Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Sesuai perkembangan zaman pada saat ini banyak sekali berbagai macam jenis makanan yang diolah sehingga tak jarang mengoda lidah untuk mencicipinya, namun taukah anda makanan yang sehat untuk ibu hamil?

Saat sedang hamil banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk perkembangan dan kesehatan bayi didalam kandungan, anda perlu menambahkan sekitar 300 kalori tambahan atau setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal dengan susu rendah lemak, konsumsilah makanan dalam porsi yang sedikit namun dengan intensitas yang sering untuk menjaga kebutuhan kalori anda.

Makanan sehat untuk ibu hamil

Pada saat hamil yang di perhatikan adalah asupan gizi yang anda konsumsi dan tidak perlu menjalani pola makan yang khusus terkecuali bagi anda yang sedang mengidap penyakit tertentu sehingga ada beberapa makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Pada dasarnya untuk kebutuhan nutrisi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi aneka jenis makanan tiap hari. berikut ini beberapa kelompok dan minuman yang di anjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil :

Air Mineral

Air mineral tidak hanya di butuhkan oleh ibu hamil saja namun semua membutuhkan air mineral untuk kebutuhan cairan pada tubuh. Taukah anda bahwa air mineral sangat bermanfaat bagi ibu hamil?  air mineral bermanfaat untuk mengantarkan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi kepada bayi di dalam kandungan.

Kurangnya minum air mineral akan berdampak buruk ada kesehatan bayi, selain itu juga dengan minum air meneral secara cukup dapat mencegah hemoroid, konstipasi, pembekakan berlebihan dan infeksi kandungan kemih.

Pada saat hamil sangat dianjurkan untuk minum sebanyak 10 gelas air atau berkisar 2,5 liter per hari. Cairan juga bisa didapatkan selain dari air mineral seperti buah dengan kadar air yang tinggi seperti semangka baca juga Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil  jus ataupun susu. Perlu di waspadai untuk minuman ringan dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan hipertensi.

Buah – buahan dan sayuran

Buah – buahan dan sayuran merupakan kompenen utama dalam makanan sehat untuk ibu hamil. Buah dan sayuran dapat peroleh disekitar anda, sehingga untuk mendapatkannya tidaklah terlalu sulit. Untuk makanan sehat ibu hamil disarankan untuk memakan sayuran dan buah – buahan yang berbeda ditiap harinya untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral serta serat sehingga kebutuhan gizi untuk perkembangan buah hati dapat tercukupi. berikut ini beberapa macam buah – buahan dan sayuran yang di sarankan untuk ibu hamil :

  • Alpukat, kandungan pada alpukat sangat bermanfaat untuk ibu hamil dimana buah alpukat kaya akan asam folat, vitamin C, vitamin B6, potasium dan serat. selain itu alpukat kaya akan asam lemak tidak jenuh tunggal yang dibutuhkan untuk pembentukan sel saraf, mata dan otak bayi. Baca juga Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil
  • Brokoli, kandungan pada brokoli terdapat asam folat dan kalsium yang berfungsi untuk perkembangan tulang
  • Kacang merah kaya akan zat besi, antioksidan, protein dan bermanfaat untuk perkembangan kognitif pada anak.
  • Pisang mengandung potasium dan vutamin B6 yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh
  • Kacang edamame kaya akan asam folat, zat besi, protein, kalsium, vitamin A dan B
  • Apel kaya akan serat dan vitamin C
  • Wortel kaya akan vitamin A untuk membantu pembentukan mata dan tulang bayi. Baca juga 5 Manfaat Wortel untuk Wajah dan Kesehatan

 

Daging tanpa lemak, ikan dan telur

Kelompok makanan ini merupakan makanan yang kaya akan protein yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi, terutama pada masa kandungan kurang dari 6 bulan sangat di perlukan makanan yang kaya akan protein. berikut makanan yang di anjurkan untuk ibu hamil

  • Daging ayam tanpa kulit terutama pada bagian dada yang rendah lemak dan kolesterol. daging tersebut membantu dalam pembentukan janin, otot dan kelancaran metabolisme tubuh.
  • Daging sapi kaya akan protein yang dapat membantu pembentukan struktur tulang, sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko bayi mengalami kelahiran prematur.
  • Telur kaya akan protein, lemak, kolin dan omega 3 yang berfungsi untuk membantu perkembangan sel – sel otak dan penglihatan bayi.
  • Salmon kaya akan omega 3 dan juga mengandung DHA yang sangat penting untuk perkembangan otak janin

Adapun kelompok makanan yang harus di sortir dan diperhatikan hal – hal yang berkaitan dengan pertumbuhan anak, agar tidak berdampak buruk pada pertumbuhan janin. Disarankan bagi ibu hamil jangan mengkonsumsi ikan mentah untuk menghindari terkontaminasi bakteri dari ikan yang tidak dimasak, ikan yang banyak mengandung merkuri dapat menyebabkan kanker pada janin, bagi ibu yang sedang hamil cukup mengkonsumsi ikan dua porsi perminggu dan jangan berlebih.

Makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan yang harus anda jaga dan waspadai saat hamil

Ada beberapa jenis makanan yang perlu di waspadai ataupun anda jaga dan beberapa zat yang perlu di batasi, atau bahkan dihindari agar supaya terhindar dari resiko tertentu terhadap bayi yakni :

  • Kafein, bagi anda yang sedang hamil boleh mengkonsumsi kopi namun dibatasi jumlah kafein maksimal 200 miligram sehari.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang belum matang seperti daging, ikan, telur mentah sebab makanan yang belum matang dapat terserang bakteri pada makanan yang belum dimasak tadi.
  • Boga bahari ( Makanan Laut ) yang mengandung merkuri
  • Makanan yang mengandung MSG dan kandungan garam tinggi sebab makanan tersebut dapat menyebabkan pembekakan tubuh akibat retensi air
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang tidak higienis seperti jajan di pinggir jalan ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang anda olah sendiri sehingga makanan yang anda konsumsi kehegienisannya terjamin.
  • Hindari makanan yang mengandung kadar alkohol.

Dengan anda memperhatikan makanan sehat untuk ibu hamil maka resiko terhadap gangguan kehamilan dapat diminimalisir, sehingga dengan anda memperhatikan makanan yang anda konsumsi dan memperhatikan pola hidup sehat maka pertumbuhan bayi dapat tumbuh sempurna.

1

No Responses

Write a response