Memanfaatkan Coklat Untuk Perawatan Wajah

Taukah anda bahwa coklat dapat dimanfaatkan untuk perawatan wajah? coklat tidak hanya nikmat untuk dimakan namun juga memiliki khasiat untuk perawatan pada wajah. Coklat itu sendiri merupakan hasil olahan dari biji pohon Theobroma cacao.

Coklat dapat disajikan atau dibuat dengan bentuk cairan, pasta, bubuk atau batangan dan dapat digunakan sebagai bahan baku makanan manis lainnya. Pada era modern saat ini coklat tidak hanya dimanfaatkan untuk kuliner saja namun sudah merambah ke dunia kecantikan dengan menggunakan coklat untuk perawatan wajah. Baca juga Mengatasi Kulit Berminyak Pada Wajah Tanpa Membuat Kulit Kering

manfaat coklat

Kandungan dan Manfaat Coklat untuk Perawatan Wajah

Kandungan pada coklat terdapat nutrisi penting yang bermanfaat untuk tubuh, dalam 100 gram coklat terdapat karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B9, B12, kolin dan vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium dan zinc.

Coklat juga kaya akan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga kulit akan terlihat muda, wajah menjadi halus dan garis – garis kecil pada wajah dapat diminimalisir, dan mencegah penuaan dini.

Ada anggapan bahwa coklat penyebab dari timbulnya jerawat, nyatanya sampai saat ini tidak adanya bukti yang memperkuat dari isu tersebut, belum ada penelitian yang mengidentifikasi adanya senyawa, bahan atau bahan kimia alami pada coklat yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

Manfaat yang didapat dari coklat diantaranya :

  • Scrub

Scrup memiliki fungsi untuk membersihkan dan pencerahan kulit dan mengganti kulit mati, untuk mengaplikasi scrup pada wajah cukup dengan mengoleskannya pada wajah sampai leher hingga merata, kemudian tunggu hingga agak kering kemudian bilas dengan menggunakan air bersih

  • Pencerah kulit 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pencerahan kulit wajah anda, anda dapat menggunakan masker coklat secara rutin dan kandungan pada coklat membantu kulit anda dari flek pada wajah anda, sehingga wajah anda tampak lebih cerah dan sehat.

  • Detoksifikasi kulit 

Coklat bubuk yang dicampur dengan kopi akan menjadi produk kecantikan yang sempurna untuk detoksifikasi kulit. Anda dapat melakukan pemijatan secara halus untuk memperlembut kulit wajah anda dan agar tidak kaku, kandungan pada coklat dan kafein pada kopi membantu dalam mengatasi minyak berlebih pada wajah.

Menggunaan Coklat Sebagai Masker Wajah 

Masker coklat

Untuk menggunakan masker coklat untuk perawatan wajah anda dapat membuatnya sendiri tanpa harus pergi ke salon untuk perawatan, selain itu biaya untuk membuat masker tidaklah terlalu mahal dan anda dapat menghemat pengeluaran anda, selain hasil yang didapat memuaskan juga anda menghemat waktu anda tanpa pergi ke salon. Anda dapat membuat masker coklat dengan cara sebagai berikut :

Bahan yang harus anda siapkan untuk membuat masker coklat

  • 4 sdm biji kopi
  • 4 sdm coklat bubuk tanpa campuran
  • 8 sdm susu cair putih
  • 2 sdm madu

Untuk membuat masker coklat dengan cara sebagai berikut :

  • Haluskan biji kopi dan campur dengan coklat bubuk aduk hingga merata.
  • Tambahkan susu dan madu kedalam adonan masker hingga merata
  • Oleskan masker yang telah anda buat pada wajah dan leher anda, tunggu hingga kering kemudian bilas dengan menggunakan handuk hangat.

Coklat dapat digunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, namun apabila anda merasakan ada berubahan yang tidak wajar, seperti kemerahan, gatal atau menunjukkan gejala – gejala seperti alergi hentikan penggunaannya dan konsultasikan kondisi kulit anda untuk mendapatkan rekomendasi untuk perawatan wajah yang tepat untuk anda. menggunakan masker coklat sangat minim terhadap efek samping. Baca Juga Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

No Responses

Write a response