Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Selamat atas kehamilan anda…Saya yakin saat anda membaca artikel manfaat buah mangga untuk ibu hamil ini, kemungkinan besar anda sedang hamil, atau istrinya sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Semua perlu disyukuri dan persiapkan untuk menjalani beberapa bulan kedepan dengan matang agar kandungan anda akan selalu sehat dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Pasa masa kehamilan akan ada masa-masa anda ingin memakan sesuatu atau yang biasa disebut dengan ngidam. Ngidam mangga muda adalah salahsatu yang sering terjadi bahkan menjadi most thing that should you eat when you ngidam, hehehe. Saat lagi musim mangga, tentu saja akan susah sekali untuk menolak godaan untuk makan ngidam, seringnya sih punya dikaitkan dengan mitos kalau ngidamnya tidak dituruti kelak anaknya suka ngeces. Hmm saya sendiri tidak tahu akan kebenaran hal itu karena seringkali suami akan berusaha sekuat tenaga agar memenuhi keinginan istrinya.

buah mangga untuk ibu hamil

 

Alasan Seorang Ibu Hamil Harus Ngidam Buah Mangga

Percaya atau tidak percaya biasanya ada banyak orang yang selalu menjadi orang yang sok tahu akan apa ang harus dan atau apa yang tidak harus dikonsumsi oleh ibu hamil, ya istilahnya do and don’ts -nya orang ngidam. Biasanya oma-oma tu yang sering mandadak menjadi konsultan kesehatan yang sering menasehati anda. Okay tanpa mengurangi rasa hormat kita terhadap oma-oma kita, tapi ketika beliau-beliau ini mengatakan bahwa lebih baik menjauhi mangga saat sedang hamil. Anda bisa mengatakan sebuah kebenaran kepada oma anda setelah membaca artikel ini. Ya begitu banyaknya manfaat buah mangga untuk ibu hamil menjadi salah satu alasan kenapa seorang ibu hamil harus ngidam buah mangga. Berikut ini beberapa nutrisi yang bisa ibu hamil dapatkan dalam buah mangga:

  • Mangga Menjadi sumber vitamin A yang sangat baik
  • Mangga mengandung flavonoid seperti alpha dan beta karoten serta beta cryptoxanthin
  • Mangga memiliki serat prebiotik yang cukup banyak
  • Mangga menjadi antioksidan yang ampuh karena kandungan Vitamin C nya yang banyak
  • Mangga mengandung nutrisi yang baik seperti folat, tembaga dan kalium
  • Mangga menjadi sumber mineral dalam tubuh anda

Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Bila anda belum yakin dengan beberapa kelebihan buah mangga yang telah saya sebutkan pada poin-poin diatas, saya masih memiliki penjelasan mengapa seorang ibu harus / diwajibkan ngidam buah mangga. Rasa manis tentu saja menjadi kelebihan yang dimiliki oleh buah mangga. Harga buah mangga sendiri bisa dibilang sangat terjangkau bahkan jika punya suami yang suka tanam-menanam maka anda akan memiliki pohon mangga sendiri di rumah, tentu saja anda tidak perlu memanjat saat sedang hamil, biarkan orang lain yang melakukannya. Berikut ini manfaat buah mangga untuk ibu hamil yang bisa anda dapatkan :

  1. Vitamin A

Vitamin A adalah bagian penting untuk kesehatan mata anda. Kabar baiknya kandungan vitamin A juga terdapat pada buah mangga. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak kandungan vitamin A yang ada pada wortel, namun anda juga bisa mengakomodir kekurangan vitamin A dengan mengkonsumsi mangga saat sedang hamil.

Pada masa kehamilan vitamin A berperan penting dalam pertumbuhan embrio janin. Vitamin A pada mangga juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan sebagai pencegah berbagai penyakit.

Baca Juga : Manfaat wortel untuk wajah

  1. Vitamin C

Kandungan vitamin C juga menjadi salah satu manfaat buah mangga untuk ibu hamil. Pada masa-masa kehamilan anda akan membutuhkan banyak asupan vitamin C agar pertumbuhan janin berjalan dengan baik. Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang pas untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena sifatnya yang praktis dan mudah didapat. Antioksidan ini berperan dalam pengembangan resistensi terhadap zat berbahaya yang bisa memicu peyakit kanker atau gangguan kehamilan.

Vitamin C juga berperan aktif dalam pembentukan kolagen, penyembuhan luka dan penyerapan zat besi yang baik. Vitamin C juga berperan untuk perkembangan otak janin, yaitu mendukung fungsi kognitif dan neurologis.

  1. Vitamin B6

Vitami B6 adalah bagian penting yang sangat bagus dalam perkembangan fungsi saraf baik untuk ibunya atau janin yang dikandung pada masa-masa kehamilan. Manfaat buah mangga untuk ibu hamil yang berkaitan dengan vitamin B6 adalah membantu seorang ibu hamil dari gangguan morning sickness, yaitu gangguan yang sering terjadi pada ibu hamil dengan kondisi sangat sakit pada bagian perut disertai dengan mual.

Kandungan vitamin B6 yang ada pada buah mangga juga baik untuk perkembangan otak pada bayi karena membantu pembentukan sel darah merah dan neurotransmitter.

  1. Serat

Gangguan pencernaan adalah salah satu penyakit yang sering terjadi pada masa-masa kehamilan. Banyak sekali kejadian ibu hamil mengalami sembelit di trisemester pertama. Sembelit biasanya disebabkan karena kurangnya asupan serat didalam tubuh.

Kabar baiknya anda bisa mendapatkan asupan serat dari buah mangga dan serat tersebut bisa membuat anda merasa lebih kenyang sehingga cocok untuk dikonsumsi pada masa kehamilan.

Baca Juga : Jenis dan ciri-ciri penyakit lambung

  1. Kalium

Saat masa kehamilan volume darah seorang ibu hamil cenderung akan meingkat sehingga memerlukan asupan mineral yang lebih banyak dari yang biasanya untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Kalium merupakan salah satu nutrisi yang ada pada buah mangga yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit.

Hal ini berfungsi untuk mengirimkan impuls saraf dan mempertahankan kontraksi otot. Mengurangi resiko kram pada masa kehamilan merupakan manfaat buah mangga untuk ibu hamil yang paling nyata dari kandungan kalium ini.

  1. Folat

Folat menjadi bagian penting dalam buah mangga pada masa-masa kehamilan. Asupan folat yang cukup selalu menjadi saran dokter yang utama kepada seorang ibu hamil. Kekurangan folat bisa menyebabkan kelahiran dengan cacat otak maupun gangguan pada sumsum tulang belakang pada bayi.

Untuk mengurangi resiko tersebut seorang ibu hamil sangat disarankan untuk mencukupi asupan folat tiap hari, misalnya dengan mengkonsumsi buah mangga. Kandungan folat pada buah mangga membantu tubuh untuk pembentukan sel darah merah dan DNA yang pada akhirnya akan mengurangi resiko cacat lahir.

mangga untuk ibu yang sedang hamil

 

 

Apakah Mengkonsumsi Buah Mangga Aman Selama Kehamilan?

Terkadang pada masa-masa kehamilan, seorang ibu hamil akan banyak mendengarkan nasihat dari lingkungan sekitar. Menariknya ada beberapa kalangan yang mempercayai bahwa sebaiknya menghindari mangga pada saat hamil, benarkah itu? Jawabannya bisa iya maupun tidak.

Pada kondisi normal seorang ibu disarankan untuk mengkonsumsi buah mangga dengan melihat beberapa manfaat buah mangga untuk ibu hamil yang telah dibahas sebelumnya. Alasan tambahan mengapa buanh mangga aman untuk dikonsumsi saat masa kehamilan :

  • Vitamin dan Mineral yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya
  • Gula alami ada pada mangga, sehingga lebih baik dari pada mengkonsumsi gula sintesis

Selama jumlah konsumsi pada batas wajar, buah mangga adalah buah yang baik untuk ibu hamil. Anda hanya perlu melakukan moderasi sesuai dengan kondisi tubuh anda, mangga merupakan buah yang aman untuk dikonsumsi pada masa kehamilan namun dengan catatan ibu hamil tersebut tidak mengalami diabetes gestasional.

Kandungan gula yang tinggi pada buah mangga menjadi salah satu faktor mengapa ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional untuk tidak mengkonsumsi buah mangga. Apabila masih ada keraguan mengenai hal ini, anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter kandungan untuk memastikan bahwa kondisi anda merupakan yang disarankan untuk mengkonsumsi buah mangga atau yang disarankan untuk menghindari buah mangga. Bagaimanapun juga kehamilan adalah anugerah bagi setiap pasangan suami istri sehingga proses pencegahan seperti ini sangat diperlukan untuk selalu menjaga kondisi kehamilan.

Tips Memilih Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Untuk mendapatkan manfaat buah mangga untuk ibu hamil dengan sempurna, anda perlu selektif dalam memilih buah mangga yang anda beli. Jangan pernah sekalipun anda memilih buah mangga yang matang karena bantuan zat kimia. Zat kimia yang paling umum digunakan untuk “mematangkan” buah mangga adalah kalsium karbida. Perlu anda ketahui bahwa zat kimia ini merupakan bahan kimia yang dilarang oleh otoritas di India dan Standar Keselamatan Act pada tahun 2006 serta oleh Keamanan Pangan dan Standar Peraturan pada tahun 2011.

Buah matang dengan bantuan kalsium karbida ini malah bisa menjadi racun bagi ibu hamil dan janinnya karena kandungan arsenik. Berikut ini efek samping yang bisa timbul akibat mengkonsumi buah mangga yang dimatangkan dengan kalsium karbida :

  • Gangguan perut
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Mengantuk
  • Kebingungan
  • Gangguan suasana hati
  • Sariawan
  • Kejang
  • Kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki

Bagaimana Mengenali Buah Mangga yang Matang dengan Zat Kimia ?
Secara fisik sebenarnya buah mangga yang matang karena zat kimia bisa dikenali. Ini sangat membantu anda agar tidak kehilangan manfaat buah mangga untuk ibu hamil, ini dia ciri-cirinya:

  • Baunya seperti bau bawang putih
  • Terlihat matang diluar, namun buahnya agak keras dan mentah didalam
  • Buahnya terasa hambar dan rasanya agak aneh
  • Seperti memiliki lapisan tepung berwarna keabu-abuan agak putih atau bahkan hitam
  • Memiliki umur simpan yang pendek

Bagaimana Jika Salah membeli Buah yang Matang karena Zat Kimia ?

Jika anda tidak yakin apakah buah yang anda beli tersebut merupakan buah yang matang karena zat kimia maka anda bisa melakukan langkah pencegahan sederhana yang mengurangi resiko paparan racun dari buah tersebut.

  1. Cuci Tangan

Biasakan untuk mencuci tangan sebelum mengeksekusi buah dan setelahnya, anda juga sangat disarankan untuk menggunakan peralatan yang bersih ketika akan mengupas buah mangga. Gunakan air sabun atau air hangat bila perlu untuk membersihkan wadahnya.

  1. Cuci Buah

Langkah pertama yang bisa anda lakukan andalah mencuci buah mangga tersebut agar bahan kimia residunya ikut hilang bersama aliran air. Mencuci buah juga bisa menghilangkan kontaminasi listeria dari tanah. Mencuci buah menjadi bagian penting dari bagian pencegahan ini, selain faktor higienis, mencuci buah juga bisa menjaganya agar tidak terjadi kontaminasi silang dengan buah lain ketika disimpan di kulkas.

  1. Kupas Buah

Bijaklah ketika memakan buah mangga untuk mendapatkan manfaat buah mangga untuk ibu hamil. Usahakan jangan mengkonsumsi daging buah yang masih ada kulitnya. Setelah proses pencucuian, selalu lanjutkan dengan mengupasnya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah mangga.

 

Baca Juga : 10 manfaat buah rambutan untuk ibu hamil

Menjaga kebersihan buah menjadi bagian dari usaha kita untuk mendapatkan asupan gizi terbaik dari buah mangga. Usahakan untuk menyempatkan waktu untuk mencuci dan mengupas buah agar terhindar dari zat kimi berbahaya yang mungkin terdapat pada buah tersebut. Semoga artikel mengenai manfaat buah mangga untuk ibu hamil ini bermanfaat dan menjadi salah satu referensi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

1

No Responses

Write a response