Gen adalah Penyebab Penyakit Parkinson?

Penyakit parkinson adalah salah satu jenis penyakit yang sering dijumpai pada orang-orang yang sudah lanjut usia. Sejauh ini belum dapat dipastikan secara pasti penyebab penyakit parkinson, namun dari beberapa kasus yang terjadi pada pasien parkinson menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mengambil bagian atas terjadinya penyakit ini. Pasien yang mengalami parkinson biasanya berada pada usia 50 tahun dan lebih meskipun ada sekitar 5% yang mengalaminya pada usia 40 tahun.

Penyakit parkinson sering ditandai dengan munculnya beberapa gejala yang abnormal pada tubuh. Orang akan mengalami tremor / gemetaran tanpa sebab yang pasti. Tremor ini biasanya terjadi pada bagian kaki dan tangan dan bisa semakin parah / menyebar pada bagian tubuh yang lainnya. Rasa gemetaran pada penyakit tremor terjadi pada saat anda tidak melakukan kegiatan apapun atau saat pasien sedang duduk. Saat ini tremor menjadi salah satu gejala penyakit parkinson yang paling sering terjadi dan menjadi acuan bagi dokter untuk mengidentifikasi penyakit ini.

gambar orang parkinson

 

Penyebab Penyakit Parkinson di Indonesia

Diperkirakan ada lebih dari 6 juta orang diseluruh dunia yang mengalami penyakit parkinson. Penyebab penyakit parkinson adalah kondisi degenerasi sel-sel saraf (neuron) pada otak bagian tengah atau tepatnya bernama substantia nigra yang mengakibatkan kinerja saraf otak menjadi menurun. Degenerasi sel saraf pada substantia nigra mengakibatkan produksi dopamine menjadi menurun. Penurunan dopamine tersebut yang mengakibatkan kinerja otak menjadi tidak normal dan tidak bisa mengontrol pergerakan tubuh. Perlu anda ketahui bahwa dopamine merupakan bagian penting dalam tubuh anda yang berfungsi untuk menggerakan tubuh melalui jaringan saraf atau neuron.

Penurunan jumlah dopamine menjadi penyebab penyakit parkinson yang paling umum di Masyarakat. Saat ini belum ada kepastian mengapa jumlah dopamine pada manusia bisa menurun pada beberapa orang ketika sudah memasuki usia 50 tahun. Menurut referensi yang saya baca ada beberapa faktor yang memicu hal tersebut bisa terjadi termasuk faktor lingkungan dan faktor genetika. Lebih jelasnya berikut ini saya cantumkan beberapa faktor penyebab penyakit parkinson :

A. Faktor Lingkungan
Meskipun relatif kecil faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab penyakit parkinson. Beberapa racun yang ada dilingkungan sekitar cukup mengambil andil mengapa penyakit parkinson bisa terjadi. Jenis racun tersebut diantaranya asap rokok, polusi pabrik, herbisida dan pestisida. Untuk mencegah penyakit parkinson anda bisa memilih hidup dilingkungan yang bersih atau didaerah yang tingkat polusinya kecil agar terhindar dari penyakit ini.

B. Faktor Genetika
Faktor genetika atau faktor keturunan menjadi penyebab penyakit parkinson yang sering diteliti oleh ahli medis. Pada beberapa referensi yang saya baca penyakit parkinson bisa terjadi karena ada mutasi gen tertentu yang mengakibatkan penyakit ini bisa diturunkan dari orang tua ke anaknya. Mungkin bisa diibaratkan dengan penyakit gula yang saya bahas beberapa waktu lalu. Anda perlu menerapkan pola hidup sehat apabila mengetahui di keluarga anda ada yang mengalami penyakit parkinson. Ini merupakan langkah nyata untuk menjaga diri anda agar tidak mewarisi penyakit tersebut.

C. Kekurangan Dopamine
Dopamine merupakan bagian penting di otak yang berfungsi untuk transimisi sinyal antara substantia nigra dan beberapa daerah otak lainnya. Dopamine juga disebut dengan neurotransmitter karena berperan sebagai transmisi sinyal di otak. Kekurangan jumlah dopamine membuat kinerja menjadi terganggu atau abnormal sehingga kadang menyebabkan permasalan gerak pada seseorang.

D. Permasalahan dengan Norepinefrin
Norepinefrin masih ada kaitannya dengan Dopamine yang merupakan neurotransmitter. Norepinefrin adalah bagian utama dari sistem saraf simpatik yang mengontrol beberapa fungsi ditubuh manusia. Norepinefrin mengontrol denyut jantung dan tekanan darah manusia sehingga bila jumlahnya tidak sesuai standar akan menyebabkan tekanan darah tidak teratur. Norepinefren merupakan salah satu penyebab penyakit parkinson yang perlu anda waspadai karena sangat vital sekali dengan kesehatan jantung anda.

No Responses

Write a response