5 Manfaat Buah yang Baik untuk Di Konsumsi Penderita Diabetes

Kebanyakan orang menganggap bahwa dengan mengkonsumsi buah untuk diabetes merupakan tindakan yang tidak tepat. Buah sering kali di hindari untuk di konsumsi oleh penderita diabetes karena rasa manis dari buah mengandung gula.

Perlu anda ketahui bahwa rasa manis dan unsur glukosa pada buah berasal dari gula alami dan mempunyai indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik menunjukkan menjadi indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu buah-buahan yang tepat untuk program diet untuk penderita diabetes yang kaya akan sumber vitamin, mineral dan serat yang sangat berperan penting dalam metabolisme tubuh. Baca Juga Penyakit Gula Basah dan Cara Mengobatinya

6 manfaat buah yang baik untuk di konsumsi penderita diabetes

Secara umum buah merupakan sumber karbohidrat yang tinggi dibandingkan dengan sayuran, keunggulan lainnya yakni rendahnya lemak pada buah dan sodium yang terkandung dalam buah-buahan. Kecuali untuk buah alpukat, sebab pada buah tersebut memiliki kandungan lemak yang tinggi. Baca juga Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Berikut daftar 5 manfaat buah yang baik untuk di konsumsi penderita diabetes

Kandungan pada buah-buahan sangat penting bagi penderita diabetes. Dengan indeks glikemik yang rendah sangat membantu penderita diabetes dalam mendapatkan asupan gizi yang terkandung pada buah-buahan tanpa adanya resiko yang menyebabkan memburuknya penyakit diabetes yang di alami oleh penderitanya.

Berikut adalah 6 manfaat buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang dapat dijadikan pilihan untuk di konsumsi.

Ceri 

Buah ceri sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Rendahnya indek glikemik pada buah tersebut menjadikannya aman di konsumsi. Selain itu tingginya kalsium dan mengandung antioksidan membuat ceri layak untuk di konsumsi.

Buah ceri membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat membantu dalam menjaga kesehatan. Bahkan dalam kemasan kaleng sekalipun ceri masih bisa di konsumsi oleh penderita diabetes asalkan tidak di campur dengan pemanis buatan.

Stroberi 

Buah stroberi juga memiliki manfaat untuk penderita diabetes. Pada buah stroberi mengandung serat yang tinggi. Buah stroberi kaya akan vitamin C dan menikmatinya dapat di konsumsi langsung tanpa harus di olah terlebih dahulu. Stroberi juga dapat membantu dalam mengatasi atau membersihkan noda pada gigi. Baca Juga Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi 

Anggur 

Manfaat buah yang baik untuk di konsumsi penderita diabetes adalah buah anggur. Pada buah anggur kaya akan kandungan serat dan juga sumber vitamin B6, kandungan yang lain pada buah anggur yakni mendukung optimalisasi otak dan hormon.

Jeruk 

Kandungan pada buah jeruk sangat penting untuk kebutuhan tubuh. Buah ini banyak mengandung vitamin C, saking tingginya vitamin yang ada dalam jeruk dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh. Jeruk juga membantu dalam menormalkan tekanan darah sebab pada buah jeruk mengandung asam folat dan kalium.juga buah jeruk rendah karbohidrat dan kalori, sehingga untuk buah ini sangat di anjurkan oleh penderita diabetes untuk di jadikan salah satu pilihan jenis buah – buahan yang dikonsumsi. Baca Juga

Buah jeruk juga rendah karbohidrat dan kalori, sehingga untuk buah ini sangat dianjurkan oleh penderita diabetes untuk dijadikan salah satu pilihan jenis buah-buahan yang dikonsumsi. Baca Juga 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut

Pir 

Manfaat buah yang baik untuk di konsumsi penderita diabetes yang lainnya yakni buah pir. Buah pir merupakan buah yang rendah akan karbohidrat selain itu juga pir merupakan sumber makanan yang didukung oleh tingginya kadar serat dan kalium. Untuk mengkonsumsinya anda dapat memakannya langsung atau dengan mencampurkan pada salad.

Perlu anda ketahui bahwa untuk penderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk menggunaan gula, yang dapat meningkatkan kadar gula pada tubuh. Sehingga dalam mengkonsumsi buah baik itu dibuat jus atau yang lainnya jangan mencampurkan atau menambahkan gula. Cukup dengan kadar gula alami yang terkandung pada buah itu sendiri.

1

No Responses

Write a response