Hati-Hati Makanan Ini Identik Dengan Kolesterol Jahat

Low – Density Lipoprotein (LDL) yang biasa di sebut dengan kolesterol jahat menjadi penyebab utama terjadinya penyakit pembuluh darah arteri. LDL mengangkut kolesterol menuju sel-sel tubuh yang membutuhkannya melalui sistem peredaran darah. apabila asupan kolesterol terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan di dinding arteri dan mengganggu peredaran darah di dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Baca Juga

Apabila asupan kolesterol terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan di dinding arteri dan mengganggu peredaran darah di dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Baca Juga Penyebab dan Pencegahan Terhadap Penyakit Stroke

Hati - Hati Makanan Ini Identik Dengan Kolesterol Jahat

Makanan Identik Dengan Kolesterol Jahat

Untuk menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh maka batasilah dan perhatikan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan minyak. Hindari juga jenis lemak trans yang biasanya terdapat pada minyak sayur, camilan, daging berlemak, kuning telur, produk susu dan makanan cepat saji juga perlu di batasi untuk menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh.

Berikut adalah makanan identik dengan kolesterol jahat yang perlu di batasi dalam mengkonsumsinya untuk menghindari tingkat kolesterol yang tinggi :

  1. Batasi makan hatiĀ 

Sebagian orang sangat menyukai hati, hati kaya akan zat besi yang tentunya sangat berguna untuk tubuh namun sayangnya hati merupakan salah satu makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol. Perlu anda ketahui bahwa hati merupakan organ yang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi, hal tersebut di perkuat dengan kolesterol yang dibuat dan disimpan di dalam organ ini.

Bila anda mengkonsumsi hati sapi, setidaknya sekitar 331 mg kolesterol. Hal ini tentu membahayakan sebab tubuh orang dewasa hanya membutuhkan 300 mg kolesterol tiap harinya. Baca Juga Makanan Penurun Kolesterol Yang Mudah Anda Dapat Di Sekitar Anda.

  1. LobsterĀ 

Makanan identik dengan kolesterol jahat yang lainnya yakni makanan lobster. Lobster ini banyak orang yang menyukainya dan bahkan menjadi menu favorit, namun taukah anda bahwa makanan yang lezat tersebut merupakan makanan yang memiliki peranan besar dalam meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk kandungannya sendiri dalam 85 gram lobster, setidaknya terdapat 61 mg kolesterol, namun angka tersebut dapat naik secara signifikan apabila dimasak dengan bahan-bahan tertentu yang dapat meningkatkan jumlah kolesterol. Baca Juga Gejala Kolesterol Dapat Di Ketahui Secara Dini

Anda masih dapat mengkonsumsi lobster dengan enak dan nyaman tanpa harus memikirkan kadar kolesterol dalam tubuh, namun dengan pengolahan yang tepat dan dengan komposisi yang tepat bagi tubuh. Jangan mengolah lobster dengan melibatkan bahan lain yang kaya akan kolesterol tinggi, seperti menggoreng lobster dengan minyak sayur dan mencelupkannya kedalam mentega cair, yang tentunya akan meningkatkan kadar kolesterol pada masakan tersebut. Akan lebih baik apabila anda mengolah lobster dengan cara dibakar atau dipanggang sebab lebih aman daripada menggorengnya.

  1. Burger

Untuk makanan jenis ini merupakan makanan yang cepat saji, umumnya orang yang sering makan makanan tersebut adalah mereka yang mempunyai kesibukan yang cukup tinggi sehingga mencari makanan yang simpel dan mudah untuk memakannya dengan kondisi yang bagaimanapun masih bisa untuk di konsumsinya. Burger yang di kombinasikan keju, kentang goreng dan mayones jelas akan meningkatkan kadar kolesterol anda

  1. Hindari Steak Iga

Untuk jenis makan ini banyak orang tergoda untuk menyantapnya karena rasa lezat dan nikmat membuat seseorang lupa akan dampak yang kemungkinan terjadi, yakni naiknya kadar kolesterol tubuh.

Steak iga walaupun sudah dihilangkan lemak dan dimasak dengan minyak zaitun, kolesterol dalam daging masih cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi iga sapi sekitar 115 gram, kuota koleterol dan lemak jenuh yang boleh di konsumsi dalam sehari sudah habis olehnya.

Sekitar 20% kebutuhan harian tubuh akan lemak jenuh sudah terpasok dari iga, untuk kolesterol kouta harian anda sudah terpenuhi sebanyak 22%. Hal tersebut belum ditambah dengan makanan dan minuman yang menemani daging iga.

  1. Camilan pun juga dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Makanan identik dengan kolesterol jahat yakni cemilan. Umumnya seseorang makan makanan camilan dalam keadaan bersantai entah saat itu sedang menonton tv, atau pun ngobrol. Perlu anda ketahui sebaiknya apabila anda sedang bersantai dengan camilan, untuk tidak mengkonsumsi camilan yang mengandung lemak trans. Lemak jenis tersebut tidak baik untuk di konsumsi bagi anda yang rentan terhadap kolesterol.

Umumnya makanan yang dijual saat ini banyak yang mengandung kolesterol yang tak terkendali. Makanan seperti kue kering, kentang goreng, onion ring dan kerupuk biasanya di proses dengan minyak yang terhidrogenasi (mengandung minyak trans).

1

No Responses

Write a response