Cara Mengobati Amandel Untuk Anak dan Orang Dewasa

Masih berbicara mengenai penyakit amandel, kali ini saya akan membahas mengenai cara mengobati amandel yang bisa dilakukan dirumah maupun melalui pengobatan apabila infeksi amandel semakin memburuk. Bagi yang sebelumnya belum membaca mengenai pengertian amandel dan gejala penyakit amandel, saya sarankan untuk membaca kedua artikel tersebut karena hal ini saling berkaitan satu sama lain.

Penyakit amandel bisa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah infeksi virus atau bakteri. Penyebab penyakit amandel ini yang mendasari bagaimana cara mengobati amandel dengan kreteria tertentu. Pada beberapa kasus infeksi / radang amandel ringan, seseorang tidak perlu melakukan pengobatan karena infeksi tersebut bisa sembuh dalam beberapa hari kemudian. Pada beberapa kasus lainnya seseorang akan memerlukan pengobatan untuk memulihkan radang amandel.

cara mengobati amandel

Cara Mengobati Amandel Sendiri di Rumah

Pengobatan dirumah / biasa disebut dengan rawat jalan di Indonesia dapat dilakukan pada penyakit amandel ringan. Dokter akan membantu anda untuk mendiagnosis apakah amandel yang terjadi pada anak atau orang dewasa tersebut dikarenakan oleh virus atau penyebab lainnya.

Apabila dokter menemukan hasil bahwa penyebab penyakit amandel pada anak atau orang dewasa disebabkan oleh virus maka anda bisa melakukan rawat jalan dengan tips pemulihan agar kondisi amandel anda kembali normal dalam waktu sekitar tujuh sampai sepuluh hari. Pada kasus penyakit amandel yang disebabkan oleh virus, dokter biasanya tidak akan memberikan resep antibiotik untuk menghindari efek samping. Penggunaan antibiotik dirasa tidak perlu jika penyakit amandel tergolong ringan, antibiotik justru bisa membuat diri anda / anak anda kebal terhadap antibiotik, sehingga memiliki efek samping tidak bisa melawan virus jahat yang lebih serius nantinya. Untuk itu anda sangat disarankan untuk melakukan tips penyembuhan rawat jalan sebagai berikut:

1. Istirahat Yang Cukup
Ketika sedang mengalami radang amandel, usahakan untuk memperoleh istirahat yang cukup. Apabila yang mengalami amandel adalah anak anda, ajak anak anda untuk istirahat terlebih dahulu daripada bermain bersama teman-temannya. Tidur siang dapat memulihkan rasa capek dan menstimulasi tubuh agar kembali pada kondisi normal. Anda juga tidak perlu khawatir menularkan radang amandel kepada orang lain karena tidak berkontak langsung dengan orang lain.

2. Perbanyak Minum
Cara mengobati amandel secara alami dapat dilakukan dengan banyak minum air mineral. Cairan yang masuk melalui tenggorokan dapat menjaganya agar selalu lembab dan terhindar dari dehidrasi. Anda juga bisa memberikan sajian teh bebas kafein atau air yang dicampur dengan madu seperti ketika halnya mengobati sakit tenggorokan.

3. Berkumur dengan Larutan Garam
Larutan garam dapar digunakan untuk perawatan ketika anda atau anak anda mengalami radang amandel. Larutkan satu sendok teh pada 250 mililiter air hangat kemudian berkumurlah menggunakan air tersebut untuk mengurangi sakit pada tenggorokan anda. Cara ini juga bisa diaplikasikan pada anak-anak yang sudah bisa berkumur, awasi anak anda saat berkumur dan mintalah untuk memuntahkannya jika dirasa sudah cukup berkumurnya.

4. Jaga Kelembaban Udara di Ruangan Anda
Udara kering dapat memicu tenggorokan anda mengalami iritasi. Anda bisa menjaga kelembaban udara ruangan anda menggunakan humidifier. Anda juga harus menjaga agar ruangan tidak terkontaminasi dengan asap rokok atau semprotan pembersih yang dapat memicu iritasi pada tenggorokan.

5. Menggunakan Pelega Tenggorokan
Cara lain untuk mengobati amandel adalah menggunakan lozenges atau pelega tenggorokan. Jika yang mengalami radang amandel adalah anak anda, pastikan dia telah memiliki umur lebih dari 4 tahun. Pelega tenggorokan ini dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat iritasi pada amandel.

Bakteri adalah kemungkinan lain dari penyebab penyakit amandel selain virus. Biasanya yang menyebabkan radang amandel adalah bakteri kelompok A streptokokus. Dokter biasanya akan memberikan resep antibiotik jika radang amandel mulai parah. Antibiotik yang paling umum diberikan oleh dokter adalah penisilin. Biasanya dokter meresepkan penggunaan penisilin sebagai antibiotik untuk pengobatan 10 hari. Apabila anda mempunyai alaergi terhadap penisilin, biasanya dokter akan memberikan resep alternatif agar tidak menimbulkan efek samping. Cara mengobati amandel pada anak juga tidak jauh berbeda dengan cara diatas, namun anda perlu memperhatikan apakah anak anda memiliki iritasi terhadap penggunaan obat tertentu atau tidak.

Cara Mengobati Amandel Dengan Operasi

Pada suatu kasus pengobatan secara alami yang telah saya sebutkan diatas tidak dapat serta merta menyembuhkan penyakit amandel. Apabila kejadian seperti itu biasanya dokter akan menyarankan anda untuk melakukan operasi amandel. Operasi amandel hanya dilakukan apabila radang amandel kronis dan tidak mempan terhadap penggunaan antibiotik. Operasi ini juga didasari karena pasien benar-benar kesulitan untuk makan, tidur dan bernafas akibat radang amandel. Pembedahan / operasi amandel ini biasa disebut dengan istilah tonsilektomi dan dilakukan karena beberapa faktor berikut ini:

  1. Radang amandel sering kambuh dan melebihi tujuh kali dalam satu tahun
  2. Radang amandel kambuh lebih dari lima kali dalam setahun pada periode 2 tahun terakhir
  3. Radang amandel sering kambuh lebih dari tiga kali dalam setahun pada periode 3 tahun terakhir.

Cara mengobati amandel dengan operasi juga dibedakan menjadi beberapa tipe tergantung tingkat keparahan radang amandel itu sendiri. Beikut ini tipe operasi yang biasanya dilakuka oleh tim medis untuk pebedahan amandel:

1. Operasi Standar
Yaitu operasi pengangkatan amandel yang dilakukan oleh tim bedah profesional dengan menggunakan pisau bedah. Cara pengangkatan amandel ini yang sering dijumpai di masyarakat Indonesia.

2. Operasi dengan Sinar Laser
Cara operasi yang selanjutnya adalah menggunakan sinar laser

3. Operasi Menggunakan USG
USG atau Ultrasonografi juga bisa digunakan oleh tim medis untuk melakukan pengangkatan amandel. Operasi amandel menggunakan USG adalah cara yang dilakukan dengan memanfaatkan gelombang ultrasound berenergi tinggi.

4. Diatermi
Diatermi merupakan salah satu cara pengangkatan amandel dengan memanfaatkan suhu panas.

5. Ablasi Dingin
Ablasi merupakan salah satu cara pengangkatan amandel dengan suhu, perbedaanya dengan diatermi adalah pada ablasi biasanya yang digunakan adalah suhu yang lebih rendah, yaitu sekitar 60 derajat celcius.

Beberapa cara pengangkatan amandel / tonsilektomi diatas biasanya akan menimbulkan rasa sakit pada area operasi. Rasa sakit tersebut bisa bertahan hingga 2 minggu lamanya. Pada minnggu pertama rasa sakit dapat terasa semakin parah, bahkan terjadi nyeri telinga sebagai efek samping. Kejadian tersebut tidak perlu anda risaukan karena anda bisa menggunakan obat pereda sakit yang bisa memulihkannya menjadi normal seperti biasa. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan pasca melakukan operasi pengangkatan amandel / tonsilektomi :

a. Banyak Minum
Minum air adalah cara yang paling alami untuk penyembuhan pasca tonsilektomi. Usahakan untuk tidak minum minuman yang asam seperi es jeruk / jus jeruk agar tidak semakin perih di area bekas operasi.

b. Menjaga Kebersihan Mulut
Menjaga mulut anda agar tetap bersih adalah salah satu cara perawatan setelah menjalani operasi pengangkatan amandel. Anda bisa menjaga kebersihan mulut dengan rutin gosok gigi dan berkumur menggunakan cairan khusus yang tidak menimbulkan iritasi pada area bekas operasi.

c. Hindari Banyak Keluar Rumah
Lebih baik istirat terlebih dahulu selama beberapa hari untuk proses pemulihan setela melakukan operasi pengangkatan amandel. Hal ini dapat membantu anda mengatasi permasalahan seperti keluarnya darah pasca operasi. Darah keluar setelah operasi adalah kejadian biasa dalam tonsilektomi shingga anda harus memastikan hal tersebut aman selama 10 hari.

Akhirnya saya selesaikan sesi sharing mengenai cara mengobati amandel baik untuk anak atau orang dewasa ini. Anda tentu saja harus berkomunikasi dengan dokter anda untuk beberapa kemungkinan yang telah kita bahas diatas. Cara terbaik untuk sembuh adalah mengikuti apa yang dianjurkan oleh tim medis dan jaga semangat untuk sembuh dari amandel ini. Semoga artikel cara mengobati amandel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai radang amandel atau tonsilitis.

No Responses

Write a response