Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Menurut hasil survey yang dikeluarkan oleh BabyCenter, seorang ibu hamil akan mendambakan / lebih menyukai sesuatu yang manis dibandingkan yang lainnya, survey tersebut menyebutkan anga 40% ibu hamil menyukai buah / makanan yang manis dan 33% mendambakan sesuatu yang asin. Nah berdasarkan survey tersebut saya ingin memberikan informasi mengenai manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, hal ini karena buah alpukat merupakan buah yang sanagt penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan rasanya cukup manis, sehingga alpukat menjadi bagian dari 40% makanan manis yang disukai oleh calon ibu.

Alpukat memiliki nama ilmiah Persea Americana, buah ini berasal dari daratan Peubla, Meksiko dan Amerika Tengah. Buah ini juga sering disebut dengan buah mentega karena bentuknya dan khasiatnya juga hampir mirip. Alpukat merupakan buah yang kaya akan asam lemak jenuh tunggal dan dikenal sebagai bahan utama pembuatan guacamole. Asam lemak jenuh tunggal dalam alpukat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Manfaat buah alpukat lainnya adalah untuk kesehatan jantung, membantu menyempurnakan otak bayi, membantu menyehatkan mata dan menjaga sistem saraf dan jaringan lemak yang ada didalam tubuh ibu dan bayi.

manfaat buah alpukat

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Apabila anda sedang mencari buah yang memiliki gizi seimbang dan tidak berbahaya untuk kehamilan anda, anda bisa mencoba untuk memperoleh asupan gizi dari buah alpukat. Sejauh ini tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa senyawa yang terkandung dalam buah alpukat berbahaya untuk kehamilan, malah situs babycenter yang fokus terhadap masalah kehamilan sangat menyarankan seorang ibu untuk mengkonsumsi buah alpukat saat masa kehamilan. Berikut ini beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang bisa menjadi referensi anda:

1. Buah Alpukat Kaya Akan Asam Folat
Alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan asam folat, bila dibandingkan dalam ukuran per ons alpukat memiliki kandungan asam folat yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah lain. Menurut para ahli medis ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap harinya, kabar baiknya anda tinggal menambahkan irisan buah alpukat untuk mencapai hal itu. Asam folat sangat penting pada masa prenatal karena kandungan yang ada dalam buah alpukat ini dapat memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru. Menurut Joseph Hersh, MD salah satu dokter anak di Universitas Louisville School of Medicine, Kentucky, Amerika Serikat menyatakan bahwa Asam folat sangat penting pada trisemester pertama kehamilan untuk membangun sistem saraf bayi termasuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang sehingga bisa menurunkan resiko cacat lahir bagi si bayi.

Asam folat juga bermnafaat untuk mencegah depresi, badan lesu, kesulitan tidur / insomnia, kekurangan darah / anemia, preeklampsia dan perubahan suasana hati yang sering terjadi pada ibu hamil. Hal ini berarti asam folat bermanfaat bagi kondisi kesehatan ibu dan perkembangan janis yang ada didalam perut ibu.

Baca juga : Manfaat buah mangga untuk ibu hamil

2. Kandungan Kalsium Yang Baik Untuk Kondisi Bayi dan Ibu
Kalsium sangat bagus untuk pembentukan tulang dan kesehatan tulang. Bagi Ibu, kalsium membantu untuk menjaga kesehatan tulang selama menyangga berat kandungan diperutnya, sedangkan untuk janin kalsium sangat penting untuk pembentukan tulang.

3. Buah Alpukat Mengandung Vitamin yang Sangat Lengkap
Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil ada di kandungan vitaminnya. Vitamin yang ada dalam buah alpukat cukup lengkap, mulai dari vitamin C, E, K, B1, B2 dan B6. Coba bayangkan hanya dengan satu buah saja anda sudah mendapatkan begitu banyak vitamin seperti itu. Apabila anda sering mengalami yang namanya Morning Sickness, anda bisa mengatasi morning sickness menggunakan buah alpukat. Kandungan vitamin B6 dipercaya ampuh dalam mengatasi morning sickness. Bagi yang belum mengetahui apa itu morning sickness, ini adalah konsisi mual yang biasanya diertai dengan muntah-muntah. Morning sickness biasanya terjadi pada trisemester pertama / awal kehamilan. Kejadian ini terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen.

4. Mencegah Anemia Pada Masa Kehamilan
Anemia merupakan salaah satu kendala yang terjadi pada masa kehamilan. Anemia biasanya terjadi karena tubuh mulai kekurangan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara yang mudah untuk mengatasi dan mencegah anemia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, contohnya Alpukat. Buah alpukat terkenal memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia pada masa kehamilan.

5. Melancarkan Pencernaan
Kadangkala orang yang hamil akan mengalami permasalahan dalam hal percernaan. Ibu hamil sering mengalami sembelit atau masalah perut lain karena kekurangan serat, nah serat merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan. Kandungan serat pada alpukat sangat mencukupi untuk mengatasi permasalahan seperti itu dan melancarkan proses pencernaan didalam usus anda.

6. Buah Alpukat Kaya Akan Mineral
Buah alpukat dikenal oleh kalangan medis mengandung banyak jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seperti fosfor, magnesium dan niacin merupakan mineral yang berfungsi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

7. Berberan dalam Pembangunan Otak Bayi
Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang sangat berarti bagi janin adalah membentuk jaringan saraf otak. Alpukat dikenal dapat membantu dalam hal perkembangan saraf untuk otak si bayi sehingga penting untuk kedepannya. Pastikan anda mengkonsumsi alpukat untuk memperoleh perkembangan sistem saraf yang baik untuk janin.

8. Kadar Kolesterol dan Gula yang Seimbang
Apabila anda bingunf untuk mendapatkan asupan gizi dari makanan yang mempunyai kadar gula dan kolesterol yang seimbang, anda bisa mencoba mengkonsumsi buah alpukat. Buah ini memiliki kandungan yang seimbang dan membantu anda menurunkan kolesterol dengan kadar gula yang tidak terlalu tinggi.

9. Mengobati Kaki Kram Saat kehamilan
Apabila anda mengalami kaki kram saat masa kehamilan, anda bisa memanfaatkan potaium yang terkandung dalam buah alpukat. Potasium merupakan zat yang dapat membantu anda untuk mengobati kaki kram.

Baca juga : Temukan 10 Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil

10. Sumber Lemak yang Seimbang dan Baik untuk Tubuh
Saat hamil, anda juga perlu menjaga kondisi berat badan anda, jangan biarkan tubuh anda menjadi kurus dan kurang gizi pada saat hamil. Tubuh anda memerlukan lemak yang seimbang untuk menajaga tubuh anda tetap fit. Buah Alpukat juga dikenal merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan. Bila anda mengkonsumsi 3,5 ons buah alpukat berarti anda akan mendapatkan setidaknya 177 kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi utama dari lemak ak jenuh adalah membangun sel membran untuk diperlukan oleh janin.

Setelah berbicara mengenai beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil diatas, terkadang ada beberapa pertanyaan klarifikasi apakah alpukat aman untuk semua ibu hamil tanpa terkecuali?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya mengacu pada pembahasan yang telah dilakukan oleh babycenter yang menyatakan bahwa tidak ada zat berbahaya yang terkandung dalam alpukat, namun anda harus berhati-hati bila memiliki alergi terhadap alpukat. Secara umum alpukat aman bagi untuk ibu hamil kecuali bagi yang memang memiliki riwayat alergi terhadap alpukat. Anda juga bisa melakukan beberapa langkah preventif untuk selalu menjaga alpukat anda dalam kondisi baik untuk dikonsumsi, pastikan mencuci buah yang akan dikonsumsi agar terhindar dari kontaminasi zat berbahaya, bakteri atau pestisida. Ada juga alergi yang berhubungan dengan buah pisang dan alpukat. Alergi tersebut adalah alergi lateks, konsultasikan kepada dokter kandungan anda bila anda memiliki jenis alergi lateks.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa alpukat memang memiliki manfaat bagi ibu hamil, kandungan asam folat, kalsium, serat, antioksidan dan beberapa vitamin dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janinnya. Alpukat juga berperan dalam membangun sistem saraf, perkembangan otak bagi janin dan mengurangi resiko cacat bagi janin. Semoga informasi mengenai manfaat buah alpukat untuk ibu hamil ini bermanfaat bagi anda.

No Responses

Write a response