Cara Untuk Menghilangkan Plak Pada Gigi

Bila anda kurang memperhatikan kesehatan gigi dapat berakibat fatal, sebab dalam sehari-hari makanan selalu masuk ke dalam mulut dan tentunya gigi anda perlu dibersihkan. Bila tidak dibersihkan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi anda. Anda wajib untuk menjaga kebersihan gigi anda, ada beberapa cara dalam menghilangkan plak pada gigi yang tentunya efektif dalam menjaga kesehatan mulut anda.

Sebelum jauh membahas dalam mengatasi plak pada gigi anda, terlebih dahulu anda mengetahui terbentuknya plak pada gigi anda. Plak gigi terbentuk akibat menempelnya berbagai macam jenis bakteri pada gigi. Plak gigi terlihat seperti lapisan licin dan tipis yang berwarna kuning atau putih yang umunya berada diantara gigi dan sepanjang batas gusi pada gigi. Plak gigi akan terlihat apabila gigi tidak disikat.

Cara untuk menghilangkan plak pada gigi

Plak pada gigi terjadi ketika anda makan makanan atau minum susu, minuman ringan, kue, permen, atau produk yang mengandung karbohidrat yang tertinggal pada gigi anda. Sisa makanan tersebut menyisakan bakteri yang hidup di mulut yang mengeluarkan asam dan mampu menghancurkan enamel gigi (lapisan pelindung terluar gigi) dan mengakibatkan gigi anda berlubang.

Penyakit Yang Dapat Di Timbulkan Dari Plak Gigi

Bagi anda yang mengabaikan plak pada gigi anda, maka anda perlu berhati-hati efek yang ditimbulkannya. Plak pada gigi dapat menimbulkan kerusakan pada gigi, tulang pendukung gigi dan bahkan gusi seperti :

  • Gigi berlubang atau membusuk, apabila tidak ditangani atau diobati dapat menyebabkan kerusakan dan dapat menyebar hingga pulpa (lapisan akar) di tengah gigi dan menyebabkan sakit gigi serta abses.
  • Kalkulus (tartar), lapisan plak yang mengeras seperti semen yang tidak dapat dihilangkan dengan sikat gigi.
  • Gingivitis, peradangan pada gusi yang membuat gusi menjadi merah, bengkak.
  • Periodontitis, infeksi pada gusi yang menyebar dan menyebabkan kerusakan tulang pada gigi di sekitar rahang. Pada penyakit ini dapat terjadi apabila gingivitis memburuk, periodontitis mengakibatkan terbentuknya celah antara gusi dengan gigi. Apabila tidak segera di tangani atau di obati, perlahan-lahan gigi akan melepasakan diri dari gusi yang menyebakan gigi dapat lepas / copot.

Pencegahan dan Menghilangkan Plak Pada Gigi

Untuk pencegahan dan menghilangkan plak pada gigi anda dapat melakukan tahapan-tahapan yang dapat membantu mengatasi masalah plak pada gigi anda diantaranya :

  • Rutin untuk membersihkan gigi dengan cara menyikat gigi. Cara ini terbukti dapat mengatasi masalah plak pada gigi anda, dengan rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari baik pagi dan malam hari. Menyikat gigi membantu mencegah pembentukan plak dan menghancurkan setiap plak yang sudah mulai terbentuk. Apabila anda tidak rutin untuk membersihkan gigi, plak pada gigi akan membentuk dan terus berkembang. Disarankan untuk menyikat gigi menggunakan sikat gigi yang lembut dan dengan pasta gigi berfluoride selama dua menit.
  • Rutin membersihkan gigi dan mulut dengan mengumur dengan mouth rinse atau obat kumur, obat kumur berfungsi untuk mencegah penumpukan plak. Baca Juga Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Mulut 
  • Hindari makanan dan minuman manis dan lengket seperti permen, kismis, camilan berlapis coklat atau minuman bersoda.
  • Konsumsi makan dengan takaran yang tepat dan seimbang dan batasi cemilan dengan tingkat kemanisan yang tinggi yang dapat merusak gigi ataupun meningkatkan pertumbuhan plak pada gigi, jika menginginkan cemilan, pilihlah yogurt murni (tanpa perasa atau pemanis buatan), keju, buah atau sayuran mentah, selain dapat menghilangkan sisa makanan, sayuran seperti seledri juga dapat membantu air liur menetralkan asam penyebab plak.
  • Dianjurkan untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut anda minimal 6 bulan sekali.
1

No Responses

Write a response