7 Jenis Cemilan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Pada saat hamil seorang wanita hamil memerlukan berbagai macam jenis asupan gizi yang cukup, agar bayi yang dikandungnya memperoleh gizi dan protein yang maksimal. Tak jarang beberapa jenis cemilan yang tidak dianjurkan untuk di konsumsi oleh ibu hamil, namun dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa jenis cemilan yang aman untuk ibu hamil, tanpa menggangu perkembangan bayi anda.

8 Jenis Cemilan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

7 Jenis Cemilan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Pada saat ibu sedang hamil sebaiknya untuk menghindari cemilan tinggi lemak dan gula seperti es krim, biskuit, minyak, mentega dan minuman bersoda. Namun jangan khawatir bagi anda yang sedang hamil, ketika anda sedang hamil anda boleh memakan cemilan namun tentunya cemilan yang menyehatkan bagi anda dan bayi yang ada di kandungan anda. Berikut cemilan yang aman untuk ibu hamil :

  •  Yoghurt 

Yaghut sangat bermanfaat untuk ibu hamil, sebab yaghurt mengandung banyak kalsium yang sangat berguna untuk tulang dan gigi, akan lebih baik anda mengkonsumsi yoghurt yang rendah gula. Untuk menjaga kadar gula pada tubuh anda, selain banyak mengandung kalsium yoghurt juga sumber probiotik yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, sehingga resiko persalinan prematur, resiko infeksi pada masa kehamilan, alergi pada bayi dapat diminimalisir. Untuk menikmati yoghurt anda dapat menambahkan alami seperti kacang, atau buah-buahan segar lainnya.

  • Coklat 

Coklat banyak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan tentunya dalam batasan yang normal dan akan lebih baik bila anda mengkonsumsi coklat yang tidak terlalu manis untuk mencegah hal buruk yang dapat terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu manis. Manfaat yang diperoleh dari coklat yakni dapat menurunkan resiko preeklamsia, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ ibu hamil. Baca Juga Memanfaatkan Coklat  Untuk Perawatan Wajah

  • Alpukat 

Alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tak terkecuali untuk kesehatan ibu hamil. Pada buah alpukat memiliki banyak kandungan lemak tidak jenuh yang sangat baik untuk perkembangan janin, selain itu alpukat juga kaya asam folat alami yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Manfaat lain yang dapat diperoleh dari buah alpukat yakni nutrisi yang cukup banyak pada kandungan kalium dan karnitin. Untuk menikmatinya anda dapat dengan dibuat jus atau dapat disajikan sebagai pengganti mentega pada roti panggang atau roti lapis, sesuai dengan keinginan anda untuk menikmatinya. Baca Juga Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

  • Jus Jeruk 

Kita tau bahwa buah jeruk kaya akan vitamin C sehingga sangat membantu mencegah pilek, meningkatkan penyerapat zat besi, serta dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi anda maupun janin yang anda kandung. Jeruk yang anda buat jus mengandung asam folat dan kalium yang dapat mencegah kelainan pada janin, menjaga fungsi otot dan kekebalan tubuh anda saat sedang mengandung. Pada saat anda hamil tubuh anda sangat rentan terhadap terserangnya berbagai jenis penyakit, sehingga anda perlu untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C.

  • Ubi 

Ubi memiliki serat yang tinggi yang tentunya sangat baik untuk kesehatan terutama pada ibu hamil. Selain serat ubi juga mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi kalium, mineral copper (tembaga) dan beta karoten yang akan di ubah menjadi vitamin A pada tubuh. Pada pertumbuhan janin vitamin A sangat baik untuk pertumbuhan bayi seperti untuk pembentukan mata, tulang dan kulit, untuk menikmatinya anda dapat mengolahnya dalam masakkan apapun seperti kentang yang di goreng, di panggang dan juga di tumbuk.

  • Kacang Edamame

Mungkin sebagian dari anda merasa asing dengan kacang tersebut, kacang edamame sendiri merupakan kacang kedelai asal Jepang. Wajar bila anda masih asing dengan kacang tersebut, namun anda juga masih dapat menjumpainya di pasar-pasar modern, sehingga anda masih dapat untuk memanfaatkannya untuk kesehatan anda dan buah hati anda. Kacang edamame memiliki banyak mineral seperti zat besi, tembaga, zinc dan magnesium, untuk menikmatinya anda cukup untuk merebusnya hingga matang, untuk menambah rasa pada kacang tersebut anda dapat menambahakan garam.

  • Popcorn 

Popcorn merupakan salah satu camilan yang tinggi serat, sangat membantu meringankan sembelit yang dialami ibu hamil. Hanya saja, hindari membuat popcorn dengan menggunakan mentega atau garam yang berlebihan. Perlu anda ketahui pada saat hamil bukan berarti porsi anda meningkat dua kali lipat pastikan makanan yang anda konsumsi memperoleh nutrisi yang seimbang dari berbagai jenis makanan yang anda konsumsi.

No Responses

Write a response