Gejala Kolesterol Dapat Diketahui Secara Dini

Ketidaktahuan akan gejala kolesterol menyebabkan banyak orang Indonesia meninggal karena tingginya kadar kolesterol. Kolesterol merupakan zat lemak yang dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh manusia. Kolesterol penting dalam pembentukkan membran sel, vitamin D. Kolesterol tidak larut dalam air karena kolesterol tidak mengalir didalam tubuh. Partikel di dalam tubuh yang membantu menurunkan kolesterol yakni lipoprotein.

Seseorang yang dapat dikatakan memiliki kadar kolesterol normal apabila memiliki ukuran 160-200 mg, sedangkan seseorang yang dikatakan memiliki kadar kolesterol tinggi bila sudah di atas 240 mg bahaya yang buruk yang dapat dialami penderita kolesterol yakni stroke dan serangan jantung.

signs-and-symptoms-of-high-cholestrol-1024x682

Gejala Kolesterol

Jika anda dicurigai mengidap penyakit kolesterol, anda diharuskan untuk segera memeriksakan diri anda. gejala kolesterol dapat anda kenali dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Kesemutan

Seseorang yang mengidap kolesterol akan sering mengalami kesemutan pada saat duduk dalam waktu yang lama. Hal itu disebabkan aliran darah pada tubuh yang tidak mengalir secara baik. Bagian tubuh yang sering kesemutan pada penderita kolesterol tinggi yakni kaki dan tangan.

  1. Pusing

Gejala kolesterol pada penderitanya akan merasa pusing pada bagian kepala, yang di sebabkan tidak lancarnya aliran darah pada kepala.

  1. Dada sebelah kiri terasa nyeri

Gejala kolesterol yang sering diketahui adalah rasa nyeri pada dada sebelah kiri yang disebabkan oleh penyempitan pada pemburuh darah pada area jantung. Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh, hati – hati untuk penderita kolesterol tinggi karena dapat menyebabkan serangan jantung.

  1. Merasakan tengkuk yang berat

Gejala kolesterol dapat di ketahui pada orang yang sering merasakan berat pada tengkuk, meskipun tidak sedang membawa barang.

  1. Sering merasakan pegal – pegal pada bagian tubuh

Gejala kolesterol dapat di ketahui dari ciri – ciri seringnya merasakan pegal-pegal meskipun tidak sedang membawa barang. Anggota tubuh yang sering merasakan pegal-pegal diantaranya  tangan, kaki dan pinggang. Untuk mengurangi rasa pegal-pegal pada tubuh yang datang secara tiba-tiba, perbanyak berolahraga untuk memperlancar aliran darah pada tubuh.

Penyebab Kolesterol pada tubuh anda :

Angina merupakan penyempitan pada salah satu atau lebih pembuluh darah pada saluran hati, sehingga aliran darah tidak mengalir dengan lancar di dalam tubuh

Kelebihan kolesterol dalam tubuh menyebabkan serangan jantung, disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah sehingga darah tidak bisa mengalir keseluruh tubuh. Penderita yang mengalami serangan jantung akan berakibat buruk pada si penderita. mengatur pola makan yang baik akan menurunkan kolesterol tinggi.

Stroke disebabkan oleh penyumbatan pada salah satu pembuluh darah yang biasanya menyerang pada anggota tubuh seperti leher, kaki dan otak pada umumnya anggota tubuh yang terserang stoke akan sulit bergerak.

Fakta penting tentang kolesterol

  1. Faktor resiko terbesar terhadap kolesterol adalah gaya hidup yang tidak dijaga. Untuk menjaga kelesterol pada tubuh anda maka diimbagi dengan berolahraga. Konsumsi makanan sehat dan buah-buahan segar.
  2. Anda yang memiliki kebiasaan merokok, memiliki berat badan yang berlebih, serta memiliki tekanan darah tinggi, mengidap penyakit diabetes dan memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan sejak usia 20 tahun. Hal ini dapat menanggulangi penyakit sedini mungkin dan hal-hal buruk yang berkaitan dengan kolesterol dapat dicegah.
  3. Anda yang tidak memiliki kebiasaan merokok dan tidak memilki riwat keluarga yang memiliki penyakit jantung dapat memulai untuk melakukan pemeriksaan pada usia 35 tahun. Apabila anda didiagnosis dalam keadaan sehat dapat di melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam jangka 5 tahun sejak dari waktu pertama periksa kadar kolesterol anda.
  4. Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi di haruskan rutin untuk cek kadar kelesterol pada tubuh anda, untuk mencegah dampak buruk pada tubuh anda.
  5. Untuk melakukan pemeriksaan sebaiknya anda terlebih dahulu berpuasa selama 9 -12 jam. Pemeriksaan kadar kelesterol dilakukan untuk mengetahui milligram (mg) kolesterol yang terdapat dalam setiap desiliter (dL) darah.

Makanan yang menyebabkan kadar kolesterol anda meningkat

Hindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Pada makanan ini dapat anda jumpai pada makanan yang digoreng/ berminyak, kulit ayam, kulit bebek, makanan bersantan, margarine dan makanan ringan seperti biscuit dan roti.

Makanan Berkolesterol

Makanan yang dapat anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol

  1. Ikan yang terdapat pada ikan sarden salmon dan tuna yang kaya akan kandungan omega 3 yang sangat baik untuk jantung
  2. Gandum yang dapat menurunkan kolesterol jahat, dalam kandungan gandum kaya akan serat larut, setidaknya memerlukan 5 – 10 gram serat larut untuk menurunkan kadar kolesterol
  3. Kacang –kacangan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung
  4. Minyak zaitun, terdapat kandungan antioksidan yang dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat pada tubuh anda, anda dapat menggunakan minyak zaitun dua sendok makan dalam sehari untuk masakan anda
  5. Konsumsi buah – buahan yang kaya akan kandungan pectin seperti buah apel, anggur, stroberi dan jeruk, anda juga dapat mengkonsumsi avokad yang tinggi akan kandungan lemak tidak jenuh
  6. Konsumsi makanan yang berbahan kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai yang dapat menurunkan kadar kolesterol.
Chinese food

Chinese food

No Responses

Write a response