Gejala Amandel pada Anak dan Orang Dewasa

Informasi mengenai gejala amandel sering kali simpang siur di masyarakat, oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa saja yang menyebabkan penyakit amandel terjadi. Sebelum membahas pokok bahasan utama kali ini, saya ingin sedikit mengulas kembali mengenai amandel. Banyak kalangan masyarakat yang menganggap amandel adalah penyakit, padahal amandel merupakan bagian dari tubuh kita yang berfungsi untuk mencegah virus yang masuk kedalam tubuh.

Fungsi amandel yang aktif dalam menghadapi serangan virus membuatnya mudah terinfeksi apalagi yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Penyakit amandel bisa terjadi disemua umur tanpa kecuali, baik terjadi pada orang dewasa maupun pada anak. Amandel pada anak biasanya karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna sehingga mudah sekali terkena radang amandel. Amandel pada orang dewasa biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcal.

Gejala Amandel Secara Umum

Gajala amandel secara umum ini biasanya terjadi pada orang dewasa maupun beberapa remaja. Secara umum amandel memiliki ciri-ciri yang bisa dikenali meskipun agak susah karena sifatnya yang identik dengan gejala penyakit lain. Berikut ini beberapa gejala amandel pada orang dewasa yang bisa anda kenali:

1. Tenggorokan Sakit
Secara umum pembahasan mengenai kenapa sakit tenggorokan menjadi gejala penyakit amandel sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Tenggorokan biasanya digunakan oleh dokter untuk menguji sampel. Pengujian dilakukan dengan pengamatan fisik dan mengusap pada sisi belakang tenggorokan untuk mengambil sampel. Sampel tersebut kemudia diteliti di laboratorium untuk mamastikan apakah ada bakteri streptococcal yang masuk atau beberapa faktor lain yang meyebabkan infeksi amandel.

2. Timbul Rasa Sakit Saat Menelan Makanan
Saat terjadi infeksi pada amandel, amandel menjadi terlalu sensitif terhadap setiap benda yang dimasukkan melalui mulut. Pada beberapa kasus amandel menjadi bengkak dan mengakibatkan pasien mengalami rasa sakit saat menelan makanan. Apabila anda mengajala gejala seperti itu anda bisa memeriksakan diri anda untuk memastikan apakah sakit pada saat menelan tersebut merupakan gejala amandel atau bukan.

3. Muncul Bintik-Bintik Putih pada Amandel
Perubahan fisik yang diakibatkan oleh infeksi amaandel adalah munculnya bintik-bintik yang berwarna putih atau kuning pada amandel. Pengamatan munculnya bintik-bintik putih ini digunakan oleh dokter untuk memastikan apakah amandel anda terinfeksi atau tidak. Bintik putih ini terjadi karena bakteri-bakteri mulai menyerang pertahanan amandel sehingga kadang ada nanah.

4. Badan Terasa Lelah
Gejala amandel yang juga sering muncul adalah rasa lelah pada pasien. Kejadian ini diakibatkan karena kurangnya asupan gizi karena paseien merasa malas untuk makan akibat rasa sakit yang diderita saat menelan makanan. Pasien akan sangat membutuhkan asupan mineral karena cairan dalam tubuh akan berkurang secara drastis. Anda perlu banyak minum air untuk mencegah dehidrasi yang lebih lanjut.

5. Batuk-Batuk
Batuk merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan zat asing pada tenggorokan. Itulah sebabnya batuk menjadi salah satu gejala amandel yang sering terjadi pada orang dewasa. Biasanya pasien mengalami gatal pada tenggorokan dan untuk menghilangkan rasa gatal tersebut otak menginstruksikan untuk batuk agar bakteri bisa keluar.

6. Bau Napas
Pada saat terjadi amandel, biasanya pasien akan memproduksi jumlah air liur yang lebih banyak dibandingkan ketika pada kondisi normal. Banyaknya air liur ini sebenarnya merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi amandel. Biasanya orang yang mempunyai air liur yang melimpah akan banyak meludahkannya dan kadang air liur dan infeksi amandel pada orang dewasa tersebut mengakibatkan nafas menjadi bau.

Gejala Amandel Pada Anak

Amandel pada anak bisa terjadi kapanpun karena sifat amandel yang dapat ditularkan. Ini menyebabkan anak bisa memperoleh amandel dari temannya saat bermain di lapangan atau ditempat lain. Udara merupakan media penularan yang sangat cepat antar satu anak dengan anak yang lainnya. Gejala Amandel pada anak juga lebih sulit dikenali karena anak sendiri belum begitu tau mengenai infeksi amandel, sehingga anda yang harus aktif mengidentifikasi gejala tersebut. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda perhatikan untuk mengidentifikasi apakah anak anda mengalami infeksi amandel :

1. Susah Makan dan Rasa Sakit Saat Menelan
Seperti amandel pada orang dewasa, anak biasanya susah ketika disuruh makan. Jangan pernah memarahi anak anda hanya karena susah makan, ketahuilah kadang anak merasa sakit ketika akan menelan makanan seperti yang terjadi pada orang dewasa. Rasa sakit saat menelan ini membuat kondisi anak menjadi lemah dan pucat karena asupan gizinya tidak terpenuhi.

2. Banyak Mengeluarkan air liur
Air liur digunakan untuk menetralisir apa yang ada didalam mulut anak. Meskipun banyak faktor kenapa anak “ngeces”, tapi perhatikan hal ini sebagai salah satu gejala yang bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah anak anda terkena penyakit amandel.

3. Sakit Perut
Gejala lain yang terjadi pada anak-anak adalah perutnya merasa sakit tanpa sebab yang pasti. Ini terjadi karena virus sedikit demi sedikit masuk kedalam tubuh akibat amandel tidak bisa menangani hal itu karena telah terinfeksi. Apabila anak anda sakit perut ditambah dengan sering ngeces dan muntah segeralah cek kondisi fisik dan amati amandel anak anda. Bila ada bintik-bintik putih segeralah bawa anak anda ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.

Dengan mengetahui beberapa gejala amandel diatas, diharapkan anda dapat melakukan pertolongan pertama untuk mengobati amandel sendiri dirumah. Hal ini baik untuk kondisi anak anda maupun untuk orang dewasa. Semoga artikel mengenai gejala amandel ini bisa menambah wawasan anda mengenai salah satu jenis infeksi yang terjadi pada area mulut hingga tenggorokan.

No Responses

Write a response