Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Setelah membaca sebuah artikel mengenai rekomendasi The American Pregnancy Association, Saya tertarik untuk mengulas manfaat buah semangka untuk ibu hamil. Pada artikel tersebut dikatakan bahwa saat hamil, seseorang membutuhkan tiga porsi buah segar setiap harinya. Satu dari ketiga buah tersebut anda bisa mengambil irisan semangka segar untuk mencukupi kebutuhan tiga porsi tersebut.

Pada masa kehamilan, nutrisi makanan selalu menjadi perbincangan hangat. Jika anda baru pertama kalinya merasakan hamil, anda akan mengetahui bahwa lingkungan sekitar anda akan selalu memberikan do and don’ts yang kadang malah membuat anda bingung. Berbicara mengenai semangka, ada beberapa kalangan yang menganggap bahwa semangka itu kurang memiliki nutrisi bila dibandingkan dengan buah lainnya. Namun anggapan tersebut tidaklah benar dan hanya asumsi belaka. Buah semangka adalah buah yang mengandung banyak mineral.

Ketika Anda sedang hamil, tubuh Anda membutuhkan nutrisi ekstra untuk merawat bayi anda. Memakan semangka saat Anda sedang hamil dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mencegah dehidrasi  pada tubuh anda, selain itu juga untuk mengurangi beberapa efek samping yang tidak nyaman pada saat kehamilan.

Inilah Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

watermellonpreggers

Manfaat Buah Semangka Dinilai dari Kandungan Gizi

Beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil yakni terdapat pada kandungan vitamin A dan C serta potassium. Anda juga akan mendapatkan vitamin B6 dan magnesium dengan makan semangka segar. Semua nutrisi ini sangat penting selama kehamilan. Semangka juga mengandung lycopene, antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi sensitivitas kulit Anda terhadap sinar matahari. Dianjurkan untuk anda yang sedang hamil sebaiknya makan tiga porsi buah segar per hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda pada saat sedang hamil.

Baca Juga Artikel 10 manfaat buah rambutan 

Membantu ibu hamil untuk mengatasi permasalahan pada masa hamil

Makan buah semangka dapat membantu meringankan sakit maag yang mungkin Anda alami selama kehamilan. Tingginya tingkat air dan vitamin dalam buah semangka juga membantu menjaga tubuh Anda dari dehidrasi, dan mencegah kelelahan pada saat kehamilan dan membantu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh anda. Memakan semangka dapat membantu meringankan perasaan mual dan morning sickness. Kalium dan magnesium dalam semangka segar bisa meringankan kram otot, yang sering lazim terjadi pada wanita hamil.

Pencegahan Preeklamsia

Sebuah studi oleh “International Journal of Gynecology dan Obstetri” menemukan bahwa dengan mengkonsumsi makanan tinggi lycopene, seperti buah semangka, dapat mengurangi risiko peningkatan preeklamsia saat hamil. Preeklamsia adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil dan kelebihan kadar protein dalam urine (proteinuria). Namun, tekanan darah tinggi (biasanya di atas 130/90, normalnya 120/80) baru disebut preeklamsia bila usia kehamilan sudah menginjak 20 minggu ke atas. Mendapatkan banyak lycopene saat hamil juga dapat mengurangi risiko bayi yang menderita retardasi pertumbuhan intrauterin.

Manfaat dari kandungan buah semangka  dan efek samping apabila dikonsumsi berlebihan

Ada banyak manfaat dalam mengkonsumsi semangka selama kehamilan dan beberapa efek samping ketika mengkonsumsi semangka secara berlebihan.

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Ibu Hamil

  1. Meringankan nyeri pada Jantung

Manfaat buah Semangka untuk ibu hamil yakni dapat menenangkan  perut dan saluran pencernaan. Wanita hamil dapat terserang berbagai masalah pencernaan seperti keasaman dan nyeri pada jantung. Dalam mengkonsumsi semangka dalam dosis yang sesuai dapat memberikan kenyamanan pada jantung dan saluran pencernaan pada ibu hamil.

  1. Mengurangi Pembengkakan

Edema, atau  pembengkakan pada kaki dan tangan  sangat umum terjadi selama kehamilan. Buah semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi. membentu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot dan dapat mencegah edema.

  1. Meredakan Morning Sickness

Buah Semangka dikonsumsi pada pagi hari sangat membantu dalam penyegaran karena di dalam semangka terdapat kandungan air yang cukup banyak sehingga dapat mengobati dehidrasi. Di dalam semangka mengandung banyak gizi dan energi yang mencegah terjadinya morning sicknees. Dengan segelas jus semangka pada pagi hari untuk wanita hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi pada pertumbuhan buah hati.

  1. Mencegah Dehidrasi

Semua wanita hamil disarankan untuk minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi prematur dan menyebabkan kelahiran prematur. Semangka mengandung lebih dari 90% air dengan mengkonsumsi buah semangka merupakan salah satu cara yang bagus untuk mencegah dehidrasi pada wanita hamil sehingga sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

  1. Mengurangi Kram Otot

Selama kehamilan, tubuh wanita yang sedang hamil mulai mengalami perubahan bentuk badan. mulai berat badan yang semakin naik dan hormon yang semakin meningkat menyebabkan otot-otot dan tulang terasa sakit dan susah untuk bergerak. Mengkonsumsi semangka dengan dosis yang tepat membantu tubuh mengatasi masalah tersebut dengan perubahan yang cukup siknifikasn dan meringankan kram otot, sehingga tubuh dapat lebih mudah untuk digerakkan.

  1. Mencegah Pigmentasi

Banyak ibu hamil menderita kulit berpigmen. Masalah menjengkelkan ini dapat diambil suka cita saat  kehamilan. Buah Semangka menjaga pergerakan usus halus dan kemudahan pencernaan makanan. Hal ini pada gilirannya mempengaruhi tekstur kulit untuk selamanya. Pigmentasi kulit di berbagai bagian tubuh dapat diminimalkan dengan pembersihan secara rutin pada tubuh. Jadi makan semangka sangat membantu dalam menghaluskan kulit dan mencegah Pigmentasi pada saat hamil.

Beberapa Efek Samping dari Konsumsi Buah Semnagka yang Berlebihan

semangka-baik-untuk-ibu-hami-1024x1024

1. Tinggi akan kandungan glukosa

Mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan dapat menyebabkan tingkat gula darah meingkat dan pada akhirnya bisa memicu untuk menderita diabetes gestasional. Apabila anda memiliki riwayat penyakit gula darah, sebaiknya anda mengkonsumsi buah semangka dalam jumlah yang wajar saja.

2. Konsumsi buah dengan seimbang dengan dosis yang tidak berlebihan

Buah semangka sangat baik bagi semua organ dalam tubuh dan membuat tubuh dalam kondisi sehat, tetapi tubuh membutuhkan nutrisi lain juga. Memanfaatkan buah semangka untuk nutrisi bagi tubuh sangat penting akan tetapi juga harus memperhatikan untuk kandungan protein yang ada buah yang lain.

Hindari mengkonsumsi buah semangka yang berlebih dan tetap mengkonsumsi buah-buahan secara seimbang agar vitamin dan nutrisi yang diperlukan di dalam tubuh dapat terpenuhi.

3. Penyebab Masalah Lambung

Jangan mengkonsumsi buah semangka yang sudah terlalu lama di buka/di belah karena dapat menyebabkan masalah pada pencernaan dan menyebabkan mual dan muntah. Akan lebih baik jika dimakan semangka yang baru dipotong.

Untuk menjaga kesegaran pada buah semangka lebih baik di simpan pada lemari pendingin dan hindari penyimpanan buah semangka yang terlalu lama karena akan berdampak buruk pada tubuh terutama pada wanita hamil. Baca Juga Artikel Jenis dan Ciri-Ciri Penyakit Lambung

Cara Mudah Untuk Mencegah Mual Dengan Buah Semangka

Salah satu manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang mengagumkan adalah kemampuannya yang dapat mengurangi rasa sakit pada masa kehamilan. Beberapa wanita hamil mengatakan bahwa buah semangka dapat mencegah morning sickness, dengan mengkonsumsi segelas jus semangka segar atau semangka es pop dapat mencegah morning sickness, kandungan yang terdapat pada buah semangka membuat perut anda lebih nyaman dan tidak kembung, dan mencegah mual yang berlebih pada wanita hamil.

Demikian pembahasan mengenai manfaat buah semangka untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca terlebih untuk calon ibu yang saat ini sedang mengandung seorang bayi. Semoga dilancarkan segala urusannya dan diberikan kesehatan baik untuk ibu maupun kandungannya.

1

No Responses

Write a response