6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Bagaimana cara menghilangkan bau ketiak secara natural? Bau yang dihasilkan oleh keringat tentu saja dapat mengganggu penampilan seseorang. Bau ketiak berkembang ketika bakteri keluar dari keringat yang dihasilkan oleh kelenjar keringat apocrine. Penyebab bau ketiak lainnya adalah penggunaan produk kosmetik tertentu.

Perubahan mendadak pada bau ketiak kemungkinan dapat menunjukkan jenis penyakit serius seperti diabetes, penyakit hati maunpun penyakit ginjal. Penting bagi seseorang untuk tetap menjaga agar ketiak tetap kering dan bersih. Ini merupakan lamngkah preventif untuk mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit ginjal.

menghilangkan bau ketiak

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Mengendalikan pertumbuhan bakteri merupakan langkah yang paling sederhana untuk menghilangkan bau ketiak. Ada beberapa pengobatan tradisional yang dikenal sejak dahulu yang efektif untuk mengatasi ketiak yang bau. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau ketiak secara tradisional:

1. Selalu Menjaga Kebersihan Tubuh dan Pakaian

Mandi setiap hari minimal dua kali sehari dapat mengurangi jumlah bakteri yang berada di bawah lengan. Berkurangnya bakteri membantu kita menjaga kemungkinan bau badan agar tetap dibawah kontrol.

Apabila sering berada dibawah terik matahari atau sering mengalami berkeringat secara berlebihan, sangat disarankan untuk mandi menggunakan sabun antibakteri dan air hangat. Air panas akan membantu tubuh untuk menghilangkan bakteri dengan mudah.

Cara menghilangkan bau ketiak juga dapat dilakukan dengan mencuci pakaian dengan air panas dan sabun untuk menghilangkan kotoran dan munyak pada kemeja dan pakaian. Perlu diperhatikan juga pakaian yang digunakan sehari-hari. Usahakan untuk menggunakan kemeja dan pakaian yang bersih dan terbuat dari serat alami seperti katun dan sutra. Kedua bahan tersebut dapat menyerap kelembaban sehingga memungkinkan kulit untuk selalu kering.

2. Selektif Dalam Memilih Makanan dan Minuman

Kafein yang ada pada beberapa jenis makanan seperti kopi dapat meningkatkan aktivitas kelenjar apocrine. Mengurangi konsumsi kafein bermanfaat karena dapat mengurangi resiko memiliki bau badan. Beberapa orang juga dapat mengembangkan bau badan terhadap kebiasaan over-konsumsi terhadap makanan tertentu seperti makanan pedas dan alkohol. Kedua jenis makanan tersebut merupakan penyumbang bau ketiak yang paling umum.

Makanan seperti ikan, hati, kacang-kacangan, telur dan gorengan juga dapat memicu bau ketiak pada beberapa orang. Konsultasikan ke dokter dan lakukan perubahan pola makan jika Anda termasuk orang-orang golongan ini.

3. Cuka, Witch Hazel, Peroksida, dan Minyak Pohon Teh / Tree Tea Oil

Cuka putih, cuka sari apel maupun herbal witch hazel dapat membantu menghilangkan bau ketiak dengan menurunkan pH kulit. pH kulit yang rendah membuat bakteri tidak bisa hidup tahan lama sehingg resiko bau badan menjadi lebih kecil. Minyak pohon teh juga bermanfaat karena memiliki sifat antibakteri.

Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan cuka dan witch hazel dapat dilakukan dengan merendam kapas dan menerapkannya pada ketiak sebelum menggunakan deodoran. Hanya denngan kandungan 3 persen hidrogen peroksida yang dicairkan dengan air dan digunakan untuk membilas kulit sangat efektif untuk menghilangkan bau badan.

4. Menggunakan Baking Soda dan Tepung jagung

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dapat dilakukan dengan bantuan baking soda maupun tepung jagung. Keduanya bisa digunakan secara terpisah maupun dicampur. Baking soda akan membantu membunuh bakteri, menyerap keringat dan dapat bertindak sebagai deodoran alami.

Tepung jagung juga berguna untuk menghilangkan bau ketiak, bahkan fungsinya lebih dari fungsi baking soda. Tepung jagung bersifat sangat menyerap sehingga lebih berkhasiat bagi orang yang memiliki keringat berlebih.

5. Mengendalikan Emosi

Cara menghilangkan bau ketiak yang mudah dapat dilakukan dengan membiasakan diri untuk mengontrol emosi. Stress, kecemasan, kemarahan dan bahkan kegembiraan yang mendadak dapat meningkatkan produksi keringat.

Belajar mengendalikan emosi menjadi cara yang bisa diambil seseorang apabila memiliki bau badan. Latihan relaksasi, meditasi dan yoga adalah contoh yang sangat efektif untuk mengurangi stress dan mengontrol emosi seseorang.

6. Menggunakan Suplemen Alami

Suplemen alami dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bau ketiak seraca alami. Columbia University menyarankan untuk mengkonsumsi rumput gandum dan suplemen klorofil untuk menghilangkan bau keringat ketiak.

Magnesium, zinc, B-complex merupakan suplemen yang dibutuhkan oleh seseorang agar bau ketiaknya hilang. Menurut situs livestrong, rosemary yang diencerkan juga dapat difungsikan sebagai deodoran alami.

No Responses

Write a response