Jenis dan Ciri-Ciri Penyakit Lambung

Bagi yang sering mengalami sakit perut atau muntah-muntah tanpa sebab yang pasti, anda perlu mewaspadai bahwa kejadian tersebut bisa jadi ciri-ciri penyakit lambung. Penyakit yang berhubungan dengan lambung memang banyak, ada yang disebabkan karena asam lambung yang naik atau karena adanya kerusakan lapisan perut.

Selama ini orang sering mengeluh mengenai penyakit lambung, namun kadangkalanya mereka tidak tahu bahwa sebenarnya penyakit lambung itu banyak macamnya.

penyakit lambung

 

Jenis Penyakit Lambung

Penyakit Lambung yang sering terjadi dimasyarakat adalah penyakit lambung yang disebabkan oleh naiknya asam lambung yang membuat dada menjadi terasa seperti kebakar. Fungsi lambung yang cukup vital dalam sistem pencernaan manusia membuatnya sangat riskan terhadap gangguan kesehatan, apalag ciri-ciri penyakit lambung sering dianggap sepele.

Penyakit lambung ini juga bisa mengakibatkan tenggorokan anda sakit bila anda tidak segera mendapat pertolongan ketika asam lambung anda mulai naik dari perut ke tenggorokan. Berikut ini beberapa jenis penyakit lambung yang sering terjadi di masyarakat:

  1. Maag

Maag merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi pada lambung anda. Maag terjadi karena ada peradangan dinding lambung manusia. Asam lambung merupakan zat yang berguna untuk mencerna makanan, namun jika kadar asam lambung yaang ada didalam tubuh jumlahnya berlebihan bisa mengiritasi lapisan dinding lambung.

Ciri-ciri penyakit lambung pada orang yang mengalami maag adalah sakit yang luar biasa saat orang tersebut telat makan. Asam lambung yang seharusnya mencerna makanan tersebut malah mengikis dinding lambung karena makanan yang akan diolah oleh asam lambung tidak ada sehingga lambung terasa perih. Untuk mencegah penyakit ini anda sebaiknya mengelola jam makan anda agar lebih teratur dan hindari makanan yang pedas atau terlalu panas.

  1. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Gastroesophageal Reflux Disease adalah jenis penyakit lambung yang diakibatkan oleh tidak bekerjanya otot yang berada dibagian bawah esfogus. Otot tersebut biasanya disebut dengan lower esophageal sphincter (LES) yang berfungsi untuk mengontrol masuknya makanan dan minuman kedalam lambung. Otot tersebut ibaratkan pintu gerbang yang menghubungkan tenggorokan dan lambung, sehingga jika ada gangguan yang mengakibatkan fungsi otot tersebut tidak bisa bekerja maksimal maka asam lambung bisa naik ke tenggorokan.

Ciri-ciri penyakit lambung yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung ke tenggorokan adalah rasa sakit pada saat seseorang menelan makanan. Rasa sakit tersebut juga sering dibarengi dengan batuk dan sakit dada.

  1. Gastritis

Gastritis adalah penyakit yang disebabkan peradangan pada bagian dinding lambung. Peradangan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, contohnya terlalu sering mengkonsumsi alkohol atau bisa juga karena efek samping penggunaan obat aspirin dan ibuprofen. Penyakit lambung gastritis juga bisa disebabkan oleh bakteri yang bernama Heliobacter Pylori. Apabila penyebabnya adalah bakteri Heliobacter Pylori biasanya penyakit lambungnya sudah kronis. Ciri-ciri penyakit lambung gastritis adalah perut yang kembung, sering mual dan muntah.

Orang yang mengalami penyakit lambung ini juga akan mengalami gangguan pencernaan selama beberapa hari. Apabila anda mengalami gejala seperti itu sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter terdekat.

  1. Penyakit Dispepsia

Biasanya orang yang mengalami dispepsia akan mengalami nyeri dan rasa perih pada peut bagian atas. Orang yang mengalami dispepsia juga akan merasa kenyang meskipun belum makan, rasa kembung juga biasanya dirasakan oleh pengidap penyakit ini. Orang yang mempunyai penyakit lambung Gastritis atau GERD terkadang juga memiliki dispepsia.

  1. Gastroenteritis

Penyakit lambung gastroenteritis merupakan penyakit yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang sehat. Biasanya penyakit ini datang karena virus yang masuk bersama dengan makanan karena makanan tersebut tidak diolah secara benar. Gastroenteritis juga bisa disebabkan oleh minuman yang terkontaminasi rotavirus atau norovirus.

Virus rotavirus biasanya ditemukan pada anak-anak, sedangkan norovirus dan campylobacten biasanya terjadi pada orang dewasa. Ciri-Ciri penyakit lambung ini biasanya penderita mengalami kram pada perutnya dan diare selama beberapa hari.

  1. Gastroparesis

Gastroparesis merupakan penyakit lambung yang diakibatkan oleh rusaknya saraf vagus yang mana membuat tubuh anda tidak bisa mencerna makanan dengan baik. Gangguan saraf ini membuat kemampuan memindahkan makanan dari lambung ke usus halus menjadi terganggu sehingga perut terasa penuh.

Anda perlu hati-hati dengan penyakit ini karena makanan yang ada dilambung anda menjadi sulit dicerna dan proses pencernaan menjadi terganggu. Ciri-ciri penyakit lambung ini biasanya nafsu makannya berkurang serta terjadi malnutrisi karena proses pencernaan tidak berjalan dengan baik.

  1. Gastroparesis

Gastroparesis adalah penyakit kelumpuhan lambung yang membuat makanan lama dicerna. Hal ini disebabkan karena lambung tidak mampu berkontraksi untuk memindahkan makanan ke dalam usus halus. Saraf vagus mengontrol kontraksi ini.

Gastroparesis dapat terjadi ketika saraf vagus rusak dan otot-otot perut dan usus tidak berfungsi dengan benar. Makanan menjadi bergerak lambat atau bahkan dapat berhenti. Gejala gastroparesis adalah mual kronis, muntah, nyeri perut, perasaan kenyang berlebihan walaupun hanya makan sedikit.

Gejala lainnya dapat berupa mulas, perut kembung, kadar glukosa darah yang tidak menentu, kurangnya nafsu makan, kejang dinding perut, dan malnutrisi. Diabetes melitus menjadi penyebab utama gastroparesis karena kadar glukosa dalam darah yang tinggi dapat mempengaruhi susunan kimia pada saraf vagus. Merokok juga dapat menyebabkan gastroparesis. Penyakit gula darah / diabetes menjadi salah satu penyebab Gastroparesis.

  1. Kanker Lambung

Kanker merupakan penyakit berbahaya begitu juga ketika kanker tersebut berada di lambung anda. Bakteri Helicobacter Pylori menjadi aktor utama penyebab kanker pada lambung. Anda sebaiknya memeriksakan diri anda ketika anda mendapati ciri-ciri penyakit lambung seperti nyeri pada dada bagian atas serta kulit menjadi kuning.

Gejala lain yang sering terjadi adalah adanya darah pada tinja anda. Hal ini untuk mencegah pertumbuhan sel kanker ke bagian tubuh lainnya seperti hati ataupun kelenjar getah being.

  1. Tumor Lambung

Tumor lambung seringkali ditandai dengan tumbuhnya daging yang berbentuk bintil-bintil pada dinding lambung. Bintil-bintil pada dinding lambung ini biasanya disebut dengan polip. Tumor pada lambung biasanya disebabkan oleh beberapa jenis makanan yang asin atau mengandung nitrat / zat pengawet.

Artikel ini bisa membantu menyadarkan diri anda bahwa anda perlu memperhatikan apa saja yang anda makan. Usahakan untuk mengurangi makanan yang mengandung pengawet dan tentu saja hindari asap rokok.

Ciri-Ciri Penyakit Lambung Secara Umum

Meskipun pada beberapa jenis penyakit lambung diatas telah saya sertai dengan gejala penyakit lambung yang sering terjadi namun ada beberapa yang masih belum masuk. Gejala umum penyakit lambung diantaranya nafsu makan yang hilang, merasa mual dan ingin muntah terus karena terasa asam di tenggorokan, penurunan berat badan dan kesulitan saat menelan makanan.

Anda sebaiknya segera mendatangi dokter apabila telah menemukan sebagian dari ciri-ciri penyakit lambung diatas. Hal ini untuk mencegah berkembangnya penyakit lambung apalagi yang berupa tumor atau kanker.

Menjalani pola hidup sehat juga menjadi salah satu kunci untuk terhindar dari penyakit lambung. Anda sebaiknya menjauhi alkohol dan asap rokok. Semoga artikel mengenai ciri-ciri penyakit lambung ini bermanfaat bagi anda dan semua orang yang anda cintai.

No Responses

Write a response