10 Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil

Pada pagi hari ini kita akan membahas mengenai manfaat buah rambutan untuk ibu hamil. Kenapa ibu hamil ? karena ibu hamil seringkali ngidam buah ini disamping ngidam buah lain seperti mangga atau buah lainnya. Buah rambutan merupakan buah asli Indonesia jadi mudah untuk menemukannya saat lagi musim rambutan. Sayangnya terkadang seorang ibu hamil ngidam rambutan saat sedang tidak dalam musim rambutan, jadi sedikit menjadi alasan bagi suami untuk tidak memenuhi permintaan ibu hamil.

Kalau ngidam buah rambutan tidak dipenuhi apakah bisa membuat anaknya besok ngiler ? kami sendiri tidak tahu akan mitos yang ada dimasyarakat. Belum ada penjelasan medis mengenai hal itu ( ngiler karena ngidam ibunya tidak dipenuhi). Kami hanya ingin mengingatkan kepada para suami yang males-malesan memenuhi permintaan ibu hamil saat ngidam buah rambutan. Kenapa seorang suami disarankan untuk memenuhi permintaan ngidam rambutan ? jawabannya tentu saja manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang sangat banyak dan membantu pertumbuhan janin.

manfaat rambutan untuk ibu hamil

Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil

Buah rambutan adalah jenis makanan sehat yang bisa menggantikan segala bentuk snack ringan untuk ibu hamil. Rambutan sebenarnya bisa dimanfaatkan mulai dari buahnya, kulit, daun dan kulit kayu namun bagi ibu hamil lebih baik mengkonsumsi buahnya saja agar terhindar dari bakteri yang kadang masih tertinggal dalam kulit atau daun meskipun sudah dibersihkan menggunakan air. Berikut ini beberapa manfaat rambutan untuk ibu hamil :

1. Mencukupi Kebutuhan Kalori Ibu Hamil
Buah rambutan bisa membantu anda untuk memenuhi asupan kalori yang seimbang. Saat sedang hamil, seorang ibu dituntut untuk memperhatikan segala kandungan yang dimiliki oleh makanan yang dikonsumsi. Kalori yang berlebihan ataupun yang kurang lebih baik dihindari. Ibu hamil bisa menggunakan buah rambutan untuk memenuhi kebutuhan 2.000 kalori per hari dengan makan 100 gram buah rambutan. Dalam 100 gram rambutan tersebut telah mengandung 84 kalori atau setidaknya 4.2 % dari jumlah total kalori yang anda butuhkan setiap hari.

2. Memenuhi Kebutuhan Serat bagi Ibu Hamil
Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil selanjutnya terdapat pada kandungan serat yang dimiliki oleh rambutan. Rambutan merupakan buah yang mengandung serat yang tinggi disamping kalori yang rendah. Kandungan serat ini dapat membantu anda mengontrol kadar air dan mencegah rasa lapar yang seringnya tidak terkontrol. Ini juga memberikan kabar baik untuk berat badan anda, anda juga bisa mengontrol berat badan saat hamil.

3. Buah Rambutan Mengandung Macro-Nutrients yang Baik.
Buah rambutan juga dikenal sebagai buah asli Indonesia yang sangat rendah lemak. Lemak dalam satu porsi buah rambutan hanya 0,1 gram. Sangat rendah sekali lemaknya jika dibandingkan dengan kandungan protein yang dimiliki buah rambutan. Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil didasari oleh rekomendasi Institue of Medicine yang menyatakan bahwa dalam satu porsi rambutan bisa memberikan 0.7- 0.9 gram protein.

4. Kandungan Vitamin Yang Luar Biasa Bagi Ibu Hamil
Kalau anda berfikir bahwa buah rambutan tidak memiliki kandungan vitamin maka anda salah besar. Buah rambutan kaya akan vitamin C dan bahkan akan memenuhi 40% kebutuhan vitamin C yang anda butuhkan setiap hari. Selain Vitamin C, buah rambutan juga memiliki kandungan niacin atau yang lebih dikenal dengan Vitamin B3.

5. Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil Karena Kandungan Mineral
Jenis mineral yang dikandung oleh buah rambutan diantaranya zat besi, kalsium dan fosfor. Zat besi berguna mengatur oksigen dalam tubuh agar bisa dimanfaatkan secara tepat dan menghindarkan anda dari anemia saat hamil. Sementara fosfor berguna untuk menyaring limbah di ginjal untuk membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan sel dalam tubuh anda. Fosfor juga bekerja sama dengan kalsium untuk membangun kesehatan tulang dan gigi baik untuk ibu atau calon bayi yang akan lahir nantinya.

6. Membantu Menghilangkan Radikal Bebas
Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang paling penting adalah terhindar dari pertumbuhan kanker. Kanker bisa tumbuh karena adanya radikal bebeas yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Senyawa yang dimiliki oleh rambutan dipercayai memiliki khasiat untuk menghilangkan radikal bebas tersebut. Senyawa yang dimiliki oleh rambutan tersebut adalah asam galia.

7. Meningkatkan Energi
Pada saat tertentu seorang ibu hamil akan mengalami kehilangan energi dan menimbulkan kecapekan. Mungkin jika hal tersebut sering terjadi pada anda, anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil rambutan sebagai makanan ringan penambah energi dan rasa kembung di perut. Kandungan air dan energi dalam buah rambutan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

8. Mencegah Diabetes
pada saat hamil, ibu hamil bisa memiliki diabetes. Perubahan hormon saat ibu hamil bisa memicu salah satu jenis penyakit diabetes / penyakit gula darah. Jenis diabetes yang sering terjadi pada ibu hamil adalah diabetes gestasional. Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil pada kasus ini adalah mencegah seorang ibu mengalami diabetes gestasional.

Baca Juga: Gejala Penyakit Gula

9. Mencegah Hipertensi.
Selain diabetes gestasional, perubahan hormon saat hamil juga bisa memicu tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan penyakit hipertensi. Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk mengambil beberapa buah rambutan untuk menghindari efek buruk dari kondisi tekanan darah tinggi / hipertensi.

10. Mengindari Tumbuhnya Parasit di Usus
Rekomendasi ini saya dapatkan dari Culinary School, yaitu sebuah situs online yang telah menyatakan bahwa buah rambutan berfungsi untuk membantu parasit pada usus. Sejumlah parasit dalam usus ini terkadang menyebabkan disentri atau beberapa gejala diare.

Tips Memilih Rambutan yang Baik

Setelah menjelaskan beberapa manfaat buah rambutan untuk ibu hamil diatas, saatnya kita membicarakan tips bagaimana memilih rambutan yang baik. Jangan sampai hanya gara-gara untuk memenuhi rasa ngidam istri terus asal dapat gitu aja. Anda harus selektif dalam memilih rambutan karena dari sekarung rambutan biasanya ada beberapa yang kurang layak untuk dikonsumsi baik karena penyimpanan yang terlalu lama digudang atau karenakulitnya sudah terbuka.

Saat membeli rambutan usahakan pilih wambutan yang memiliki warna merah yang cerah atau sedikit kuning namun dalam kondisi segar. Perhatikan duri / rambut buah tersebut, usahakan pilih yang durinya tegas. Anda juga harus memilih buah rambutan yang memiliki kondisi kulit yang bagus, jangan sampai pilih yang kuitnya sudah terbuka. Hindari juga rambutan yang memiliki memar karena biasanya buah tersebut telah kehilangan sejumlah kebaikan akibat penyimpanan yang buruk. Setelah menemukan buah yang baik, proses selanjutnya adalah tahap penyimpanan. Anda bisa memasukkan buah rambutan dalam kulkas untuk beberapa hari atau bisa juga menggunakan plastik yang berlubang untuk tempat penyimpanan agar manfaat buah untuk ibu hamil tidak hilang begitu saja.

Akhir kata saya cukupkan pembahasan mengenai manfaat buah rambutan untuk ibu hamil cukup sampai disini dulu. Semoga 10 manfaat rambutan diatas bisa anda maksimalkan dengan baik dan usahakan untuk memenuhi permintaan istri anda ketika dia ngidam buah rambutan. Hilangkan rasa malas anda dengan mengingat segala manfaat yang dimiliki oleh buah rambutan.

1

No Responses

Write a response