Cara Merawat Kuku Untuk Menjaga Kebersihan

Tak banyak orang yang mengetahui cara merawat kuku. Taukah anda bahwa kuku juga merupakan hal terpenting dalam kesehatan? kuku yang tidak pernah dibersihkan akan berdampak pada kebersihan pada kaki maupun tangan.

Kedua kaki dan tangan merupakan organ tubuh yang sering melakukan aktifitas misalnya untuk bagian tangan, kuku yang terdapat pada tangan akan lebih sering terpapar berbagai hal saat beraktifitas dalam kehidupan sehari – hari, mulai dari mengetik komputer, memegang uang, memasak ataupun hal lain yang menggunakan tangan untuk beraktifitas. Sehingga kuku akan lebih mudah kotor sehingga perlu adanya cara merawat kuku yang baik dan benar untuk menjaga kebersihan.

cara merawat kuku

4 Cara Merawat Kuku yang Baik

1. Jangan Terlalu Sering Perawatan di Salon

Pada era medern saat ini wanita lebih suka perawatan kuku di salon. Hasil yang bagus daripada merawat sendiri membuat para wanita cenderung memilih perawatan di Salin. Namun taukah anda bahwa sering merawat kuku disalon tidak baik untuk kesehatan kuku.

Terlalu sering perawatan di salon akan membuat kuku menjadi lebih rapuh. Hal tersebut disebabkan oleh kuku sering terpapar unsur-unsur kimia keras saat membersihkan kuku sehingga sel-sel pada kuku akan terlepas, dan juga dapat terjadi kemungkinan terkena infeksi kuku kronis atau pembekakan.

Akibat menggunakan alat kebersihan secara bersama, akan lebih baik jika anda tetap ingin pergi ke salon untuk membersihkan kuku dengan menggunakan alat sendiri sehingga tidak terjadi penularan penyakit akibat menggunakan alat kebersihan kuku secara bersama.

2. Perawatan kuku di rumah

Bagi anda yang ingin mengetahui cara merawat kuku dirumah dapat melakukan beberapa hal seperti memotong kuku yang mulai panjang sebab kuku yang panjang memiliki potensi terhadap penyakit sehingga akan lebih sehat bila kuku anda pendek. Untuk menjaga kebersihan kuku anda dapat juga dilakukan dengan melakukan menghaluskan kuku anda dengan kikir dan juga bisa dilakukan perendaman air hangat agar supaya kuku tidak terserang jamur.

Pada saat pembersihan kuku, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada bagian kutikula dengan menggunakan pelembab. Tapi perlu diingat jangan terlalu berlebihan dalam merawatnya. Jangan mendorong ataupun mengelupas kutitula kerena dapat merusak dan membuat kuku terkena infeksi. Ketika ingin membersihkan kuku bagian dalam berhati-hatilah sebab dapat menyebabkan infeksi bila pada bantalan kuku mengalami luka akibat terlalu dalam membersihkan kuku.

3. Hindari penggunaan pengamplas kuku dan aseton terlalu sering.

Pada saat ingin membersihkan kuku hindari pengunaan pengamplas kuku, sebab penggunaan amplas kuku dapat menimbulkan keretakan permanen ataupun non permanen, sehingga dapat merusak kuku.

Penggunaan aseton untuk membersihkan kuku juga dapat membuat kuku rusak. Untuk aseton sendiri dapat ditemui pada cairan penhapus kuteks. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kuku yang rapuh jika dibersihkan dengan aseton dapat membuat kuku bertambah rapuh.

4. Perawatan Kuku Secara Alami

Cara merawat kuku secara alami anda dapat mengunakan cara tradisional dengan bahan – bahan alami misalnya dengan merendamkan kuku dengan minyak zaitun yang hangat selama 15 atau 20 menit.

Untuk mendapatkan kuku yang berkilau dan kuat anda dapat memanfaatkan jeruk lemon, dengan cara mencelupkan kuku anda ke dalam jeruk lemon kemudian setelah selesai cuci kuku hingga bersih maka hasilnya kuku anda akan terlihat berkilau.

Selain itu juga lemon juga dapat menghilangkan noda pada kuku, caranya dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dengan secangkir air kemudian rendam kuku ke dalam campuran tersebut, jika sudah selesai kemudian cuci hingga bersih dan selanjutnya gunakan pelembab.

No Responses

Write a response