Manfaat Cengkeh Untuk Meredakan Sakit Pada Gigi

Cengkeh dapat di manfaatkan untuk mengatasi masalah sakit pada gigi, umumnya cengkeh yang di manfaatkan untuk meredakan sakit gigi dalam bentuk minyak, untuk menggunakannya sendiri cukup dengan menempatkan/mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi. Hasilnya sangat luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

Cengkeh itu sendiri merupakan salah satu dari rempah – rempah asli dari indonesia yang tentunya sangat mudah di dapat di pasaran, terdapat kandungan bahan aktif eugenol untuk pereda rasa sakit pada gigi sehingga sangat tepat untuk mengatasi masalah pada gigi.

Manfaat Cengkeh Untuk Meredakan Sakit Pada Gigi

Cengkeh dapat di manfaatkan untuk meredakan rasa sakit pada gigi 

Umumnya cengkeh di manfaatkan untuk meredakan rasa sakit ketika sedang menjalani perawatan, selain itu juga di gunakan ketika ada komplikasi pada pencabutan gigi yang biasa disebut dengan dry socket, yang penggunaannya dapat di oleskan pada bagian gigi yang sakit, yang penggunaannya bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi.

Pada dasarnya gigi yang mengalami kerusakan dan menimbulkan rasa sakit di sebabkan karena adanya sisa – sisa makanan yang tertinggal pada sela – sela gigi yang menyebabkan munculnya bakteri yang selanjutnya akan terbentuk plak yang menempel pada gigi. di dalam plak bakteri menghasilkan asam yang menyebabkan lapisan enamel gigi rusak sehingga dapat membentuk lubang. gigi yang mengalami kerusakan inilah yang akan terasa sakit, tanda – tanda yang dapat Anda kenali bila gigi Anda mengalami kerusakan yakni, apabila Anda mengkonsumsi makanan yang manis, bersuhu sangat tinggi atau rendah Anda akan merasakan rasa ngilu pada gigi Anda.

Penanganan sementara untuk mengatasi rasa sakit pada gigi Anda.

Anda dapat melakukan beberapa hal dalam menangani rasa sakit pada gigi, walaupun penanganannya hanya sementara, setidaknya Anda mengurangi rasa sakit pada gigi Anda. adapun cara yang dapat Anda lakukan yakni :

  • Berkumur dengan menggunakan air hangat
  • Membersihkan gigi tidak cukup dengan menggosok gigi, tetapi juga gunakan dental floss yang bertujuan agar sisa -sisa makanan yang ada di antara gigi dapat di bersihkan dan tidak meninggalkan sisa – sisa makanan penyebab gigi berlubang.
  • Minumlah obat penghilang rasa sakit dengan menggunakan aspirin, namun jangan sekali – kali Anda membubuhkannya langsung pada gigi sebab akan membakar jaringan gusi. selain itu jangan memberikan aspirin pada anak di bawah usia 16 tahun.
  • Anda dapat menggunakan obat antiseptik yang mengandung benzocain yang dapat Anda oleskan langsung pada gusidan gigi Anda, namun penggunaannya jangan terlalu berlebihan, gunakan obat antiseptik secukupnya saja.

Meskipun Anda menggunakan berbagai jenis cara dalam mengatasi masalah gigi dan memanfaatkan cengkeh untuk pengobatan, Anda tetap dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter gigi Anda.

Bagaimana dengan efek samping manfaat cengkeh gigi?

Dalam penggunaan yang wajar, cengkeh kemungkinan aman di gunakan dengan cara di konsumsi, meski begitu keamanannya belum di ketahui pasti apabila di konsumsi dalam jumlah yang banyak. penggunan minyak cengkeh yang berlebihan dan terus menurus atau terlalu sering justru berisiko merusak gigi dan gusi Anda, ada baiknya gunakan seperlunya dan secukupnya saja, untuk menghindari resiko yang mungkin dapat muncul.

Dalam penggunaan bahan obat – obatan tentunya terdapat berbagai resiko yang mungkin dapat terjadi, ada baiknya untuk Anda untuk berkonsultasi ke dokter gigi.

Adapun Anda dapat mencegah terjadinya kerusakan pada gigi 

Anda dapat mencegah terjadinya kerusakan pada gigi Anda dengan berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan sehari – hari

  • Rutin untuk membersihkan gigi minimal pagi dan malam tujuannya untuk mencegah tumbuhnya kuman pada gigi.
  • Biasakan untuk membersihkan mulut dan lidah Anda, sebab setiap hari makanan selalu masuk ke dalam mulut apabila tidak dibersihkan kuman akan tumbuh lebih cepat. dengan menggosok gigi saja tidak cukup dalam membersihkan gigi Anda .
  • Kurangi makanan yang terlalu manis, seperti kue, agar -agar dll
  • Jangan terlalu sering mengkonsumsi permen selain membuat gigi Anda rusak juga dapat membuat gigi Anda menjadi kuning. Baca Juga Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi 

No Responses

Write a response