Kenali Manfaat Kol Untuk Kesehatan Anda

Kol yang banyak di konsumsi oleh semua kalangan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kol yang berwarna hijau atau yang biasa di sebut dengan kubis ini banyak di konsumsi sebagai lalapan pada makanan-makanan tertentu.

Di Indonesia kol ini sangat mudah untuk didapatkan, bahkan Indonesia menjadi negara penghasil kol ke tujuh di dunia. Oleh karena itu kol tersebut dapat dijumpai dimana-mana. Kandungan pada kol sarat akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B6, folat kalori, karbohidrat, protein, kalsium, kalium dan vitamin B1.

Kol juga mengandung antioksidan kolin, beta karoten, lutein dan zeaxanthin, serta flavonoid kaemprerol, quercetin dan apigenin. Senyawa yang berkhasiat tersebut lebih banyak di dapatkan pada kol ungu di bandingkan dengan yang berwarna hijau. Manfaat kol untuk kesehatan sangat membantu dalam mencegah berbagai jenis macam penyakit diantaranya :

Mencegah penyakit kanker 

Manfaat kol untuk kesehatan yakni mencegah penyakit kanker. Kol mengandung senyawa antikanker sulforaphane yang mampu untuk menurunkan resiko kanker pada seseorang. Sulforaphane dapat menghambat ensim berbahaya yang dapat meningkatkan perkembangan sel kanker.

Dengan memanfaatkan kol untuk kesehatan dapat menurunkan jenis kanker melanoma. Kanker esofagus, prostat dan pankreas. Resiko terkena kanker seperti kandung kemih, usus, perut dan paru-paru akan menurun apabila sering mengkonsumsi kol dan sayuran lainnya.

Kol juga mengandung zat kimia alami yang dapat mengurangi terserang penyakit kanker payudara. Kol ungu mengandung antioksidan anthocyanin yang terbukti memperlambat pertumbuhan sel kanker. Baca Juga Jenis Kanker payudara yang perlu anda waspadai

Menjaga kesehatan jantung 

Manfaat kol untuk kesehatan yang lainnya yakni kesehatan jantung. Kandungan pada kol memiliki manfaat yang besar dalam mengatasi penyakit jantung. Antioksidan anthocyanin juga mampu menekan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Kandungan plofenol yang tinggi dalam kol dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Baca juga Makanan Sehat Untuk Penyakit Jantung 

Kekebalan Tubuh dan Sistem Pencernaan 

Kol yang difermentasi memiliki probiotik yang tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan sistem pencernaan. Vitamin dan mineral pun lebih mudah terserap oleh tubuh dengan bantuan mikroba ini. Kandungan serat dan air dalam kol tersebut mampu dalam membantu mencegah sembelit dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Baca Juga Penanganan Penyakit Diare Paling Tepat 

Manfaat Kol Untuk Kesehatan Yang Lainnya

Manfaat kol yang lainnya untuk kesehatan yakni mengatasi sakit perut, usus dan perut, bisul, asam lambung berlebih, asma, mual pada saat pagi hari dan mencegah osteoporosis.

Anda dapat memanfaatkannya dengan baik untuk kesehatan anda. Dalam mengkonsumsi kol tersebut tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan, sebab terlalu banyak mengkonsumsi kol dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

1

No Responses

Write a response