Ciri-Ciri Tipes Yang Dapat Anda Kenali Dengan Mudah

Tipes atau Tifoid dapat terjadi akibat infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit yang sering menyerang pada anak-anak ini, dapat membahayakan nyawa apabila tidak segera ditangani dengan baik dan secepatnya.

Penyakit yang sering menyerang anak-anak ini di sebabkan karena daya tahan tubuh pada anak masih sangat rendah dibandingkan dengan orang dewasa. Penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa, apabila daya tahan tubuh menurun dan kondisi lingkungan yang buruk seperti sanitasi yang kurang baik

Kondisi air yang kurang bersih menyebabkan penyakit tipes ini akan sangat mudah menyerang. Sehingga kondisi lingkungan harus benar-benar diperhatikan untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

gejala penyakit tipes

 

Gejala Utama Tipes : Panas Tinggi

Ciri-Ciri Tipes yang umum terjadi mulai muncul pada 1-3 minggu setelah tubuh terinfeksi, dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Panas Tinggi terjadi dengan suhu badan mencapai 39°C-40°C. Terjadi pada minggu pertama dan suhu badan akan naik turun pada minggu kedua dan demam akan meninggi
  2. Sakit Kepala pada penderita tipes dapat berlangsung selama tiga hari, sehingga dengan mengetahui ciri-ciri dari penyakit tipes dapat segera dilakukan pengobatan dengan cepat.
  3. Sakit Perut, pada penderita tipes akan merasakan rasa sakit pada perut yang di sebabkan luka pada saluran pencernaan, sehingga perut akan terasa sakit.
  4. Diare, biasanya orang yang terserang penyakit tipes akan mengalami diare, dan tidak jarang ada yang merasa sakit saat buang air besar, disebabkan oleh oleh limfa dan hati yang bengkak, dan tak jarang penderita tipes akan merasa mual dan muntah. ciri-ciri  tipes juga dapat dilihat pada bercak merah kecil pada bagian perut.
  5. Bibir Pecah – Pecah, ciri-ciri tipes dapat dikenali dengan kondisi pada penderitanya yang mengalami bibir pecah-pecah dan bibir yang kering, tidak hanya itu penderita tipes juga dapat mengalami peradangan pada tenggorokan.
  6. Tubuh Terasa Lemas, ciri-ciri tipes dapat di lihat pada penderitanya dengan badan terasa lemas, dan badan untuk beraktifitas terasa berat, dan apabila dipaksakan untuk beraktifitas suhu badan akan tinggi.
  7. Hilang Nafsu Makan sehingga menyebabkan turunnya berat badan

Dengan mengetahui ciri-ciri tipes maka anda dapat mengetahui gejala yang anda alami sehingga anda dapat segera mengambil tindakan untuk proses penyembuhan. Semakin cepat penanganan dalam penyembuhan maka proses penyembuhan akan semakin cepat dan resiko yang buruk pun dapat dihindari.

Pengobatan pada Penyakit Tipes

Penyakit Tipes pada umumnya diobati dengan antibiotik (ceftriaxone, levofloxacin, ciprofloxacin). Penderita dapat di berikan antibiotik apabila gejala tipes baru menginjak waktu kurang dari 7 hari. Gejela tipes mulai mereda setelah 5 sampai 7 hari sejak pemberian obat antibiotik.

Apabila tidak segera diobati kondisi penderita penyakit tipes akan semakin memburuk selama beberapa minggu, dan lebih dari 10% penderita penyakit tipes yang tidak segera ditangani dapat berakibat buruk. Pengobatan pada penyakit tipes dapat memanfaatkan cacing tanah untuk penyembuhan, didalam kandungan cacing tanah memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, mempunyai protein alami asam omega 3, yang dibutuhkan oleh penderita tipes.

Kandungan Enzim pada cacing tanah antara lain:

  • Terdapat kandungan Enzim Lumbrokinase, yang menormalkan tekanan darah,
  • Terdapat kandungan enzim Peroksidase dan Katalase sangat efektif dalam penyembuhan penyakit degeneratif seperti, diabetes mellitus, kolesterol tinggi dan rematik.
  • Terdapat kandungan Enzim Selulase dan Lignase mengatasi gangguan pencernaan atau maag.
  • Terdapat kandungan Kandungan lain yang dimiliki adalah Arachidonicacid efektif sebagai penurun suhu tubuh,
  • Terdapat kandungan Zat penghambat perkembangan kuman Salmonella typhimurium,
  • Terdapat kandungan scherichia coli, Staphylococcus albus,
  • Terdapat kandungan Bacillus cereus,
  • Terdapat kandungan Listeria monocytogenes,
  • Terdapat kandungan efektif untuk dan sebagai cara mengobati tipes ,diare dan lain-lain.

 

Penyebab Terinfeksinya Bakteri Salmonella Typhi

Salmonella typhi masuk melalui makanan yang di konsumsi. Makanan yang terkontaminasi oleh bakteri akan masuk ke dalam sistem pencernaan, sehingga akan menyebabkan panas yang tinggi, sakit perut dan diare, yang di sebabkan oleh bakteri yang sudah berkembang biak di dalam tubuh

Untuk mencegah masuknya bakteri salmonella perhatikan makanan yang masuk di dalam tubuh, misalnya usahakan tidak terlalu sering untuk membeli makanan diluar yang kebersihannya belum terjamin

Pergunakan air yang dimasak hingga mendidih sehingga bakteri yang ada di dalam air dapat mati. Kelola sanitasi di rumah anda dengan baik agar tidak mencemari air yang anda gunakan, usahakan jarak minimum dari sumur dengan sanitasi berkisar 10 meter.

Mencegah Terserangnya Penyakit Tipes :

Dalam mencegah terserangnya penyakit tipes dapat dilakukan dengan melakukan vaksinasi dengan dipadukan dengan pengelolaan sanitasi yang baik. Pastikan ketersediaan air yang bersih dan selalu menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. Minumlah air putih minimal 8 gelas perhari untuk menetralisir bakteri yang ada di dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh meningkat. Untuk menghindari terjangkitnya penyakit tipes dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Mencuci tangan dengan sabun ketika selesai BAB, dan cuci tangan sebelum makan untuk mencegah bakteri masuk kedalam tubuh.
  • Konsumsi air yang sudah dimasak/matang untuk membunuh bakteri di dalam air, jika harus membeli minuman sebaiknya minum air dalam kemasan atau produk yang sudah terjamin kualitasnya.
  • Hindari mengkonsumsi buah yang belum di cuci, sebaiknya anda sebelum memakannya akan lebih baik jika di cuci atau di kupas kulitnya terlebih dahulu agar supaya bakteri yang menempel di kulit buah tidak masuk ke dalam tubuh.
  • Hindari mengkonsumsi sayuran yang belum dimasak usahakan sayuran yang anda konsumsi sudah di cuci dan direbus untuk menghilangkan bakteri yang ada di sayuran tersebut.
  • Hindari menggunakan alat-alat mandi dengan bergantian seperti handuk, sabun, sikat gigi dan usahakan selalui menjaga kebersihan dari alat-alat mandi yang anda gunakan untuk menjaga kebersihannya
  • Bersihkan toilet secara teratur, agar supaya kuman tidak berkembangbiak di toilet
  • Jauhkan makanan dari lalat, jangan sampai dihinggapi lalat agar supaya tidak terkontaminasi kuman ataupun bakteri yang menyebabkan tipes.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita tipes untuk proses pemulihan yakni:

  • Konsumsi makanan yang mudah dicerna/lunak seperti bubur dan hindari mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna, sebab makanan yang sulit dicerna dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus halus.
  • Konsumsi makanan yang mangandung kabohidrat tinggi seperti nasi bubur dan kentang rebus
  • Konsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi seperti telur rebus, telur asin, tahu dan tempe.
  • Konsumsi buah segar dan hindari konsumsi buah yang asam seperti jeruk, nanas
  • Hindari makanan yang berminyak dan berlemak (berserat tinggi) karena dapat memperburuk diare pada penederita pasien.

No Responses

Write a response