Mengatasi Kulit Berminyak Pada Wajah Tanpa Membuat Kulit Kering

Memiliki kulit wajah yang bersih dan lembab merupakan dambaan setiap orang. Namun ada beberapa orang yang memiliki masalah kulit berminyak pada wajah yang mengeluhkan kulit terlalu banyak mengeluarkan minyak sehingga terlihat mengkilap dan lengket.

Masalah kulit berminyak pada wajah dapat diatasi apabila melakukan perawatan secara rutin dan tepat sehingga minyak pada wajah dapat dikurangi sehingga wajah terlihat bersih dan bercahaya. Namun sebelum membahas tentang mengatasi kulit wajah berminyak anda perlu mengetahui penyebab dari kelebihan minyak berlebih, sehingga anda dapat mengetahui tindakan yang paling tepat untuk perawatan pada wajah anda. Baca juga 5 Manfaat wortel untuk wajah dan kesehatan

Kulit berminyak pada wajah

Penyebab Kulit Berminyak Pada Wajah

Penyebab anda memiliki minyak berlebih pada wajah disebabkan oleh faktor genetik masing-masing individu. Selain itu faktor hormon juga menjadi penyebab utama dalam kelebihan minyak pada wajah. Pada wanita akan memiliki masalah minyak berlebih yang paling besar dibandingkan dengan laki-laki sebab untuk wanita mengalami perubahan hormon yang sering berubah-ubah yang disebabkan oleh seringnya menstruasi hamil dan menopause.

Faktor lain yang dapat meningkatkan kadar minyak pada wajah diantaranya.

  1. Kondisi fisik
  2. Stres
  3. Cuaca
  4. Pola makan
  5. dan terlalu kasar pada saat menggosok atau mencuci wajah

Mengatasi kulit berminyak pada wajah dengan menggunakan produk-produk kecantikan.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan atau produk kecantikan untuk mengatasi masalah kulit berminyak pada wajah dengan menggunakan bahan yang kaya akan kandungan lemon yang berfungsi untuk mengatasi kelebihan minyak pada wajah.

  1. Sabun

Anda dapat menggunakan atau memilih sabun yang lembut, sebab sabun yang keras bisa berakibat pada kelebihan minyak pada wajah. jangan terlalu sering untuk mencuci wajah. Anggapan bahwa mencuci muka sesering mungkin dapat mengatasi minyak berlebih hal tersebut salah.

Cara paling efetif untuk mengatasi masalah kulit berminyak pada wajah cukup dengan membersihkan wajah 2 kali sehari baik sore maupun malam hari, pada saat mencuci muka lakukan dengan mengusap usap sabun muka dengan halus, jangan terlalu keras karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah, kemudian basuh dengan air hingga bersih.

Bagi anda yang masih bermasalah dengan kelebihan minyak pada kulit wajah meskipun sudah menggunakan sabun pencuci muka ada baiknya anda menggunakan sabun yang mengandung salicylic acid, beta-hydroxy acid, glycolic acid atau benzoyl peroxide.

  1. Pelembab

Apabila anda memiliki minyak berlebih anda tetap harus menggunakan pelembab wajah, kerena seiring bertambahnya usia maka akan timbul garis-garis halus pada wajah yang mana fungsi pelembab mencegah penuaan dini. Sedangkan untuk menghindari kulit berminyak berlebih disarankan untuk menggunakan pelembap yang ringan dan oil-free.

  1. Kertas Minyak

Penggunaan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih pada wajah sangat membantu dalam mengatasi kulit berminyak. Kertas minyak membantu mengurangi kadar minyak namun tidak membuat kulit kering. Cara menggunakannya pun mudah cukup dengan menekan pada bagian wajah yang berminyak dan hindari mengosoknya untuk menjegah iritasi pada kulit.

  1. Tabir surya

Tabir surya sangat diperlukan bagi anda yang sering keluar dan sering terpapar sinar matahari yang dapat membantu kulit anda dari sinar yang berlebih dan mencegah kusam. Dengan menggunakan tabir surya maka terlihat fresh dan membuat anda nyaman dengan wajah yang bersih. Untuk menghindari bertambahnya minyak berlebih pada wajah anda, anda dapat menggunakan tabir surya yang berbentuk gel dan berlabel oil free.

Ketika anda memiliki kulit berminyak yang tidak dilakukan perawatan wajah dengan baik, anda memiliki potensi terhadap jerawat. Sehingga anda perlu melakukan beberapa hal yang untuk mencegahnya antar lain dengan makanan yang banyak mengandung minyak, jangan memakan kulit terutama kulit bebek sebab kandungan pada kulit tersebut banyak mengandung minyak.

Selalu melakukan perawatan wajah baik dengan masker, menjaga kulit wajah tetap bersih, anda akan terkena jerawat apabila kulit wajah anda kotor sehingga anda harus tetap menjaga kebersihan wajah anda. Baca juga Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Berjerawat

 

No Responses

Write a response