Cara Mudah Mengatasi Masalah Bau Badan

Tidak bisa mengatasi bau badan sering dirasa mengganggu bagi orang orang yang aktif beraktivitas terutama pada siang hari, bau badan dapat menyebabkan hilangnya rasa percaya diri. Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan timbulnya bau badan pada seseorang, salah satunya adalah keringat, keringat dapat membuat badan kita menjadi lembab terutama di daerah lipatan lipatan tubuh sehingga menjadi suatu media yang baik bagi pertumbuhan bakteri. Diantara bau yang dikeluarkan oleh tubuh, ketiak merupakan sumber utama dari bau badan pada seseorang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut diatas, yaitu pertama ketiak merupakan suatu daerah lipatan pada tubuh, sehingga menjadikan tempat tersebut lembab dan keringat mudah terperangkap di tempat tersebut. Faktor lain yaitu rambut pada ketiak yang merupakan tempat timbunan sekret dan bakteri sehingga pada akhirnya akan menambah bau pada ketiak.

Mengatasi bau badan yakni :

  • Mandi

Mandi dapat membantu anda dalam mengatasi masalah bau badan, dimana bau badan yang ditimbulkan disebabkan oleh bakteri yang menempel pada tubuh anda, dengan anda membersihkan diri anda dapat mengatasi masalah bau badan. selain membunuh kuman mandi juga dapat memberikan kesegaran pada tubuh anda. gosoklah semua tubuh hingga bersih, terutama pada daerah lipatan yang banyak mengandung keringat baik oleh keringat ataupun yang lainnya. dan setelah selesai keringkan dengan menggunakan handuk agar tubuh tidak lembab, sebab daerah yang lembab mudah menjadi tepat berkumpulnya kuman.

  • Gunakan Sabun Anti Bakteri 

Menggunakan sabun anti bakteri sangat membantu mengatasi bau badan, dimana terbukti bahwa dengan menggunakan sabun anti bakteri membantu dalam membunuh kuman pada tubuh anda, dan mencegah pertumbuhan kuman dan dapat dikendalikan, secara otomatis dapat mengurangi bau badan.

  • Mencukur Rambut 

Rambut yang terdapat di beberapa daerah tubuh sebaiknya dicukur supaya tidak menghasilkan kelembaban yang berlebihan yang bisa menimbulkan bau badan.

  • Gunakan Pakaian Yang Tepat 

Menggunakan pakaian yang tepat juga berpengeruh terhadap bau badan, untuk mencegah bau badan berlebih lebih baik gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat dan gunakan pakian yang tidak terlalu ketat dan tidak berbahan sintetis, lebih baik menggunakan pakaian yang longgar sehingga tubuh tidak gerah dan udara dapat masuk ke dalam tubuh.

  • Pemakaian Deodoran atau Antiperspiran

Pemakaian deodoran membantu dalam mengatasi bau badan, dalam penggunaannya dapat digunakan setelah mandi dengan tubuh yang sudah kering, kemudian pakailah deodoran pada bagian ketiak untuk memberikan kesegaran dan mencegah bauh badan berlebih.  Sementara itu, antiperspiran berfungsi untuk mengurangi keringat yang keluar dari tubuh. Produk ini diperlukan bagi mereka yang memproduksi keringat berlebih.

  • Perhatikan Makanan 

Cara lain untuk menghilangkan bau badan juga dapat di lakukan dengan menghindari makanan yang berpotensi menimbulkan bau badan. Adapun jenis makanan yang bisa membuat seseorang memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya.

Paprika dan aneka makanan pedas lainnya juga mungkin berperan bagi munculnya bau badan. Beberapa bumbu, seperti bawang merah dan bawang putih memungkinkan timbulnya bau badan. Selain itu, minuman berkafein dan mengandung alkohol bisa menyebabkan keringat berlebih yang berpotensi menciptakan bau badan. Baca Juga Jangan Terbuai Dengan Kenikmatan Kopi, Wajib Anda Tau Resikonya

Jika cara menghilangkan bau badan di atas masih belum berhasil, langkah medis berupa operasi mungkin diperlukan. Dokter bisa merekomendasikan operasi pengangkatan kelenjar keringat pada lokasi yang bermasalah melalui teknik sedot lemak.

Operasi lainnya untuk menghilangkan bau badan adalah endoskopi simpatektomi dada atau endoscopic thoracic sympathectomy (ETS). Operasi ini bertujuan untuk menghilangkan saraf pengendali keringat.

Cara mengatasi bau badan lainnya yang bisa digunakan adalah melalui suntik botoks. Sebanyak 12-20 suntikan diperlukan di daerah penghasil keringat berlebih, seperti di ketiak, tangan, kaki, atau wajah. Fungsi botoks sendiri adalah menghalangi sinyal dari otak menuju kelenjar keringat untuk mengurangi produksi keringat.

No Responses

Write a response