7 Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Dalam beberapa waktu pembahasan mengenai makanan penyebab jerawat sering diperdebatkan, ada kalangan yang mengatakan bahwa makan kacang terlalu banyak bisa membuat muka anda berjerawat, namun adapula yang mengatakan bahwa makan kacang bukanlah salah satu penyebab jerawat. Benarkah ada kaitannya antara jerawat dan beberapa jenis makanan tertentu?

Jerawat merupakan mimpi buruk bagi setiap kalangan terlebih bagi para remaja yang sedang masuk masa puber, timbulnya jerawat menggangu aktifitas para remaja terutama ketika mereka sedang kumpul-kumpul atau melakukan kegiatan sehari-hari. Kebanyakan orang yang mempunyai jerawat menjadi minder bila sedang berkumpul dengan teman-temannya. Untuk itu pada kesempatan kali ini ada beberapa tips menghindari makanan penyebab jerawat agar bisa meminimalisir atau mencegah terjadinya jerawat.

Pengertian Jerawat

Sebelum masuk ke pembahasan pokok mengenai makanan penyebab jerawat, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai apa sih jerawat itu. Pada artikel sebelumnya telah kami bahas mengenai penyebab jerawat dan cara mengatasi jerawat secara alami. Dalam bahasan pada artikel tersebut secara garis besar dapat dijelaskan bahwa jerawat adalah salah satu peyakit kulit yang terjadi karena aktivitas kelenjar minyak yang memproduksi sebum dikacaukan oleh adanya beberapa hal seperti banyaknya sel-sel kulit mati yang menyebabkan tersumbatnya aliran sebum. Tersumbatnya aliran sebum ini yang pada beberapa kasus dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan nanah.

Banyak orang akan melakukan apa saja untuk menghilangkan jerawat, namun terkadang cara yang mereka tempuh justru membuat keadaan menjadi semakin parah, sebagai contoh orang memencet-mencet jerawatnya agar hilang dari mukanya. Cara tersebut sebenarnya merupakan cara terburuk dan justru menimbulkan permasalahan baru, mungkin dalam beberapa kasus jerawat yang dipenceti itu tidak akan muncul seperti benjolan lagi, namun luka pencetan tersebut bisa menjadi infeksi dan menimbulkan bekas jerawat yang notabene juga sulit untuk dihilangkan.

Ada juga beberapa orang yang memilih jalan diet atau menghindari jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan jerawat. Meskipun kebanyakan berlandaskan mitos atau belum pasti diketahui kebenarannya namun ada beberapa jenis makanan yang memang dapat memicu terjadinya jerawat. Beberapa penelitian telah dilakukan oleh ahli dermatologi di Amerika untuk membuktikan jenis makanan yang termasuk makanan penyebab jerawat. Dari beberapa makanan yang banyak diuji, muncullah nama coklat sebagai jenis makanan yang sering dijadikan objek penelitian. Para peneliti tertarik sekali untuk membuktikan apakah ada hubungannya konsumsi coklat dengan penyebab jerawat.

Makanan Penyebab Jerawat yang Perlu Anda Hindari

keju menyebabkan jerawat

Apabila anda memiliki keturunan dari keluarga yang berjerawat, atau memiliki tipe wajah yang berminyak usahakan untuk menghindari beberapa jenis makanan ini karena dipercaya dapat memicu dan memperparah jerawat anda. Saran kami usahakan untuk mencoba membiasakan diri untuk mengganti jenis makanan ini dengan makanan lain yang memiliki kandungan gizi yang sama. Gunakan alternatif lain dari makanan tersebut dan bijaklah untuk kesehatan kulit anda. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa anda hindari:

1. Coklat

Sampai sekarang coklat masih menjadi perdebatan apakah jenis makanan ini memang memicu jerawat. Sebagai contoh Dr Ava Shamban, ahli dermatologis dari Los Angeles mengatakan bahwa coklat tidak benar-benar menyebabkan jerawat, meskipun sebenarnya ada bukti bahwa coklat dan beberapa tipe makanan berlemak yang bisa memicu jerwat. Seperti yang kami lansir dari Activebeat, Dr Shamban menambahkan bahwa tingginya lemak dalam suatu makanan dapat meningkatkan produksi sebum yang bila tersumbat oleh sel-sel kulit mati bisa menyebabkan benjolan jerawat. Saran kami adalah kurangi bila anda memiliki wajah yang berminyak, kurangilah konsumi coklat untuk menjaga kesehatan kulit anda. Anda tidak harus berhenti atau anati terhadap coklat, namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan jenis ini bila anda khawatir terhadap jerawat.

2. Keju

Keju merupakan suatu olahan makanan dari susu / dairy food. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam buku The Clear Skin Diet menyatakan bahwa ada beberapa jenis makanan yang memicu jumlah hormon insulin yang tidak terkontrol. Salah satu jenis makanan tersebut adalah keju yang merupakan jenis makanan low glycemic diet. Nah bagi anda yang menjalani diet dengan mengkonsumsi makanan dairy food, cobalah untuk mempertimbangkan untuk mengganti diet anda dengan program diet yang lain.

3. Gula Juga Menyebabkan Jerawat

Mungkin anda yang tidak terbiasa menghilangkan gula dari minuman akan merasa sulit untuk menerimanya, namun ada baiknya anda mulai mengurangi konsumsi gula untuk kesehatan anda. Jerawat bisa dibilang merupakan salah satu penyakit peradangan dikulit, sedangkan sifat gula adalah pro terhadap inflamasi, jadi jangan pertemukan keduanya. Anda sebaiknya menghindari gula agar jerawat anda semakin parah, gunakan jenis makanan alami lain yang bisa memaniskan hidup anda. Perlu anda ketahui bahwa sumber manis tidak harus datang dari gula, anda bisa mencoba dengan madu atau bahan yang lainnya yang penting bersifat anti-inflamasi.

4. Kedelai

Mungkin anda tidak mengira bahwa kedelai merupakan salah satu makanan penyebab jerawat, namun kenyataan berkata lain. Beberapa jenis makanan yang anda konsumsi setiap haripun beberapa diantaranya terbuat dari kedelai, misalnya tahu dan tempe. Kedelai bisa mempengaruhi hormon penyebab jerawat jika anda tidak mengontrol konsumsi makanan tersebut.

5. Kopi

Mungkin selama ini kopi telah menjadi teman setia ada dalam menemani hari-hari anda, mulai dari lembur kerja hingga saat santai bersama teman. Tahukah anda bahwa ternyata biji kopi mengandung asam organik yang dapat memicu peningkatan kortisol. Itu artinya hormon ini dapat bersifat androgen yang dalam menggangu kelenjar sebaceous dan mengakibatkan peradangan di kulit anda. Lalu bagaimana bila anda terlanjur jatuh cinta terhadap kopi? Apakah harus memilih kopi tanpa kafein? sayangnya kafein bukanlah hal yang memicu adanya jerawat, namun asam organiklah yang melakukan itu jadi walaupun anda menggantinya dengan kopi tanpa kafein, itu tidak akan berpengaruh. Saran kami coba deh ganti kopi dengan minuman lain, teh misalnya.

6. Roti

Perlu diingat bahwa roti juga sebagian merupakan produk susu / dairy food dan ditambah dengan gula dan campuran bahan lain misalnya gandum ataupun keju. Jadi kadang anda tidak bahwa roti itu merupakan kumpulan dari beberapa bahan yang menyebabkan peradangan kulit atau memicu hormon yang menggangu saluran kelenjar minyak.

7. Kacang

Kacang merupakan jenis makanan yang sering disebut oleh orang Indonesia sebagai penyebab jerawat. Sebenarnya tidak salah sih, karena kacang sendiri memiliki kandungan androgen yang mengakibatkan produksi sebum meningkat. Peningkatan produksi sebum inilah yang mengakibatkan orang yang mengkonsumsi kacang biasanya memiliki wajah yang berminyak dibandingkan orang yang tidak hobi makan kacang. Sebenarnya bukan kacang yang ada di peyek saja yang meningkatkan produksi sebum, namun kacang mete maupun almond juga memiliki kandungan androgen yang bisa meningkatkan produksi sebum.

Setelah mengetahui beberapa makanan penyebab jerawat diatas, sebaiknya anda mulai menguranginya, bukan berarti harus meninggalkannya. Mulailah membiasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi pada sayuran segar maupun makanan gluten-free agar anda memiliki kualitas hidup yang baik. Anda juga bisa mempelajari bagaimana menghilangkan jerawat secara alami pada artikel yang telah kami terbitkan sebelumnya. Semoga informasi mengenai beberapa jenis makanan penyebab jerawat ini menambah pengetahuan anda.

One Response

  1. ulya
    February 24, 2017

Write a response