Ciri-Ciri Penyakit Maag Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi anda yang pernah merasakan maag namun belum tau ciri-ciri penyakit maag secara keseluruhan. Anda perlu mengetahui ciri-ciri penyakit maag yang menyerang anda, sehingga anda yang mengetahui ciri-ciri penyakit maag dapat mengambil tindakan untuk proses pengobatan maupun pencegahan sebelum penyakit maag semakin memburuk.

Penyakit maag di kenal dengan dyspepsia dalam dunia medis, seseorang yang terkena maag biasanya mereka yang tidak memiliki keteraturan dalam pola makan dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang berefek pada sakit maag, pola tidur yang tidak teratur, dan mengalami stres.

Maag umumnya menyerang mereka yang sering terlambat makan dan biasanya penyebab maag tersebut diakibatkan oleh  luka atau peradangan pada lambung sehingga menyebabkan sakit, mules dan perih pada perut. Baca juga Sakit maag yang dapat anda kenali

Ciri-Ciri Penyakit Maag

Dengan mengetahui ciri – ciri penyakit maag yang menyerang penderitanya diharapkan dapat segera mengambil tindakan baik dengan memeriksakan diri ataupun dengan obat maag. Semakin cepat anda mengambil tindakan untuk proses penyembuhan maka penyakit maag dapat lebih cepat disembuhkan dibandingkan dengan yang terlambat mengobati yang proses penyembuhannya akan lebih lama, ciri – ciri penyakit maag yang perlu anda ketahui yakni :

  • Sakit saat buang air besar
  • Rasa mual dan muntah, gejala yang dapat diketahui rasa mual dan muntah merupakan gejala awal yang dapat di ketahui akibat sakit maag.
  • Sering merasakan lapar pada waktu yang tidak wajar. Bagi anda yang tidak menjaga pola makan yang teratur akan lebih merasakan cepat lapar dibandingkan orang yang selalu menjaga pola makan dengan tepat, seseorang yang tidak memiliki pola makan yang teratur cenderunglebih mudah untuk terkena maag di bandingkan dengan orang yang menjaga pola makannya.
  • Perut terasa kembung, seseorang yang merasakan kembung akibat terlalu banyak gas didalam lambung.
  • Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada.
  • Perut sakit, atau di ulu hati.
  • Sering bersendawa, seseorang yang mulai terserang maag akan lebih sering sendawa akibat banyaknya gas yang ada di lambung hal tersebut merupakan tanda – tanda penyakit maag
  • Rasa sakit yang mudah hingga merasakan nyeri yang hebat

Makanan yang Harus Anda Hindari pada Saat Maag

Bagi anda yang sedang menderita maag harus diperhatikan makanan yang anda konsumsi untuk mencegah hal buruk yang mungkin terjadi pada anda, sehingga pada saat maag maka hindari makanan sebagai berikut

  1. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat.
  2. Sumber protein hewani contohnya daging yang berlemak, ikan asin, ikan pindang
  3. Makanan yang berdampak pada rusaknya dinding lambung yakni ketan, jagung dan ubi talas. Sayuran tertentu (sawi, kol, nangka muda,nanas) Buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon, durian) Makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan)
  4. Minuman yang mengandung soda seperti soft drink.
  5. Makan yang dapat merusak dinding lambung yakni pedas, mrica
  6. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung, karena hal tersebut dapat menyebabkan meingkatkan peregangan di lambung yang pada akhirnya dapat meningkatkan asam lambung seperti makanan berlemak, kue tart dan keju
  7. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah yang dapat menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan yakni makanan tinggi lemak, santan kental, goreng – gorengan.

durian

Tips untuk Mencegah Terjadinya Maag

  1. Pastikan ada jarak paling tidak 2 jam antara selesai makan dengan tidar, sebab pada waktu 2 jam tersebut diperlukan untuk proses pencernaan anda sehingga perut tidak terasa kenyang dan agar supaya asam lambung tidak lagi diproduksi oleh perut sehingga tidak menyebabkan maag atau naiknya asam lambung.
  2. Berhenti merokok dan minuman keras, efek dari keduanya sangat buruk bagi kesehatan tidak hanya merusak kesehatan paru – paru, jantung dan hati namun juga memiliki efek terhadap penyakit maag, sehingga anda perlu menghindari dari keduanya tersebut untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruhan.
  3. Kurangi makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein, yang dapat memicu sakit maag atau naiknya asam lambung yakni jus jeruk nipis, lemon coklat dan cabai.
  4. Ada baiknya ketika anda sedang makan lebih baik dengan porsi makan yang sedang sebab bila anda makan dengan porsi yang besar dapat memicu perut memproduksi terlalu banyak asam lambung yang dapat menyebabkan maag.
  5. Usahakan ketika makan anda memakanya dengan perlahan sebab dibutuhkan waktu bagi lambung untuk proses pencernaan makanan sehingga pencernaan diproses dengan baik, untuk pencegahan maag.
  6. Perhatikan pakaian yang anda gunakan yakni usahakan memakai pakaian yang tidak ketat yang bertujuan untuk mencegah naiknya asam lambung.

Dengan melakukan tips-tips tersebut maka anda akan terhindar dari penyakit maag yang mungkin tanpa anda sadari. Dengan mengatur pola makan dan menjaga asupan gizi dan rajin berolahraga membantu anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh anda lebih kuat terhadap berbagai macam penyakit seperti maag dan penanganan secara dini akan lebih mudah untuk proses penyembuhan apabila mengetahui gejala-gejala penyakit yang di timbulkan.

No Responses

Write a response