10 Khasiat Daun Pandan Yang Mengubah Mindset Anda

Adakah yang tahu apa khasiat daun pandan selain untuk bahan penyedap makanan atau minuman? mungkin beberapa dari pembaca masih belum mengetahui bahwa daun pandan sebenarnya memiliki kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia.

Daun pandan memang identik dengan makanan atau minuman, daunnya yang hijau memang dikenal dapat memberikan aroma nikmat nan harum pada secangkir dawet atau gurihnya nasi liwet yang didalamnya dikasih potongan daun pandan.

Pandan merupakan tanaman dari famili Pandanaceae yang termasuk dalam tumbuhan monokotil. Tumbuhan ini dikenal dengan nama ilmiah Pandanus Amaryllifolius. Pandan merupakan tumbuhan yang berkembang secara baik di kawasan Asia Tenggara dan bisa tumbuh tegak setinggi 5 meter dengan daun yang panjang berwarna hijau. Di Indonesia banyak kalangan yang memanfaatkan daun pandan, bahkan daun panda menjadi komponen yang penting dari resep-resep makanan Indonesia.

manfaat daun pandan

Apa Saja Khasiat Daun Pandan ?

Selain untuk memberikan warna harum pada makanan dan minuman, daun pandangn memiliki beberapa kandungan yang bisa berfungsi sebagai obat herbal alami. Bebebapa kandungan yang dimiliki oleh daun pandan diantaranya minyak esensial, alkaloid, glikosida dan tanin yang dikenal sebagai bahan yang aktif untuk menghilangkan masalah kesehatan tubuh.

Daun pandan juga dikenal sebagai bahan antiseptik yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai jenis bakteri yang bisa menyerang tubuh kapanpun juga. Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa khasiat daun pandan untuk kesehatan:

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Apabila anda sering mengalami sakit kepala mungkin anda bisa mencoba untuk menambahkan daun pandan pada minuman atau makanan anda. Rasa sakit dikepala seringkali menggangu kegiatan anda sehari-hari.

Beberapa orang biasanya akan mengkonsumsi obat kimia untuk mengurangi rasa sakit yang menyerang kepala. Sayangnya penggunakaan obat-obatan secara terus menerus bisa mengakibatkan efek samping yang mungkin lebih berbahaya. Baca Juga : Anda sakit kepala ? Apakah itu penyakit parkinson?

  1. Khasiat Daun Pandang Untuk Nyeri

Apakah anda termasuk orang yang sering terserang rasa nyeri? Nyeri merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Biasanya orang yang suka mengalami nyeri karena kurang berolahraga atau mengalami riwayat penyakit persendian seperti arthristis.

Bila anda sering nyeri pada dada atau kaki dan tangan maka anda disarankan untuk menambahkan sehelai atau dua helai daun pandan saat mengolah makanan seperti kue atau pudding.

  1. Daun Pandan Bisa Mengatasi Permasalahan Kulit

Tahukah anda bahwa khasiat daun pandan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit cacar. Daun pandan mempunyai kandungan antiseptik dan antibakteri yang cukup kuat untuk mengatasi segala jenis penyakit kulit seperti cacar.

Antiseptik yang dimiliki oleh daun pandan juga berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka. Manfaat lain dari daun pandan adalah membantu anda melawan kusta.

  1. Mengatasi Sembelit

Entah karena sebab apa terkadang perut anda bisa merasa sembelit. Sembelit merupakan salah satu jenis penyakit gangguan pencernaan. Sembelit kadang juga membuat buang air besar anda menjadi terganggu.

Bagi yang sering merasakan sembelit atau kejang pada bagian perut anda maka anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi daun panda. Khasiat daun pandan bisa mengatasi sembelit anda hanya dengan rebusan air daun pandan yang dikonsumsi rutin setiap hari.

  1. Mengatasi Rematik

Penyakit rematik identik dengan orang yang sudah memasuki usia lanjut. Namun belakangan ini banyak ditemukan penyakit rematik pada orang yang masih dalam usia produktif. Mungkin gaya hidup manjadi salah satu hal yang mempengaruhi adanya penyakit rematik pada usia produktif.

Maka untuk mengurangi resiko adanya rematik tersebut, anda bisa menggunakan daun pandan untuk pencegahan. Khasiat daun pandan dipercaya dapat mengurasi resiko penyakit rematik dengan catatan anda juga harus menjaga pola hidup yang sehat.

  1. Daun Pandan Membantu Anda Mengontrol Tekanan Darah

Ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan ketika anda memiliki tekanan darah yang tinggi. Darah tinggi / hipertensi membuat anda lebih memperhatikan jenis makanan yang boleh dan tidak boleh anda konsumsi.

Jenis makanan yang sebaiknya anda hindari misalnya daging kambing atau makanan yang memiliki bau yang menyengat. Sedangkan makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi anda adalah daun pandan. Khasiat daun pandan diperoleh dengan cara merebusnya dengan santan atau air mineral murni.

  1. Daun Pandan Bisa Megatasi Rasa Gelisah

Entah karena tekanan darah yang sedang naik atau sedang mengalami gangguan emosional, seseorang bisa mengalami rasa gelisah yang membuat dirinya menjadi tidak terkontrol. Saat-saat tersebut anda membutuhkan sesuatu yang secara psikologi membuat anda lebih rileks.

Makanan atau minuman yang sedap bisa membuat anda lebih rileks terlebih anda menjadikan kebiasaan menyempatkan waktu untuk minum rebusan daun pandan setelah melewati hari yang panjang anda.

  1. Khasiat Daun Pandan Untuk Kencing Manis

Kencing manis merupakan istilah masyarakat untuk penyakit gula atau diabetes. Penyakit gula disebabkan kurangnya produksi insulin yang berguna untuk menyerap sari makanan. Sari makanan yang berbentuk glukosa ini bisa mengendap pada aliran darah manusia bila tidak segera ditangani.

Daun pandan dipercaya membantu tubuh anda untuk mengurangi resiko penyakit kencing manis. Caranya cukup mudah, anda bisa mengganti gula / pemanis dengan daun pandan ketika membuat minuman. Aroma daun pandan akan membuat minuman anda lebih segar tanpa harus menggunakan gula. Baca Juga : 9 Gejala Penyakit Gula Kering

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Daun pandan memiliki sifat anti-karinogenik yang berguna untuk mencegah perkembangan sel kanker didalam tubuh anda. Kanker adalah jenis penyakit yang mematikan.

Di Indonesia angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kanker cukup tinggi sehingga penting sekali untuk mengkonsumsi makanan yang mengurangi resiko kanker.

  1. Membantu Mempercepat Penyembuhan Setelah Persalinan

Setelah melahirkan, seorang ibu kadang memerlukan waktu yang lama untuk menyembuhkan luka terlebih bagi yang melahirkan dengan cara operasi. Daun pandan berkhasiat untuk membantu penyembuhan luka tersebut karena mengandung bahan antiseptik yang secara aktif membantu menyembuhkan luka.

Selain menggunakan rebusan daun pandan, anda bisa melakukan variasi olahan dengan bahan daun pandan agar tidak mudah bosan. Anda bisa menaruh pandan pada pudding atau kue yang anda buat kemudian kreasikan sesuai selera anda.

10 khasiat daun pandan diatas bisa menjadi refrensi kita semua dan mengubah paradigma bahwa daun pandan hanya untuk mengharumkan makanan dan minuman saja, daun pandan emang top.

No Responses

Write a response