Gejala dan Diagnosis Penyakit Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin anda pernah merasakan rasa sakit yang sangat menggangu pada persendian anda, yang anda alami pada sendi jempol kaki dan disertai dengan bengkak kemerahan. gejala yang anda alami kemungkinan anda menderita penyakit asam urat atau pirai / gout. penyakit ini merupakan radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar persendian anda. Baca juga penyebab asam urat yang perlu diwaspadai

Gejala asam urat

Umumnya gejala yang dialami oleh penderita asam urat akan terasa sakit pada persendian yang datang secara tiba – tiba yang menyerang pada sendi pada kaki. seseorang yang menderita asam urat akan merasakan kesulitan untuk berjalan yang disebabkan rasa sakit yang sangat menggangu terutama untuk aktifitas sehari – hari. Walaupun asam urat bisa kapan saja menyerang , gejala asam urat seringkali datang pada malam hari yang gejala dapat dialami selain yang sudah disebutkan diatas, gejalanya yang dapat dialami oleh penderita asam urat yakni :

  1. Penderita asam urat akan mengalami pembekakan di dalam dan disekitar sendi yang mengalami radang sendi.
  2. Penderita asam urat kulit di atas sendi akan terlihat memerah dan mengkilap.
  3. Penderita asam urat akan merasakan sakit yang tak tertahankan terutama pada bagian yang sakit akibat asam urat.
  4. Pada saat radang pada sendi mereda, kulit pada area akan terlihat mengelupas dan merasakan gatal

Persendian yang seringkali mengalami serangan penyakit asam urat

Persendian yang terletak pada ujung anggota badan umumnya memiliki kerentanan terhadap serangan penyakit asam urat terutama jempol kaki dan umumnya penderita asam urat akan merasakan rasa sakit dibeberapa titik jempol kaki penderitanya. namun bisa  saja asam urat menyerang pada sendi manapun dan dapat menyerang lebih dari satu sendi dalam waktu yang bersamaan, sehingga rasa sakit yang dialami penderita terasa menyakitkan. terlebih bila asam urat yang tidak segera diobati akan berdampak buruk pada kesehatan anda. selain sendi pada kaki pada menyerang akibat asam urat juga menyerang sendi yang lain pada tubuh manusia diantaranya pergelangan kaki, kaki bangian tengah, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Pola gejala penyakit asam urat yang dapat terjadi pada penderitanya

Sepuluh dari enam penderita penyakit asam urat akan mengalami serangan yang sama di kemudian hari, datangnya penyakit asam urat tidak dapat diprediksi penderitanya bisa merasakan sakit akibat asam urat baik minggu, bulan bahkan tahun. umumnya gejala yang ditimbulkan mulai berkembang secara cepat dengan tempo beberapa jam yang dapat berlangsung selama tiga hari sampai sepuluh hari, dan setelahnya penderita asam urat akan berangsur membaik.

Namun ada juga beberapa penderita asam urat yang mengalami asam urat hanya beberapa kali saja dan bahkan tidak mengalami gejala asam urat setelah sembuh apabila penderitanya segera melakukan tindakan untuk penyembuhan dan melakukan berbagai macam pencegahan agar supaya asam urat tidak lagi kambuh, namun apabila penderita asam urat tidak segera melakukan penyembuhan ataupun pencegahan secara dini maka akan semakin meningkat potensi terserangnya penyakit asam urat dan bahkan akan menyerang pada bagian sendi yang lain, sehingga perlu di perhatikan untuk pencegahan dan pengobatannya untuk mengatasi asam urat.

Bagian yang terserang asam urat

Diagnosis penderita asam urat

Untuk mendiagnosis gejala – gejala yang di timbulkan oleh asam urat umumnya juga dilakukan beberapa tahapan untuk mendiagnosis penyakit asam urat selain wawancara dan pemeriksaan fisik pada penderita asam urat seperti keluhan yang dialami dapat membantu dokter untuk mengetahui seberapa jauh penyakit yang diderita oleh pasiennya, kemudian juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab darah dan, pemeriksaan cairan sendi, dan X – rey.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh penderita asam urat untuk proses penyembuhan ataupun pencegahan bagi anda yang belum terkena penyakit asam urat, untuk mengurangi penderita asam urat yang saat ini sudah semakin meningkat ditiap tahunnya anda apat mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat yakni:

  1. Istirahat yang cukup usahakan anda memiliki pola tidur yang baik untuk menjaga kesehatan anda minimal anda memiliki waktu tidur sebanyak 9 jam perhari agar anda tidak mudah terserang berbagai penyakit terutama asam urat.
  2. Mengkonsumsi air putih, dengan anda banyak mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari akan meningkatkan daya tahan tubuh anda dan cairan tubuh anda akan tercukupi untuk mencegah dehindrasi.
  3. Angkat tungkai / sendi yang sedang mengalami serangan jika berbaring dan hindari dari benturan untuk mencegah rasa sakit pada bagian tubuh anda yang terserang penyakit asam urat.
  4. Bila pada persendian anda meradang maka lakukan pengompresan untuk meringankan rasa sakit dan agar tidak mengalami pembekakan
  5. Hindari makanan yang mengandung banyak kadar asam urat (purin) yang tinggi yang dapat meningkatkan resiko terhadap asam urat
  6. Jangan mengkonsumsi alkohol yang dapat merusak tubuh terutama untuk kesehatan, banyak kandungan pada alkohol yang dapat merusak kesehatan tubuh selain jaringan sel pada tubuh juga dapat menyebabkan penyakit asam urat sehingga anda perlu menghindari minumam alkohol.

 

No Responses

Write a response