Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Taukah anda bahwa teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan dan terdapat kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu tubuh anda menjadi lebih sehat? Dalam artikel ini akan dijelaskan manfaat teh hijau untuk kesehatan.

Umumnya teh hijau disajikan dalam keadaan panas namun dapat pula disajikan dalam keadaan dingin dengan ditambah madu, atau disajikan teh tubruk tanpa gula, sesuai dengan selera yang diinginkan penikmatnya. Baca juga Manfaat teh basi untuk wajah

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Kandungan Teh Hijau

Manfaat teh hijau diperoleh dari kandungan antioksidan yang tinggi, dimana antioksidan itu sendiri berfungsi untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak bahkan membunuh sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan penuaan dini, kanker dan penyakit yang lainnya. Teh hijau mengandung vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium dan kafein yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat dari mengkonsumsi teh hijau untuk kesehatan

Bagi anda yang senang atau penikmat teh hijau dan mengkonsumsi  secara teratur namun dalam porsi yang normal, maka anda perlu mengetahui manfaat teh hijau bagi kesehatan anda diantaranya :

Menurunkan kolesterol dan resiko terhadap serangan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pada kandungan teh hijau bermanfaat dalam menurunkan kadar keloesterol jahat dan meningkatkan kadar keleterol baik sehingga dampak yang ditimbulkan dapat mengurangi jumlah penderita kolesterol tinggi. Baca juga Gejala Kelesterol Dapat Diketahui Secara Dini

Selain itu dari beberapa penelitian menyimpulkan bahwa antioksian pada teh hijau memiliki kemungkinan efektif untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Mencegah diabetes 

Teh hijau telah dijadikan pengontrol tingkat gula darah sejak lama, untuk penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi teh hijau untuk mengurangi gejala dari diabetes itu sendiri, teh hijau dapat memperlambat perkembangan diabetes tipe 1. Baca juga Penyakit gula basah dan cara mengobatinya

Menurunkan Berat Badan

Teh hijau juga bermanfaat dalam penurunan berat badan dimana teh hijau dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Beberapa peneliti menyatakan bahwa katekin yang terdapat pada kandungan teh hijau mempunyai peran penting dalam efek pembakaran lemak. Menurunkan berat badan selain dengan mengkonsumsi teh hijau juga harus diimbangi dengan melakukan tahapan seperti menjaga pola makan dan olahraga teratur.

Menstabilkan tekanan darah

Bagi anda yang memiliki tekanan rendah sangat baik untuk mengkonsumsi teh hijau karena teh hijau membantu mestabilkan tekanan darah. Teh hijau juga baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sudah lanjut usia, sebab teh hijau dapat membantu melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah untuk terserang penyakit.

Melindungi hati

Teh hijau ditengarai dapat membantu melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh senyawa beracun yang masuk di dalam tubuh akibat mengkonsumsi minuman alkohol. Sementara itu penelitian dengan bahan uji berupa tikus menunjukan bahwa teh hijau mampu melawan tumor hati.

Kandungan katekin pada teh hijau mampu membantu penyembuhan penyakit hepatitis yang diakibatkan oleh virus. Namun kadar katekin yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan terhadap penyakit hepatitis sangat banyak, sehingga harus diimbangi dengan pengobatan untuk penyakit hepatitis untuk proses penyembuhan yang lebih optimal.

Beberapa hal yang harus diperhatikan terutama bagi anda baik yang suka mengkonsumsi teh hijau atau sama sekali tidak mengkonsumsinya semua usaha baik untuk pencegahan penyakit, pengobatan akan menjadi sia-sia apabila anda memiliki pola hidup yang tidak sehat.

Oleh karenanya jangan mengantungkan kesehatan sepenuhnya pada satu jenis makanan saja, melainkan juga tetap memperhatikan pola makan, rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan selalu rutin untuk cek kesehatan minimal 6 bulan sekali. Cek kesehatan ini berguna untuk mengetahui atau mencegah penyakit secara dini, sehingga segera dapat mengambil tindakan untuk proses penyembuhan.

1

No Responses

Write a response