Manfaat Benalu Teh Bagi Tubuh

Jika kita mendengar kata benalu, biasanya dipikiran kita akan membayangkan sesuatu yang merugikan, atau sesuatu yang sifatnya negatif, namun siapa sangka bahwa ternyata didunia ini ada benalu yang bermanfaat untuk manusia. Benalu tersebut adalah benalu teh, saya akan menjelaskan beberapa informasi yang saya peroleh dari hasil membaca beberapa referensi mengenai manfaat benalu teh bagi kesehatan tubuh manusia.

Di Indonesia, teh merupakan salah satu jenis minuman yang digemari oleh masyarakat. Kebutuhan teh semakin meningkat mengingat banyak orang mempercayai khasiat daun teh dari studi yang dilakukan oleh para ahli. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai manfaat teh untuk kesehatan kulit wajah, jika anda belum mengetahui bahwa teh bisa digunakan untuk kesehatan kulit dan perawatan wajah, anda bisa membaca artikel tersebut untuk menambah wawasan anda mengenai manfaat teh.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Benalu Teh

Kembali ke pokok bahasan mengenai benalu teh atau yang memiliki nama ilmiah Dendrophthoe Pentandra. Perlu anda ketahui bahwa benalu merupakan jenis tanaman parasit yang mengambil nutrisi yang dimiliki oleh tumbuhan yang ditumpanginya / inangnya. Hal ini dilakukan oleh tumbuhan parasit untuk bertahan hidup. Tumbuhan inang / yang ditumpangi oleh tumbuhan parasit seperti benalu teh akan kehilangan nutrisi dasarnya dan bahkan akan rusak.

Meskipun terdengar seperti menghilangkan manfaat dari teh namun sebenarnya benalu teh merupakan tumbuhan yang bisa diambil manfaatnya oleh manusia sebagaimana manusia mengambil manfaat dari daun teh. Hal ini karena sebagai tumbuhan parasit benalu tersebut akan memiliki nutrisi yang cukup baik seperti apa yang dimiliki oleh inangnya. Para ahli telah mempelajari manfaat benalu teh ini sejak lama, bahkan ditahun 1978 penelitian etnobotani mempublikasikan bahwa benalu teh kering dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kanker rahim, dari penelitian tersebut dibuktikan dengan membaiknya struktur DNA dalam sistem kekebalan tubuh apabila pasien penderita kanker diberikan ekstrak benalu teh. Penelitian tersebut juga memberitahukan begitu mudahnya memanfaatkan benalu teh, yaitu cukup rebus benalu teh kering menggunakan air, kemudian air tersebut bisa diminum oleh penderita kanker untuk pengobatan.

Kandungan yang Dimiliki Benalu Teh

Sebagai tumbuhan parasit yang menyerap nutrisi yang dimiliki oleh tumbuhan teh, maka nutrisi dari benalu teh tidak jauh berbeda. Kandungan senyawa flavonoid yang ada di benalu teh diantaranya flava-nones, flavan-3-OLSm, chalcones dan c-glycoflavonols. Dalam dunia medis flavonoid didefinisikan sebagai senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, analgesik / pereda nyeri, hingga anti virus dan HIV.

Benalu teh juga bermanfaat untuk memulihkan kekebalan tubuh yang hilang, mengurangi lemak yang berlebih pada seseorang serta menghilangkan kolesterol yang saat ini menjadi permasalahan terbesar bagi orang-orang yang memiliki kehidupan yang kurang sehat.

khasiat benalu teh

Manfaat Benalu Teh

Saat ini untuk mendapatkan benalu teh memang cukup mudah, anda bisa membelinya disupermarket atau tempat belanja yang lainnya. Andapun bisa memproduksinya sendiri bila anda memiliki pohon teh, yaitu cukup menempatkan benalu teh pada pohon teh, nanti benalu tersebut akan berkembangbiak dengan sendirinya karena menyerap nutrisi yang ada pada pohon teh. Meskipun agak mengorbankan pohon teh, namun manfaat benalu teh cukup banyak sehingga tidak rugi-rugi amat. Berikut ini beberapa khasiat benalu teh yang bisa anda dapatkan :

1. Manfaat Benalu Teh Untuk Kanker
Penyakit kanker merupakan penyakit yang mematikan, penyakit ini bisa dibilang penyakit berbahaya yang bisa merenggut nyawa penderitanya. Ektrak dari benalu teh sangat berguna dalam memperbaiki struktur DNA dalam kekebalan tubuh yang bisa menjaganya dari serangan kanker jahat dan tumor. banyak penelitian telah dilakukan untuk membuktikan khasiat benalu teh tersebut dan publikasi yang dilakukan oleh etnobotani menyatakan bahwa benalu teh bisa untuk mengobati dan mencegah tumbuhnya kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa diobati menggunakan benalu teh adalah kanker payudara, kanker rahim, kanker usus dan kista.

2. Menurunkan Kolesterol
Benalu teh berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat / Low density lipoprotein (LDL). LDL menyebabkan penyumbatan pada pembuluh arteri yang artinya dapat menghambat aliran darah keseluruh tubuh. LDL bila tidak segera diatasi akan menimbulkan banyak masalah terutama pada kesehatan jantung. Anda bisa menggunakan benalu teh sebagai obat tradisional untuk melawan kolesterol jahat tersebut tanpa harus memikirkan efek samping bila dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia.

3. Mengatasi Masalah Persendiaan
Apabila anda sering merasa nyeri pada persendiaan anda, anda bisa menggunakan benalu teh untuk mengobatinya. Kandungan dalam teh dapat mengatasi nyeri yang menyerang sendi-sendi manusia dan bahkan penyakit rematik sekalipun. Anda cukup mengonsumsi secara rutin ekstrak benalu teh.

4. Benalu Teh Mampu Mengobati Batu Ginjal
Di Indonesia Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang sering dijumpai, bahkan menurut data yang saya peroleh pada tahun 2004, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penderita batu ginjal terbanyak di Asia. Batu ginjal merupakan endapan dari zat-zat limbah yang dipisahkan dari darah oleh ginjal. Endapan pada ginjal tersebut bila tidak segera diatasi akan mengganggu kinerja ginjal bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal. Nah untuk mengurangi resiko rusaknya ginjal, anda bisa menggunakan benalu teh untuk mengobatinya.

5. Mencegah Diabetes Menggunakan Benalu Teh
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi saat ini. Hal ini dikarenakan pola hidup manusia yang pada akhir-akhir ini kurang berkualitas. Tidak seimbangnya asupan gizi maupun kegiatan olahraga yang dilakukan manusia menyebabkan penyakit diabetes bisa menyerang semua kalangan umur. Benalu teh memiliki senyawa yang digunakan untuk memulihkan kekebalan tubuh dan merangsang tubuh untuk memproduksi insulin secara normal. Saat ini belum ada obat yang bisa mengobati diabetes secara langsung, namun anda bisa melakukan pencegahan terlebih jika anda merupaka keturunan dari keluarga yang menderita diabetes.

6. Meredakan Sakit
Manfaat benalu teh yang sangat berguna saat anda mengalami luka adalah kandungan flavonoid yang aktif dalam merangsang sistem kekebalan tubuh manusia. Anda bisa menggunakan benalu teh untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh luka atau penyakit lainnya.

Cara Menyajikan Benalu Teh

Ada banyak cara untuk mengkonsumsi benalu teh, tapi berikut ini saya memberikan tips penyajian minuman benalu teh yang mudah untuk diimplementasikan.

a. Penyajian Pertama
Anda bisa menggunakan 10 hingga 15 gram ekstrak benalu teh untuk direbus menggunakan air. Takaran airnya kurang lebih 1 liter. Rebus benalu tersebut hingga air yang tadinya 1 liter menjadi kurang lebih menyisakan 1/2 liter saja. Saringlah air rebusan tersebut untuk memisahkan air dari ekstrak benalu teh agar mudah untuk dikonsumsi. Biarkan air rebusan tersebut untuk diembunkan / didiamkan dalam wadah tertutup untuk dikonsumsi pada keesokan harinya. Ini seperti dengan penyajian teh basi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: Manfaat teh basi untuk wajah.

Saran penggunaan, apabila anda menggunakan air rebusan benalu teh untuk penyembuhan, saya sarankan untuk meminumnya 2-3 kali sehari dan apabila hanya untuk pencegahan saja cukup 1- 2 kali sehari.

b. Penyajian Kedua
Pada penyajian jenis kedua ini komposisinya cukup berbeda degan penyajian tipe pertama. Pada penyajian kedua, tambahkan rumput alang-alang dan adas palawaras rasa. Rebuslah 1 batang benalu teh yang ditambah dengan 1 batang tumput alang-alang dan adas palawaras rasa menggunakan 3 gelas air. Tunggu rebusan tersebut hingga benar-benar mendidih setelah itu saring untuk mendapatkan air benalu tehnya saja, ampasnya bisa disisihkan. Untuk saran penggunaan pada penyajian tipe dua ini, cukup minum 1/2 cangkir sehari sekali waktu.

Demikian informasi mengenai manfaat benalu teh yang bisa menambah wawasan anda. Semoga anda bisa mengenal lebih jauh mengenai khasiat dari bahan-bahan alami agar tidak selalu menggunakan bahan kimia untuk tubuh anda. Hal ini tentu saja bisa mengurangi efek samping yang ditimbulkan oleh bahan kimia pada suatu saat nanti.

No Responses

Write a response