5 Ciri-Ciri Penyakit TBC Yang Perlu Anda Waspadai

Penyakit TBC adalah penyakit menular yang cukup berbahaya sehingga anda perlu mempelajari apa saja yang menjadi ciri-ciri penyakit TBC tersebut. TBC merupakan singkatan dari Tubercolosis, yaitu sebuah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Penyakit TBC juga sering disingkat dengan TB saja.

TBC paling umum menyerang paru-paru manusia namun bisa juga menyerang bagian tubuh lainnya seperti tulang kulit maupun kelenjar. Saat ini TBC menjadi penyakit yang paling menular nomor dua setelah penyakit HIV. Penyakit TBC juga merupakan penyakit mematikan bila tidak segera ditangani.

Menurut data yang kami peroleh, Indonesia termasuk dalam lima besar negara dengan penderita TBC terbanyak di Asia Tenggara. Pada tahun 2012 saja diketahui bahwa ada sekitar 305.000 orang mengalami penyakit tubercolosis di Indonesia. Sungguh angka yang cukup cukup memperihatinkan bagi kita semua.

Apa Penyebab Penyakit TBC ?

Mungkin itulah pertanyaan yang sering ada dalam benak pikiran kita semua. Penyakit TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri ini bisa ditularkan melalui media udara ketika seseorang yang mengidap penyakit TBC tersebut sedang bersin atau batuk. Meskipun bisa ditularkan melalui udara, penularan penyakit tbc tidak semudah menularkan flu yang mungkin bisa ditularkan dalam beberapa jam.

Penyakit TBC memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa ditularkan, namun intensitas berhungungan dengan orang yang mengalami TBC juga mempengaruhi proses penularan. Usahakan untuk mengenali ciri-ciri penyakit TBC agar anda bisa terhindar dari penularan penyakit ini. Biasanya orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk akan lebih mudah terserang penyakit ini.

Ada beberapa kriteria seseorang akan mempunyai resiko penyakit TBC dibandingkan yang lainnya. Ciri-ciri orang yang mudah terkena penyakit TBC diantaranya:

  • Orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah
  • Orang yang mengidap HIV/AIDS
  • Pecandu rokok atau narkoba
  • Orang yang mempunyai diabetes
  • Orang yang sedang di Kemoterapi
  • Petugas medis yang berkontak dengan penderita dalam waktu yang cukup lama

gejala penyakit tbc

 

Apa Ciri-Ciri Penyakit TBC

Setelah anda mengetahui penyebab TBC, anda mungkin akan bertanya apa saja ciri-ciri penyakit TBC itu? Baiklah kita mulai dari gejala yang sering terjadi dulu. Pengidap TBC paru-paru biasanya akan memiliki gejala seperti batuk berdahak dalam waktu yang cukup lama.

Kalau batuk biasa mungkin 3 hari bisa sembuh, batuk yang dikarenakan TBC bisa sampai 21 hari belum sembuh. Batuk karena TBC kadangkala disertai dengan keluarnya darah / disebut batuk berdarah. Berikut ini beberapa gejala penyakit TBC yang perlu anda waspadai.

  1. Batuk Berdahak Sampai 3 Minggu Lebih

Batuk berdahak yang berkepanjangan merupakan ciri-ciri penyakit TBC paru-paru yang paling sering terjadi. Batuk merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan zat asing yang masuk kedalam tenggorokan anda sehingga anda perlu mewaspadai jika anda mengalami batuk yang tidak sembuh dalam 3 hari.

Batuk karena TBC juga sering ditandai dengan batuk berdarah. Jika anda mengalami hal tersebut segeralah periksa ke dokter anda untuk mengetahui kesehatan anda.

  1. Dada Terasa Nyeri dan Sakit Saat Bernafas

Gangguan pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis membuat sistem pernafasan anda menjadi terganggu. Rasa sakit saat bernafas merupakan salah satu ciri-ciri penyakit TBC paru yang cukup berbahaya jiga tidak segera diobati.

  1. Nafsu Makan Hilang

Penyakit TBC bisa mempengarungi mood anda untuk makan. Hal ini terjadi entah kenapa namun akibat kurang selera makan ini tubuh anda menjadi cepat lelah. Kondisi ini bisa membuat sistem kekebalan anda bisa diserang oleh bakteri Mycobacteria Tuberculosis dengan mudah.

  1. Badan Terasa Letih dan Lelah

Ciri-ciri penyakit TBC juga bisa diliha dari perubahan fisik seseorang. Orang yang mengidap penyakit ini biasanya mudah capek dan lelah. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan pernapasan dan nafsu makan yang hilang.

Bila anda memiliki teman dengan kondisi nafasnya ngos-ngosan saat lari beberapa meter saja, mintalah teman anda tersebut untuk mengecek kondisi kesehatannya.

  1. Demam Disertai Keringat di Malam Hari

Gangguan yang disebabkan oleh bakteri membuat tubuh anda menjadi demam. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh terganggu oleh serangan bakteri Mycobacteria Tuberculosis. Biasanya demam yang diakibatkan TBC memiliki gejala lain yaitu badan terasa menggigil dan mengeluarkan keringat saat malam hari. Ciri-ciri penyakit tbc ini biasanya ditemui pada anak-anak.

Penularan Penyakit TBC

Penyakit TBC adalah penyakit yang bisa ditularkan dari satu orang ke orang lainnya. Penularan ini biasanya menggunakan media udara. Orang yang mengidap TBC akan menularkan penyakitnya saat dia batuk atau bersin ditempat umum. Bakteri Mycobacteria Tuberculosis kemudian mulai menyerang orang yang ditulari penyakit tersebut.

Anda mungkin tidak sadar bahwa anda sudah mempunyai bakteri Mycobacteria Tuberculosis. Efek dari penularan TBC tidak selalu berpengaruh pada seseorang apalagi yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik. Pada kasus seperti itu bakteri menjadi tidak aktif dan akan menjadi aktif pada waktu tertentu. Para Ahli medis membedakan jenis penyakit TBC manjadi TBC aktif dan TBC laten, berikut ini penjelasannya :

  1. TBC Aktif

TBC aktif adalah jenis penyakit tbc yang langsung menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Ciri-ciri penyakit tbc ini kurang lebih sama seperti yang telah saya sampaikan diatas.

Anda perlu segera mendapatkan pengobatan agar tidak terjadi resistensi antibiotik di dalam tubuh anda. Resistensi antibiotik ini cukup berbahaya karena sistem kekebalan tubuh anda akan benar-benar terganggu.

  1. TBC Laten

TBC Laten adalah penyakit tuberkulosis yang hampir tidak menimbulkan ciri-ciri penyakit TBC. Kondisi ini terjadi karena bakteri Mycobacteria Tuberculosis bersifat pasif meskipun bakteri tersebut ada didalam tubuh seseorang.

Banyak sekali orang yang menderita TBC laten dan hampir sebagian besar dari mereka tidak menyadari hal tersebut. TBC laten pada waktu tertentu bisa menjadi TBC aktif yang membahayakan tubuh jika sistem kekebalan tubuh seseorang sedang rendah.

Cara Mencegah Penyakit TBC

Kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati. Meskipun tidak salamanya pencegahan bisa menjauhkan anda dari resiko penyakit TBC, namun anda sudah melakukan hal terbaik agar terhindar dari penyakit yang mudah menular ini. Langkah yang pertama yang bisa anda lakukan adalah menjaga kebugaran tubuh anda. Olahraga rutin bisa membuat sistem kekebalan tubuh anda menjadi baik. Hal ini akan mencegah perkembangan bakteri Mycobacteria Tuberculosis didalam tubuh.

Langkah selanjutnya adalah proteksi diri dari penularan TBC. Apabila anda harus melakukan kontak dengan pengidap TBC, anda disarankan untuk menggunakan masker atau pelindung lain yang bisa membantu anda mencegah dari tertularnya penyakit ini saat pengidap tbc bersin atau batuk. Apabila anda yang mengalami TBC, usahakan untuk menggunakan masker saat berada ditempat umum. Hal ini untuk mencegah perkembangbiakan bakteri yang berbahaya ini.

Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi badan anda dan kondisi lingkungan tempat tinggal anda. Bakteri Mycobacteria Tuberculosis merupakan jenis bakteri yang berkembangbiak dengan baik ditempat yang kumuh. Demikian pembahasan mengenai penyakit tbc dan ciri-ciri penyakit TBC, semoga artikel ini memberikan ilmu yang bermanfaat bagi semua pembaca blog ini.

No Responses

Write a response