Jenis Kanker Payudara Yang Perlu Anda Waspadai

Pada era modern saat ini banyak sekali penderita kanker payudara dimana disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Dengan sering mengkonsumsi makanan yang siap saji dan banyak kandungan bahan pengawet sehingga penderita kanker payudara semakin meningkat.

Payudara merupakan organ tubuh pada wanita yang terbentuk dari lemak, jaringan ikat dan ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil air susu), ketika seorang wanita melahirkan anak maka fungsi payudara untuk memberikan ASI kepada anaknya.

Sel – sel yang ada di dalam tubuh kita biasanya tumbuh dan berkembang secara teratur, sel – sel baru akan terbentuk apabila dibutuhkan oleh tubuh. akan tetapi akan berbeda pada penderita kanker, dimana proses tersebut akan berjalan tidak wajar dan pertumbuhan dan perkembangan sel – sel menjadi tidak terkendali.

Untuk mendeteksi kanker payudara dapat dikenali secara dini, sehingga apabila mengetahui gejala yang ditimbulkan oleh kanker payudara dapat segera ditangani. Gejala awal yang ditimbulkan oleh kanker payudara adanya benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara. namun sebagian besar benjolan belum tentu merupakan kanker payudara.

kanker payudara

 

Jenis Kanker Payudara

Pada saat anda menyadari memiliki gejala kanker payudara, dianjurkan bagi anda untuk segera memeriksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar diagnosis dapat dipastikan. Kanker payudara sering dibagi dalam dua jenis yakni non – invasif dan invasif

Kanker Payudara Invasif

Bentuk paling umum dari kanker payudara invasif yakni payudara duktal invasif yang berkembang pada sel – sel saluran payudara, kanker payudara invasif dapat menyebar diluar payudara, adapun jenis kanker payudara invasif lain meliputi

  • Kanker payudara lobular invasif, pada penyakit kanker ini berkembang pada kelenjar penghasil susu
  • Kanker payudara terinflamasi
  • Kanker paget pada payudara

Jenis – jenis kanker tersebut dikenal sebagai kanker metastasis, jenis kanker tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh lain, untuk penyebarannya umumnya melalui kelenjar getah bening atau aliran darah.

Kanker payudara non-invasif

Untuk kanker non-invasif umumnya ditemukan melalui mamografi sebab untuk kanker non-invasif jarang menimbulkan benjolan pada payudara. untuk jenis yang paling umum pada kanker non-invasif adalah duktal karsinoma in situ. Untuk kanker payudara non-invasif ini bersifat jinak dan ditemukan didalam saluran (duktus) payudara.

Pemeriksaan Payudara

Dalam menangani kanker payudara dirasa cukup sulit karena penyebab utama dari kanker payudara belum diketahui secara jelas, sehingga untuk pencegahan kanker payudara juga sulit dilakukan, banyak faktor yang dapat meningkatkan kanker payudara, misalnya usia, riwayat kesehatan keluarga.

Bagi anda yang memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit kanker payudara dianjurkan untuk memeriksakan kondisi anda minimal 2 kali dalam satu tahun untuk mendeteksi secara dini kemungkinan terjangkit kanker payudara. Dengan anda menanggulangi penyakit kanker secara dini maka untuk penyembuhannya akan lebih baik dan dapat mencegah hal buruk yang mungkin dapat terjadi pada diri anda. Sedangkan untuk usia lanjut berkisar 50 – 70 tahun juga dianjurkan untuk pemeriksaan terhadap kanker payudara minimal 3 kali dalam setahun.

Pengobatan Kanker Payudara

Kemungkinan seorang wanita terkena kanker payudara lebih besar dibandingkan seorang laki – laki, itu sebabnya bagi anda yang merasakan gejala kanker payudara untuk segera berkonsultasi kepada dokter. Kanker yang terdeteksi pada tahap awal memiliki peluang untuk sembuh dengan proses penyembuhan pengobatan. Oleh karenanya sangat penting bagi kaum wanita untuk melakukan pemeriksaan payudara secara rutin.

Kanker payudara dapat diobati dengan kombinasi operasi, kemoterapi, dan radioterapi. Dari beberapa kasus terhadap kanker payudara juga dapat ditangani melalui terapi biologis atau hormon. Dalam masa pemulihan kanker payudara, akan lebih baik diberikan dukungan, motivasi, dan semangat untuk penyembuhan sehingga mental penderita kanker menjadi kuat yang juga dapat membantu dalam proses pemulihan. Baca juga Manfaat Benalu Teh Bagi Tubuh

 

No Responses

Write a response