Gejala Penyakit ISPA Yang Perlu Anda Ketahui

Infeksi saluran pernafasan dapat terjadi atau menyerang pada seseorang pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara atau paru-paru. Infeksi yang terjadi dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti terserang virus, bakteri, tercemarnya udara baik itu akibat asap, abu vulkanik sehingga menyebabkan seseorang terserang penyakit ISPA.

Seseorang yang terserang ISPA bila tidak segera ditangani dapat berakibat buruk dan bahkan dapat mengakibatkan kematian. ISPA dapat menyebar ke seluruh sistem pernafasan pada tubuh, yang mengakibatkan tubuh tidak bisa mendapat cukup oksigen kerena infeksi yang terjadi.

Gejala Penyakit ISPA Yang Perlu Anda Ketahui

Jika anda mencurigai terjadinya serangan ISPA untuk segera mencari bantuan medis untuk mendapatkan pertolongan pertama dan dapat dicegah kemungkinan terburuk yang terjadi. Bagi yang mengalami kelainan sistem kekebalan tubuh dan juga bagi orang tua akan lebih mudah terserang oleh penyakit ini dan juga bagi anak-anak juga dapat dengan mudah terserang penyakit ini. Sebab kekebalan pada anak belum terbentuk sempurna, sehingga akan lebih mudah terserang oleh penyakit ini.

Hati-hati penularan penyakit ISPA, sebab ISPA dapat menular bila seseorang terserang virus yang disebabkan oleh penderita seperti menghirup udara yang mengandung virus tau bakteri. Virus yang dikeluarkan oleh penderita yang penyebarannya dengan bersin atau ketika batuk.

Gejala Penyakit ISPA

Gejala penyakit ISPA yang di timbulkan pada bagian hidung  dan paru-paru.

Gejala penyakit ISPA yang dialami seperti:

  • Hidung tersumbat atau berair
  • Paru-paru terasa terhambat
  • Batuk-batuk dan tenggorokan terasa sakit
  • Sering merasa kelelahan
  • Seluruh anggota tubuh terasa sakit

Gejala Penyakit ISPA yang semakin parah, gejala yang ditimbulkan seperti :

  • Kesulitan untuk bernafas
  • Demam Tinggi dan menggigil
  • Tingkat oksigen dalam darah rendah
  • Kesadaran yang menurun bahkan dapat menyebabkan pingsan

Penyebab ISPA 

Adapun beberapa mikroorganisme yang menyebabkan seseorang terserang penyakit ISPA yakni :

  • Adenovirus, yakni gangguan pernafasan seperti pilek, bronkitis dan pneumonia yang disebabkan oleh virus yang memiliki lebih dari 50 jenis.
  • Rhinovirus yakni jenis virus yang menyebabkan pilek, pada anak atau seseorang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah, pilek bisa berubah menjadi ISPA pada tahap yang serius.
  • Pneumokokus adalah jenis bakteri yang menyebabkan meningitis, dan juga pada bakteri jenis ini juga dapat memicu gangguan pernafasan lain, seperti halnya pneumonia. .

ISPA akan sangat berbahaya bila menjangkit  seseorang yang memiliki penyakit jantung atau memiliki gangguan dengan paru-parunya. Seseorang yang yang memiliki gangguan pada jantung dan paru-paru dapat menyebabkan kesulitan dalam bernafas dan bila tidak segera ditangani dapat berakibat buruk yakni kematian. Perokok juga beresiko tinggi terkena saluran pernafasan akut dan cenderung sulit untuk di sembuhkan dari kondisi tersebut.

Mendiagnosa ISPA 

Umumnya dalam mendiagnosa ISPA dokter akan memeriksa sistem pernafasan anda baik itu saat anda menghirup udara dan menghembuskan nafas. Pemeriksaan suara nafas dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi penumpukan cairan atau peradangan pada paru-paru, selain itu juga hidung dan tenggorokan juga dilakukan pemeriksaan untuk diketahui apakah mengalami gangguan atau tidak pada saat bernafas.

Selain itu dalam mendiagnosa penyakit ISPA juga dapat dilakukan dengan prosedur tes fungsi paru-paru yang tujuannya untuk melihat seberapa jauh pernafasan pasien yang terganggu dan untuk memeriksa seberapa banyak oksigen yang masuk ke paru-paru dapat dilakukan dengan prosedur oksimetri nadi.

Waspadai Penyakit ISPA

Dalam mewaspadai penyakit ISPA sangatlah penting dan anda juga perlu melakukan pencegahan dalam penyebaran penyakit ISPA tersebut, adapun cara yang dapat anda lakukan dalam menangani penyakit ISPA yakni :

  • Selalu mencuci tangan secara teratur setelah beraktivitas ditempat umum, dan menjaga kebersihan lingkungan terutama tempat tinggal anda.
  • Usahakan untuk tidak terlalu sering memegang wajah terutama mulut, hidung dan mata, agar anda terlindung dari penyebaran virus dan bakteri.
  • Perbanyak untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C yang berfungsi untuk membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda
  • Ketika anda bersin, pastikan untuk menutupnya dengan tisu atau tangan yang bertujuan untuk mengindari penyebaran virus atau penyakit menular lainnya.
9

No Responses

Write a response