Cara Jitu Mengatasi Masalah Pada Wajah Kusam

Banyak orang yang mengalami masalah pada wajah kusam terutama bagi anda yang sering terpapar oleh sinar matahari. Orang yang sering terkena asam kenalpot kendaraan akan memiliki potensi besar terhadap wajah kusam.

Tak sedikit orang yang mengatasi masalah wajah kusam dengan menggunakan produk kencantikan dan dengan mengeluarkan banyak biaya untuk mengatasinya. Padahal wajah kusam dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang berpotensi terhadap wajah kusam sehingga untuk mengatasinya tidak cukup dengan menggunakan kosmetik saja.

Memiliki wajah kusam tentunya membuat anda tidak percaya diri dan dapat juga menghambat aktifitas sehari-hari. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah pada wajah kusam anda, berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan.

Mengatasi Masalah Pada Wajah Kusam

Mengatasi kulit kusam

  1. Hindari Merokok

Merokok selain memiliki dampak buruk terhadap kesehatan juga berdampak buruk pada kesehatan wajah. Seseorang yang sering mengkonsumsi rokok akan terlihat lebih tua dari usianya yang sebenarnya dibanding orang yang tidak mengkonsumsi rokok.

Selain itu juga perokok aktif lebih banyak memiliki resiko terhadap kanker kulit sebab banyak kandungan berbahaya pada rokok, perokok juga memiliki wajah yang lebih kusam dan berkeriput dan memiliki warna kulit yang tidak merata. Baca Juga Bahaya Rokok Untuk Tubuh

  1. Hindari kulit wajah dari sinar matahari berlebih

Sinar matahari memiliki dampak buruk bagi kulit terutama pada jam – jam tertentu yakni pada jam 10.00 – 14.00. Sinar matahari dapat merusak sel-sel kulit yang dapat membuat kulit menjadi kusam.

Bagi anda yang memiliki aktifitas pada jam – jam tersebut ada baiknya anda melakukan perawatan pada kulit anda dengan melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih dan gunakan tabir surya setiap dua hingga tiga jam sekali. Sehingga kulit anda dapat dicegah akibat sinar ultraviolet pada sinar matahari. Baca juga Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

  1. Penggunaan produk perawatan kulit dengan sewajarnya 

Pada penggunaan produk perawatan yang tidak terkendali dapat berakibat buruk dan malah tidak memberikan manfaat untuk kulit wajah. Penggunaan produk yang berbeda dan digunakan secara bersamaan dapat beresiko terhadap iritasi, sebagai contoh kandungan asam dalam salisilat dan asam glikolat dari satu produk dapat merusak bahan vitamin C atau retinol.

Berikut ini tips untuk penggunaan produk perawatan wajah untuk mengatasi masalaha wajah kusam.

  • Untuk mengatasi masalah terhadap kulit kusam, anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan atau produk yang mahal, tetapi pilihlah produk yang sesuai dengan kulit anda untuk menghindari iritasi pada kulit apabila kulit anda tidak sesuai dengan produk yang anda gunakan. Jika kulit anda kering, gunakan pembersih tanpa alkohol dan aroma. Untuk mebersihkannya gunakan air hangat jangan menggunakan air panas sebab akan menghilangkan minyak kulit lebih cepat, namun jika kulit anda berminyak, gunakan air hangat untuk membersihkannya. Baca juga Mengatasi Kulit Berminyak Pada Wajah Tanpa
  • Hindari penggunaan scrub wajah jika kulit anda sensitif
  • Gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit wajah anda. Apabila wajah anda berjerawat gunakan pelembab yang ringan dan bebas minya. Gunakan pelembab yang mengandung gliserin dan asam hialuronat yang berfungsi untuk menyamarkan kerut halus pada wajah anda
  • Mangatasi masalah kulit berkerut anda dapat menggunakan retinoid yang dipercaya dapat mengatasi masalah tersebut dan meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan bercak coklat pada wajah, mengurangi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, retinoid tersedia dalam kandungan gel, krim atau serum.
  • Ketika anda akan tidur bersihkan wajah anda terutama bagi anda yang sedari pagi menggunakan makeup, untuk menghindari penyumbatan pada pori-pori yang dapat menimbulkan jerawat
  • Hindari penggunaan makeup secara bergantian untuk menghindari resiko penyebaran bakteri
  • Gunakan pembersih khusus yang sesuai dengan karakter kulit wajah anda, sebeb pada dasarnya sabun biasa mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit wajah.
  • Gunakan krim yang mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas, perlu diperhatikan untuk membersihkan wajah anda cukup membersihkan dua kali sehari jangan terlalu berlebihan untuk mencuci muka, sebab bila anda terlalu sering mencuci muka anda, kulit wajah anda akan menjadi kering, dan untuk mengeringkan gunakan handuk yang halus.
  1. Olahraga yang cukup dan konsumsi makanan sehat 

Bila anda menginginkan wajah sehat secara alami dan wajah segar anda dapat mengkonsumsi buah dan sayuran segar dan tentunya diimbangi dengan olahraga secara rutin. Anda dapat mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari sebab sayuran dan buah segar dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan tentunya kulit anda, dengan anda rajin berolahraga membantu memperlancar aliran darah dan nutrisi tubuh anda.

  1. Tidur yang berkualitas dan teratur 

Bagi anda yang mampu menjaga tidur yang berkualitas dan teratur dapat membantu mengoptimalkan sekresi alami dari hormon pertumbuhan yang mendorong pergantian sel-sel tubuh dan produksi kolagen. Bila anda mengalami atau kerang tidur dapat menghambat pertubuhan tersebut sehingga wajah anda terlihat kusam dan pucat dan tentunya nampak lelah.

2

No Responses

Write a response