Ciri-Ciri Amandel yang Terinfeksi

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami amandel atau tidak, kita bisa mengamati apakah ciri-ciri amandel tersebut terdapat pada pasien atau tidak. Meskipun agak sulit untuk mengenalinya namun pengamatan ini bisa menjadi langkah anda untuk melakukan pengobatan pada penyakit amandel. Sebelum membahas pokok bahasa tersebut, terlebih dahulu saya ingin membahas mengenai amandel. Amandel merupakan bagian dari tubuh manusia yang berfungsi untuk menghadang serangan virus dan bakteri penyebab penyakit amandel.

Jika selama ini anda masih menganggap amandel adalah penyakit maka anggapan anda adalah keliru dan saya sarankan untuk membaca artikel mengenai pengertian penyakit amandel atau yang biasa disebut dengan tonsilitis. Secara umum kita menyadari bahwa resiko dari fungsi amandel adalah terinfeksinya amandel yang berada di sisi belakang tenggorokan anda karena perjuangannya menghadapi segala bentuk virus dan bakteri penyebab amandel yang masuk ke dalam tubuh.

ciri-ciri penyakit amandel

Ciri-ciri Penyakit Amandel

Dokter biasanya dapat mengidentifikasi penyakit amandel dari cici ciri amandel yang memang bisa dilihat dan diamati secara langsung atau menggunakan alat khusus. Anda juga sebenarnya bisa mengamati hal tersebut, namun saya sarankan apabila anda ragu segeralah meminta bantuan dokter untuk memastikan hal tersebut. Berikut ini beberapa ciri-ciri amandel yang terinfeksi:

1. Amandel Memerah dan Bengkak
Tanda pertama yang bisa anda kenali adalah kondisi amandel itu secara langsung. Amandel terletak pada sisi belakang tenggorokan manusia. Anda bisa menggunakan bantuan senter bila mengamatinya sendiri dirumah. Apabila anda menemukan bahwa amandel pada anak atau orang dewasa yang anda amati tersebut kelihatan merah sekali dan bengkak maka segeralah bawa ke dokter untuk mematikan apakah anda bisa rawat jalan dengan pengobatan sendiri dirumah atau dengan cara pembedahan amandel. Anda jangan langsung memberikan antibiotik bila amandel tidak terlalu parah karena dokter sendiri biasanya tidak akan memberikan resep antibiotik bila radang amandel tidak begitu parah. Hal ini berdasarkan pertimbangan dari efek samping antibiotik bila digunakan untuk jenis virus yang tidak berbahaya.

2. Tenggorokan Sakit
Sakit tenggorokan juga menjadi ciri-ciri amandel yang biasanya dijadikan acuan oleh para dokter untuk mengindentifikasi penyakit amandel. Dokter akan mengamati kondisi fisik dari tenggorokan dari bagian leher bagian atas bawah rahang. Dokter akan melakukan beberapa sentuhan pada area tersebut, apabila anda merasakan sakit saat leher anda dipegang maka ada indikasi bahwa anda mengalami radang amandel yang pastinya didasarkan dari hasil pengamatan faktor lain.

3. Rasa Sakit Saat Menelan Makanan
Pertanyaan yang biasanya dilontarkan oleh dokter adalah: apakah tenggorokan anda sakit bila sedang menelan makanan? jika iya maka ada indikasi bahwa terjadi iritasi pada amandel anda yang menyebabkan anda merasa sakit saat menelan makanan. Ciri-ciri amandel ini biasanya banyak terjadi pada anak-anak meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa sekalipun.

4. Ada Bercak Putih Pada Amandel
Pada Amandel normal tidak akan pernah ada bercak putih / atau bintik-bintik putih yang menyerupai nanah. Bercak putih tersebut merupakan salah satu ciri-ciri amandel yang terinfeksi. Pengamatan untuk melihat bercak ini tidak jauh berbeda dengan pengamatan amandel yang bengkak, yaitu pengamatan dilakukan langsung pada area amandel yang terletak pada bagian sisi belakang tenggorokan.

5. Suara Menjadi Hilang atau Serak
Serak merupakan salah satu tanda-tanda amandel yang biasanya muncul pada beberapa hari setelah anda mengalami sakit tenggorokan. Suara serak ini biasanya diakibatkan oleh pembengkakan pada saluran tenggorokan. Pembengkakan pada saluran tenggorokan ini dikenal dengan nama Laryngitis.

6. Ciri-Ciri Amandel yang lain
Pada beberapa kasus pasien akan mengalami ciri-ciri yang mirip dengan penyakit lain, biasanya penderita mengalami pilek, bau mulut, mual, nyeri perut dan pusing pada kepala. Pada kasus dimana amandel sudah kronis maka biasanya terjadi pembesaran pada kelenjar betah bening yang mengakibatkan penderita mendengkur saat tidur.

Demikian sedikit pembahasan mengenai ciri-ciri amandel yang terinfeksi, anda bisa menambah wawasan anda mengenai radang amandel ini dengan membaca artikel terkait seperti gejala amandel pada anak atau virus dan bakteri penyebab amandel. Terimakasih atas kunjungan anda di blog saya dan semoga informasi mengenai ciri-ciri penyakit amandel ini bermanfaat bagi semua dan saya doakan semoga lekas sembuh apabila anda sedang mengalami radang amandel.

No Responses

Write a response