Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat memang salah satu penyakit kulit yang menggangu penampilan. Selain memberikan rasa yang cukup gatal di muka, jerawat juga menimbulkan efek psikologis berupa rasa minder bagi seseorang. Biasanya jerawat muncul pada saat seseorang memasuki masa pubertas, masa pubertas merupakan masa dimana para anak muda sedang mencari jati dirinya. Baik untuk pria maupun wanita, efek psikologis ini pasti terjadi, dimana disaat sedang mencari perhatian terhadap lawan jenis tapi harus berhadapan dengan kendala penampilan akibat jerawat.

cara menghilangkan jerawat secara alami

Pada kesempatan kali ini tim redaksi dari sehatplan.com ingin mengupas sebuah tips cara meghilangkan jerawat secara alami. Tips ini kami persembahkan bagi teman-teman pembaca yang memiliki jenis kulit yang sensitif terhadap jerawat. Tips ini berasal dari bahan alami yang diharapkan dapat mengurangi / menghilangkan jerawat dengan tanpa efek samping dan cepat. Definisi cepat disini sifatnya relatif karena bisa berbeda dari satu kondisi dengan kondisi yang lain. Mungkin nantinya ada yang bisa menghilangkan jerawat hanya dalam 1 hari dan ada juga yang lebih.

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai cara menghilangkan jerawat, alangkah baiknya kita mengetahui apa sebenarnya penyebab jerawat tersebut. Pengetahuan dasar mengenai penyebab terjadinya jerawat ini dapat membantu anda untuk bisa menghindari apa saja yang bisa memicu munculnya jerawat dimuka dan langkah apa yang seharusnya anda ambil untuk mengobati jerawat tersebut secara benar.

Penyebab Jerawat

Pada dasarnya jerawat disebabkan oleh kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Tersumbatnya pori-pori kulit tersebut menyebabkan terjadinya peradangan. Kejadian ini dipicu karena minyak yang dihasilkan oleh kelenjar bawah kulit tidak bisa dikeluarkan melalui pori-pori kulit sehingga minyak tersebut tercampur dengan bakteri dan sel kulit mati. Hal itulah yang menyebabkan munculnya jerawat dimuka. Lalu apakah cuma itu penyebab jerawat? Sebenarnya masih banyak penyebab lain selain penyumbatan pori-pori, misalnya faktor hormonal, faktor keturunan hingga kesalahan dalam penggunaan kosmetik juga bisa memicu terjadinya jerawat. Kami mengupas hal ini lebih lengkap pada artikel penyebab jerawat, Anda bisa merujuk pada artikel tersebut untuk memperoleh detail yang tidak kami sertakan di artikel ini.

Jika anda perempuan, percaya atau tidak percaya bahwa anda perlu selektif untuk memilih jenis kosmetik yang cocok dengan kulit anda. Anda harus lebih berhati-hati jika kulit muka anda termasuk kulit sensitif. Apabila anda telah menemukan jenis kosmetik yang cocok untuk kulit anda, jangan mencoba-coba untuk berganti-ganti kosmetik. Jenis kulit berminyak juga memicu munculnya jerawat. Apabila kulit wajah anda termasuk yang berminyak, anda harus rajin membersihkan muka agar tidak mudah jerawatan.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Cepat Tanpa Efek Samping

Baiklah setelah sepatah dua patah kata pembukaan mengenai penyebab jerawat, ini saatnya kita masuk pada inti pembahasan yang sesuai dengan judul artikel ini. Ada beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat secara cepat tanpa harus menanggung efek samping yang berlebihan karena menggunakan bahan alami yang diperoleh dari alam. Berikut ini langkah serta bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami:

1. Gunakan Air Bersih untuk Membasuh Muka.

membasuh muka untuk menghilangkan jerawat
Menjaga muka tetap bersih adalah cara efektif untuk mencegah dan mengurangi resiko jerawat pada muka. Apabila anda sedang bepergian atau pada saat itu tidak membawa sabun pembersih muka, anda bisa menggunakan air bersih untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel dimuka. Hal ini penting karena debu yang menempel pada muka bisa menjadi plak yang menggangu pori-pori kulit hingga munculnya jerawat yang sangat menggangu penampilan. Kegiatan membersihkan muka juga bisa anda lakukan sebelum dan sesudah tidur. Anda juga bisa menggunakan sabun pembersih muka yang cocok dengan kondisi kulit anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Jerawat dan jerawat adalah dua kehidupan paling menjengkelkan dan lazim kulit kutukan. Sebagian besar dari kita telah dalam situasi di mana merah jelek tempat telah muncul sehari sebelum acara penting atau tanggal. Pertanyaannya adalah: dapat Anda lakukan apa-apa tanpa harus memanjakan diri dalam obat-obatan yang mahal? Jawabannya adalah ya! Cobalah beberapa pengobatan rumah ini sederhana dan alami untuk melawan jerawat sial tersebut.

2. Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya
Kita sangat beruntung dapat menemukan lidah buaya dengan mudah dan murah. Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan aloe vera merupakan bahan alami kaya manfaat, baik untuk perawatan kulit maupun perawatan tubuh yang lain. Kandungan Lidah buaya ini memberikan banyak manfaat bagi kulit, diantaranya memberikan kesegaran dan rasa dingin pada kulit wajah, mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit yang diakibatkan oleh jerawat serta menghilangkan minyak berlebih pada muka. Pemakaian lidah buaya juga terbilang cukup mudah, anda hanya perlu memilih lidah buaya yang segar dan tidak layu kemudian ambil bagian isinya yang berbentuk gel, nah gel tersebut yang anda oleskan pada bagian muka untuk perawatan menghilangkan jerawat secara alami.

3. Mentimun untuk Perawatan Menghilangkan Jerawat

cara menghilangkan jerawat dengan mentimun
Ternyata mentimun tidak hanya enak untuk dijadikan lalapan ketika makan pecel ayam atau pecel lele. Mentimun juga bisa digunakan untuk perawatan muka anda, mungkin anda sudah familiar bahwa timun merupakan bahan alami yang digunakan untuk kecantikan. Hal tersebut memang benar karena sifat mentimun yang anti-inflamasi. Anda bisa mengkombinasikan parutan halus mentimun dengan dua hingga tiga sendok teh lemon untuk bahan masker wajah anda. Gunakan masker dari mentimun tersebut antara sepuluh hingga lima belas menit baru setelah itu cuci dengan air bersih dan muka anda akan kelihatan lebih segar dan cerah.

4. Manisnya Madu Juga Dapat Menghilangkan Jerawat Secara Alami

cara menghilangan jerawat secara alami dengan madu
Salah satu bahan alami yang sebenarnya sayang kalau cuma untuk dioleskan pada muka, haha. Selain cocok untuk tambahan bahan makanan atau minuman, ternyata dibalik manisnya madu menyimpan khasiat yang luar biasa untuk wajah kita. Kandungan antibiotik alami yang terkandung dalam madu ternyata sangat cocok untuk menyembuhkan dan mengurangi jerawat pada muka. Madu juga dapat mengangkat kotoran yang menempel pada muka dan kulit anda. Anda ingin tahu bagaimana cara memakainya? cukup simple sih sebenarnya penggunaanya, anda tinggal membuat masker yang terbuat dari madu. Anda bisa mencampurkan dua sentok teh serbuk kayu manis dengan madu kemudian oleskan pada muka. Tunggu hingga sekitar sepuluh menit baru setelah itu bilas dengan air hangat.

5. Ternyata Bawang Putih Juga Bisa Menghilangkan Jerawat.

menghilangkan jerawat secara alami dengan bawang
Mungkin anda salah satu orang yang tidak menyangka bahwa bawang putih merupakan salah satu bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Selain untuk mengusir drakula, hehe ternyata bawang putih efektif untuk mengusir jerawat. hal ini dikarenakan kandungan yag dimiliki oleh bawang putih sangat cocok untuk perawatan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi sangat bagus untuk memerangi jerawat. Apalagi sifat anti bakteri, anti jamur dan anti virus yang terkandung dalam bawang terbukti ampuh dalam mengobati jerawat secara alami. Anda bisa menggunakan bawang sebagai obat anti jerawat dengan dua cara, yaitu mengkonsumsi melalui makanan sehari-hari maupun menggunakannya untuk maskeran. Apabila anda memiliki kulit sensitif yang tidak tahan dengan sifat panas bawang, kami anjurkan untuk menghancurkan bawang kemudian dicampur dengan air, hal ini mungkin lebih bisa diterima oleh kulit anda.

6. Uap atau Penguapan

menghilangkan jerawat secara alami dengan uap
Salah satu metode sederhana yang baik untuk kesehatan anda. Anda bisa menggunakan sifat uap yang membuka pori-pori kulit untuk pembersihan dan mencegah penyumbatan pori-pori kulit. Usahakan untuk melakukan penguapan pada tempat yang bersih karena debu bisa saja masuk pada pori-pori yang terbuka jika anda memilih tempat sembarangan. Penguapan juga membantu anda untuk melembabkan dan mendetoksifikasi kulit anda

7. Berenang

menghilangkan jerawat secara alami dengan berenang
Berenang adalah salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami yang cukup efektif, beruntunglah bagi anda yang memiliki kolam renang sendiri dirumah anda. Selain menyehatkan tubuh renang juga membantu anda mendapatkan kulit yang bersih dan sehat, Klorin dikenal untuk mengeringkan kulit Anda, yang merupakan kabar baik untuk menyingkirkan jerawat. Hanya pastikan menjaga melembabkan kulit Anda dan kondisi rambut Anda untuk mencegah kerusakan.

Nah akhirnya sampai pada akhir ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami, semoga beberapa bahan alami diatas atau langkah-langkah diatas membantu anda menemukan cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dan aman bagi kesehatan tubuh anda, semoga bermanfaat 😀

No Responses

Write a response