sisi kesehatan fisik, akan tetapi juga meningkatkan kualitas hidup diantaranya :

  1. Menumbuhkan Kepercayaan diri 

Apabila anda mengalami masalah kepercayaan diri yang kurang, ada baiknya anda untuk melakukan olahraga sebab dengan anda rutin berolahraga akan menambah penampilan anda baik itu otot yang kuat sehat dan ramping, dengan sempurnanya penampilan anda maka kepercayaan diri anda akan meningkat.

  1. Mengatasi Stres

Apabila anda seseorang yang sangat sibuk ada baiknya luangkan hari anda untuk berolahraga santai, yang tujuannya untuk memberikan kesegaran baik untuk jiwa dan raga anda, sebab dengan berolahraga dapat mengurangi depresi dan ketegangan sehingga stres dapat anda kendalikan.

  1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak 

Manfaat rutin berolahraga juga memberikan pengaruh terhadap tingkat kenyamanan tidur anda dimana dengan anda rutin berolahraga membuat tubuh anda menjadi segar dan bugar sehingga pada saat anda tidur terasa nyenyak, hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur yang malah membuat anda susah untuk tidur.

  1. Menikmati waktu menyenangkan

Olahraga dan aktifitas fisik merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang, yang bisanya di lakukan pada saat libur kerja atau aktifitas sehari – hari yang menyibukkan, anda dapat berkumpul dengan sodara, keluarga dan teman dalam melakukan olahraga untuk bersenang – senang dan mempererat hubungan antar teman dan keluarga, sehingga anda tidak terpaku pada kesibukan sehari – hari.

  1. Waktu yang di butuhkan dalam berolahraga 

Waktu yang dibutuhkan ketika berolahraga harus di lihat pada kemampuan fisik, dimana bila anda tidak terbiasa dengan berolahraga dan tidak dilakukan setiap hari, anda cukup berolahraga dengan intensitas ringan misalnya berjalan cepat selama 1-2 jam perminggu atau sekitar 15-20 menit per hari yang tujuannya untuk tidak memberikan beban yang berlebih pada tubuh, dan tubuh tidak menjadi kram atau sakit akibat otot – otot yang sakit akibat olahraga terlalu berlebihan.

Waktu yang dibutuhkan tubuh dalam berolahraga, Secara umum orang dewasa yang berusia 19-64 tahun membutuhkan dua jenis olahraga, yakni aktifitas aerobik dan latihan memperkuat otot, total waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 150 menit per minggu, anda dapat membaginya dalam beberapa hari, misalnya 30 menit perhari dengan waktu 5 hari.

Manfaat dari Olahraga aerobik

Aktifitas aerobik yang dapat anda lakukan, misalnya kegiatan bersepeda atau berjalan kaki. ciri – ciri dari aktifitas tersebut yang sudah dilakukan dengan benar yakni ketika detak jantung semakin tinggi dan anda berkeringat. Sedangkan untuk tugas harian baik itu memasak atau berbelanja tidak dapat dikatakan sebagai olahraga sebab tidak cukup untuk meningkatkan detak jantung sebagaimana aktifitas aerobik.

No Responses

Write a response