Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan

Saat ini banyak orang mengkonsumsi teh dan sudah mengetahui manfaat teh hitam. Banyak cara yang dilakukan untuk mengkonsumsi teh di antaranya disajikan pada saat panas ataupun dingin tergantung dari selera penikmatnya.

Teh memiliki beragam jenis, termasuk teh hitam yang sudah mulai banyak di konsumsi terutama para penikmat teh yang sudah merasakan manfaat yang di berikan dari teh hitam. Teh hitam itu sendiri berasal dari jenis camellia sinensis. Untuk dapat menjadi teh hitam, daun teh akan dibiarkan menjadi berwarna cokelat melalui proses oksidasi sempurna sehingga akan menghasilkan rasa dan warna yang khas dan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat teh.

Manfaat Teh Hitam Pada Tubuh

Ada banyak manfaat teh hitam yang didapat dari kandungan teh tersebut diantaranya :

  • Dapat meningkatkan kemampuan otak baik itu saat belajar, mengingat, serta memproses informasi
  • Dapat meringankan tekanan darah rendah setelah makan sebab kandungan dalam teh dapat membantu dalam menstabilkan tekanan darah
  • Mencegah pembentukan batu ginjal
  • Mencegah berbagai penyakit seperti jantung, termasuk menghindari penyempitan pembuluh arteri aterosklerosis
  • Mencegah penyakit parkinson. Baca juga 11 gejala penyakit parkinson pada usia lanjut
  • dan menekan resiko kanker ovarium

Bagi anda yang belum mengetahui kandungan dalam teh hitam untuk kesehatan tubuh, maka mulai dari sekarang anda harus mencoba untuk menikmati teh hitam sebab kandungan pada teh hitam sangat bermanfaat bagi tubuh sebab kandungan pada teh hitam yakni polifenol sebagai antioksidan yang dapat membantu sel tubuh dari kerusakan. Polifenol dan kandungan katekin dalam teh dapat membantu untuk mencegah kanker. Baca juga Manfaat teh basi untuk wajah

Cara tepat untuk mengkonsumsi teh hitam

Untuk mendapatkan manfaat teh hitam secara maksimal maka untuk penyajiannya harus pas dan sesuai komposisi sehingga khasiat yang didapat dapat bermanfaat untuk kesehatan. Bagi anda yang suka dengan teh terutama bagi anda yang sedang ingin mencoba teh hitam ada baiknya anda mengetahui komposisi yang tepat untuk mengkonsumsinya sehingga manfaat yang di dapat dari teh hitam dapat diperoleh dan tidak berakibat buruk pada kesehatan apabila di konsumsi secara berlebihan.

Perlu di ketahui bahwa takaran konsumsi teh hitam berhubungan dengan kandungan kafein didalamnya. Satu cangkir dengan takaran 230 ml teh mengandung 14 – 70 mg kafein. Harus diperhatikan jumlah takaran perharinya agar tidak menganggu kesehatan akibat efek kafein yang di timbulkan seperti gelisah, sulit tidur, sering merasakan gugup, sakit kepala, mual, bernapas dengan cepat, datak jantung yang tidak teratur, frekuensi buang air meningkat hingga tremor.

Anda juga harus berhati – hati ketika mengkonsumsi teh dan obat – obatan dalam waktu yang bersamaan sebab kandungan pada teh berupa kafein dapat menahan kafein lebih lama pada tubuh sehingga menyebabkan terganggunya fungsi obat yang anda konsumsi.

Ada baiknya antara mengkonsumsi teh dengan obat minimal 3 jam sehingga obat yang anda minum dapat bekerja secara sempurna, dan tidak terjadi efek samping yang ditimbulkan oleh keduanya.

Penyajian Teh hitam

 

Penyajian teh hitam yang tepat

Untuk menyajikan teh hitam dengan baik maka anda untuk membuatnya diperlukan 2,25 gram dari teh hitam dan setelah itu campurkan dengan 180 ml air. Dalam penyajian teh hitam sebaiknya anda menggunakan air yang mendidih agar supaya citarasa teh hitam akan semakin maksimal dan merata.

Waktu yang dibutuhkan untuk penyeduhan teh hitam berkisar 4 – 5 menit sampai benar – benar rata atau sudah terlihat hitam pekat, setelah teh sudah merata maka selanjutnya disaring untuk memisahkan ampas dengan air teh. Anda dapat mengkombinasikan dengan menggunakan perasan lemon ataupun madu untuk meningkatkan cita rasa sehingga terasa lebih nikmat. Baca juga manfaat benalu teh bagi tubuh.

No Responses

Write a response