Bahaya Rokok Untuk Tubuh

Pada era berkembangan saat ini pengguna rokok semakin meningkat saja. Tak jarang saat ini banyak anak – anak dibawah umur yang sudah mengkonsumsi rokok sehingga semakin banyak penerus bangsa yang memiliki potensi terhadap bahaya rokok.

Meskipun sekarang pada logo rokok terdapat gambar akibat dari bahaya rokok dan terdapat tulisan “MEROKOK MEMBUNUHMU” namun juga belum efektif dalam menangani masalah rokok. Rokok memberikan dampak negatif bagi orang yang mengkonsumsi rokok dan bagi mereka yang perokok pasif.

Dampak buruk yang dapat anda terima dari rokok yakni menderita penyakit jantung, diperkirakan bahwa sebanyak 20 % kematian disebabkan oleh serangan jantung yang umumnya penderitanya sering mengkonsumsi rokok. Baca juga Serangan Jantung yang Perlu Anda Waspadai.

rokok berpengaruh terhadap kesehatan mulut

Lihat saja kandungan yang terdapat pada rokok, lebih dari 4000 bahan kimia yang terdapat didalam satu batang rokok. adanya zat racun dan sekitar 70 bahan didalamnya bersifat kanker, bahan berbahaya yang terdapat pada sebatang rokok yakni :

  1. Karbonmonoksida

Pada kandungan karbonmonoksida yang terdapat pada sebatang rokok dapat mengikat pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga dapat menyebabkan terhalangnya penyediaan oksigen ke tubuh, hal tersebutlah yang membuat anda lebih cepat lelah.

  1. Tar

Pada saat anda menghisap rokok kandungan tar pada rokok akan ikut terhisap, zat tersebut akan mengendap di paru-paru anda yang menyebabkan rambut kecil yang melapisi paru-paru sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik, yang mana fungsi dari rambut tersebut untuk membersihkan kuman dan lainnya yang keluar dari paru-paru.

  1. Gas Oksigen

Gas tersebut dapat bereaksi dengan oksigen, keberadaannya pada tubuh lebih meningkatkan resiko stroke. Baca Juga Penyebab dan Pencegahan Penyakit Stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah. Baca Juga Makanan Sehat Untuk Penyakit Jantung.

Bahaya rokok untuk tubuh pada kandungan ini dapat merusak sel pada tingkat genetic. Zat tersebut juga sering dikaitkan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia. Selain bahan – bahan kimia diatas yang berbahaya bagi tubuh seperti arcsenic (digunakan dalam pestisida), toluene (ditemukan pada pengencer cat), formaldehyde (digunakan untuk mengawetkan mayat), hydrogen cyanide (digunakan untuk membuat senjata kimia) dan cadmuim (digunakan untuk membuat baterai )

Bagi anda yang mengkonsumsi rokok setiap hari maka resiko anda untuk terkena serangan jantung akan lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi rokok. Resiko lebih tinggi lagi bila anda perokok wanita yang sedang mengkonsumsi pil KB.

Pada saat merokok, zat-zat yang masuk ke dalam tubuh akan sangat berbahaya yang berdampak buruk pada tubuh, khususnya jantung, contohnya nikotin, nikotin yang masuk kedalam tubuh dapat mengurangi kadar oksigen yang masuk kedalam ke darah. Zat yang bersifat candu ini juga dapat mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung dan mempercepat pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung.

Bahaya Rokok MEMBUNUHMU!!

  1. Otak 

Bagi anda yang suka mengkonsumsi rokok dapat meningkatkan resiko terhadap serangan stroke sebesar 50 persen. Merokok juga dapat meningkatkan resiko terhadap aneurisma otak yakni pembekakan pembuluh darah akibat melemahnya dinding pembuluh darah yang sewaktu -waktu dapat pecah dan mengakibatkan pendarahan otak.

  1. Mulut dan Tenggorokan 

Efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi rokok yakni bau mulut dan flex pada gigi, penyakit gusi dan kerusakan indera perasa pun dapat ditimbulkan dari rokok. Masalah yang paling berbahaya dari mengkonsumsi rokok yakni meningkatnya resiko kanker pada lidah, tenggorokan bibir dan pita suara.

  1. Paru – Paru

Efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi rokok yakni kanker paru-paru. Bahan yang berbahaya pada kandungan rokok dapat meningkatkan atau memiliki potensi besar dalam merusak sel-sel pada paru-paru yang dapat membentuk sel kanker, selain itu penyakit yang dapat ditimbulkan yakni bronkitis, pneumonia dan emfisema.

  1. Tulang

Kandungan racun pada rokok dapat merusak tulang dengan cara menghentikan kerja sel-sel konstruksi. Oleh sebab itu seseorang yang memiliki kebiasaan merokok memiliki potensi paling besar terhadap rapuhnya tulang atau osteoporosis. Racun pada rokok juga dapat mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang berfungsi untuk menjaga tulang tetap kuat seperti hormon estrogen.

  1. Organ Reproduksi 

Merokok dapat menyebabkan terganggunya sistem reproduksi dan kesuburan anda baik laki-laki maupun perempuan. Untuk efek yang ditimbulkan oleh laki-laki dapat menyebabkan impotensi, mengurangi reproduksi sperma dan kanker testis. Sedangkan untuk kaum perempuan dapat mengurangi kesuburan, selain itu resiko terhadap kanker serviks pun lebih tinggi sebab rokok mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus.

 

1

No Responses

Write a response