Bahayanya Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Masih banyak yang belum mengetahui bahayanya perut buncit. Seseorang yang memiliki perut buncit tentunya memiliki kepercayaan diri yang kurang dan merasa kurang nyaman apalagi ketika membungkuk atau jongkok perut terasa mengganjal sehingga sangat menggangu kegiatan anda sehari – hari, banyak yang mengalami kesulitan dalam mengatasi perut buncit dan bukan perkara mudah memang dalam mengecilkannya.

Perut buncit biasa disebut dengan obesitas perut atau obesitas sentral, seseorang yang mengalami berut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak pada bagian perut, lemak pada bagian perut itu sendiri dibagi menjadi 2 macam yakni lemak subkutan dan lemak viseral. untuk lemak subkutan yakni lemak yang berada di bawah kulit, lemak tersebut dapat dicubit dan terlihat. sedangkan untuk lemak viseral yang berada di dalam organ tubuh sehingga tak terlihat, lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut, Anda Perlu mengetahui bahayanya perut buncit karena dapat memicu berbagai macam jenis penyakit lain, lemak viseral sangat sulit untuk dihilangkan. Baca juga Lima Jenis Sayuran Terbaik Untuk Program Diet Anda. 

Bahayanya perut buncit

Pemicu Dari Perut Buncit

Banyak yang kurang menyadari bahwa seseorang yang mengalami obesitas kurang menjaga pola makan yang di konsumsi dimana makanan yang di makan melebihi energi yang di perlukan untuk kebutuhan fisik sehingga menyebabkan perut menjadi buncit, apabila anda makan terlalu banyak diikuti dengan tidak pernah berolahraga berpotensi tinggi dalam penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut, untuk itu penting bagi anda untuk mengurangi resiko terhadap perut buncit untuk rutin berolah raga dan melatih kekencangan perut agar perut tidak lembek, dan juga makan – makanan sesuai dengan porsi tubuh anda, usahan makan tidak terlalu kenyang agar perut tidak terasa padat saat melakukan aktifitas sehari – hari anda.

Bagi anda yang memiliki riwayat obesitas pada keluarga, kebiasaan merokok dan stres yang tinggi juga berpengaruh terhadap timbulnya perut buncit. usia yang semakin bertambah dan ketidak seimbangan hormon pada wanita menopause juga mempermudah orang tersebut mengalami obesitas.

Perut Buncit yang Berbahaya

Untuk mengetahui anda menderita obesitas atau tidak, anda dapat mengukur pinggang anda dengan menggunakan meteran, posisi materan adalah sejajar ujung tulang pinggul dan pusar. anda dapat dikatakan menderita obesitas perut apabila lingkar pinggang melebihi 90 cm untuk laki – laki, sedangkan untuk perempuan di atas 80 cm. Bahayanya perut buncit dapat mengancam anda apabila anda lamban dalam pencegahannya sehingga dampak buruk yang dapat menimpa anda misalnya munculnya berbagai macam penyakit / masalah kesehatan tubuh yang mulai menurun.

perut buncit

Bahayanya Perut Buncit Akibat Penimbunan Lemak Perut 

Bagi anda yang memiliki perut buncit perlu waspada sebab banyak resiko yang kemungkinan dapat menyerang anda seperti penyakit kanker, diabetes, asam urat, jantung, stroke dan kolesterol. Baca Juga Serangan Jantung Yang Perlu Anda Waspadai, Penyebab Asam Urat, Penyebab dan Pencegahan Penyakit Stroke.

Lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya, kumpulan lemak viseral di dalam tubuh dapat mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat menganggu metabolisme tubuh.

Senyawa – senyawa peradangan disebut juga sitokin, senyawa ini dapat menimbulkan peradangan ringan dalam tubuh sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung.

Senyawa lain yang dikeluarkan oleh lemak viseral adalah asam lemak bebas. senyawa tersebut akan masuk ke dalam hati dan kemudian memicu berbagai perubahan, antara lain peningkatan produksi kolesterol buruk dan penurunan produksi kolesterol baik. Baca Juga Gejala Kolesterol Dapat Di Ketahui Secara Dini. dan hal tersebutlah mengapa perut buncit dapat meningkatkan resiko penyakit kolesterol tinggi, selain itu asam lemak bebas juga menyebabkan insulin menjadi kurang efektif dalam mengontrol gula darah meningkatkan resiko diabetes.

Selain itu, lemak pada perut buncit juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung. hal tersebut karena lemak pada perut buncit dapat memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau yang biasa disebut dengan angiotensin.

Cara Mengecilkan Untuk Mengurangi Bahayanya Perut Buncit

Lemak viseral adalah lemak yang banyak berperan pada timbulnya perut buncit, berbeda dengan lemak subkutan yang berada dekat dengan kulit, lemak ini berada di sekitar organ dalam, sehingga sulit untuk dihilangkan.

Untuk mendapatkan perut yang kencang dan sehat anda dapat melakukan beberapa cara diantaranya dengan melakukan sit-up atau gerakkan lainnya yang tujuannnya untuk mengencangkan perut anda. akan tetapi hanya dengan melakukan latihan – latihan itu tidak cukup untuk mengatasi masalah perut buncit, perlu adanya kombinasi diet dan olahraga yang sesuai dengan porsinya akan membantu untuk menurunkan berat badan dan mengurangi lemak tubuh total. Baca Juga Lima Jenis Sayuran Terbaik Untuk Program Diet Anda

Walaupun untuk mengecilkan perut buncit bukan perkara mudah, namun anda tetap harus berusaha untuk mengatasi perut buncit. berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit :

  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perut menjadi buncit
  • Tidur yang cukup juga dapat membantu mengecilkan lemak pada perut, lemak jaringan pada tubuh dapat berkurang jika tidur setidaknya 6-7 jam.
  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan asupan kalori tujuannya tentu untuk meminimalisir lemak di perut, anda perlu memgurangi asupan kalori dalam tubuh, konsumsi kalori setidaknya dikurangi 500 – 1000 kalori per hari dari total kebutuhan, dan juga kurangi karbohidrat dan mulai mengkonsumsi banyak sayuran buah dan produk susu rendah lemak, produk gandum dan protein tanpa lemak.
  • Perbanyak aktifitas fisik yang tujuannya untuk membakar kalori dalam tubuh, semakin anda jarang berolah – raga membuat anda kesulitan dalam mengecilkan perut buncit, mulai biasakan untuk melakukan olahraga rutin dengan kombinasi latihan ketahanan dan cardio, bila sudah tidak melakukan olah raga berat anda dapat melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki atau yoga.

Mengecilkan perut buncit memang bukan perkara mudah namun itu bukan menjadi alasan untuk tetap berusaha untuk mengurangi lemak di dalam perut anda, mulailah untuk hidup sehat dan menjaga konsumsi makanan anda mengubah gaya hidup yang lebih sehat dapat membantu anda mangatasi masalah perut buncit.

No Responses

Write a response